Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Permainan Tradisional Suku Mbojo Mpa’a Ro Mpije: Perspektif Islam

Authors

  • Nur Faizi Mansyur Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Fitrah Ramadhani Universitas Islam Negeri Mataram
  • Miftahul Jannah Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.903

Keywords:

Pendidikan Karakter, Permainan Tradisional, Mpa’a ro Mpije

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan karakter dalam permainan tradisional Mpa’a Ro Mpije suku Mbojo dan menghubungkannya dengan ajaran Islam. Metode penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan digunakan dengan memanfaatkan data primer dari buku M. Hilir Ismail dan Allan Malingi serta data sekunder dari literatur terkait. Analisis isi diterapkan untuk mengidentifikasi nilai-nilai yang terkandung dalam permainan, seperti Ae-aena, Puri-Puri Kalo, Mpa’a Dunggi, dan lain-lain. Penelitian ini menunjukkan bahwa Mpa’a Ro Mpije suku Mbojo mengandung nilai-nilai Islam seperti keseimbangan, kerja keras, persatuan, dan kreativitas. Konsep keseimbangan tercermin dalam aktivitas fisik, sedangkan semangat kerja keras tercermin dalam partisipasi aktif anak-anak. Persatuan diwujudkan melalui kerjasama dalam permainan, dan kreativitas termanifestasi dalam simulasi kehidupan sehari-hari. Permainan tradisional ini tidak hanya berfungsi sebagai hiburan, tetapi juga sebagai wahana pembelajaran nilai-nilai Islami dan pembentukan karakter anak-anak suku Mbojo. Penelitian ini memberikan wawasan tentang bagaimana permainan tradisional dapat menjadi sarana efektif untuk mendidik dan mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan dalam kehidupan sehari-hari anak-anak.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Zarqawi, M. bin A. B. (1424). Syarah al-Zauqani al-Muathah Imam Malik (Juz 4). Maktabaj al-Saqafah al-Diniyah.

Departemen Agama RI. (2002). Al-Qur’an al-Karim dan Terjemahnya. Karya Toha Putra.

Husein MR, M. (2021). Lunturnya Permainan Tradisional. Aceh Anthropological Journal, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.29103/aaj.v5i1.4568

Ismail, M. H., & Malingi, A. (2010). Permainan Tradisional Bima-Dompu. Mahani Persada.

Khadijah, & Roha Sitompul, L. (2020). Permainan Anak Usia Dini dalam Perspektif Islam. Mukadimah: Jurnal Pendidikan, Sejarah, Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 4(2), 63-68., 4(2), 63–68. https://doi.org/10.30743/mkd.v4i2.2603

Lucas, F. M. M. (2017). The Game as an Early Childhood Learning Resource for Intercultural Education. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 237(June 2016), 908–913. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2017.02.127

Nur, H. (2013). Membangun Karakter Anak Melalui Permainan Anak Tradisional. Jurnal Pendidikan Karakter, 4(1), 87. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1290

Pranjoto, R. G. H. (2021). Kreativitas Dan Inovasi Dalam Islam Terhadap Keberlangsungan Umkm Di Masa Pandemi Covid-19 Di Indonesia. Competence : Journal of Management Studies, 15(1), 14–31. https://doi.org/10.21107/kompetensi.v15i1.10556

Purwanto, S., & Susanto, E. (2018). Nilai-nilai Karakter Dalam Pendidikan Jasmani. UNY Press.

Riadi, F. S., & Lestari, T. (2017). Efektivitas Permainan Tradisional Pada Perkembangan Sosial Siswa Sekolah Dasar di Era Digital. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(2), 122–129.

Saifulloh, S. (2010). Etos Kerja Dalam Perspektif Islam. Jurnal Sosial Humaniora, 3(1), 54–69. https://doi.org/10.12962/j24433527.v3i1.654

Saputra, N. E., & Ekawati, Y. N. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Dasar Anak Tradisional Games in Improving Children’S Basic Abilities. Jurnal Psikologi Jambi, 2(2), 48–53. https://scholar.google.com/scholar?start=10&q=permainan+tradisional&hl=id&as_sdt=0,5

Selviana, S., Nilawati Astini, B., Rachmayani, I., & Nurhasanah, N. (2022). Identifikasi Permainan Tradisional Untuk Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3c), 1797–1802. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i3c.772

Shihab, M. Q. (2012). Tafsir al-Mishbah (Vol. X). Lentera Hati.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Surawardi, & Maulidi, A. R. (2020). KONSEP PERSATUAN DALAM PERSPEKTIF ALQURAN: PENANGANAN PANDEMI COVID-19 DI INDONESIA Surawardi 1 dan Ahmad Riyadh Maulidi 2. Tarbiyah Islamiyah, 10(2), 10–22.

Wijayanti, R. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, I(1), 371–376.

Downloads

Published

2024-06-25

How to Cite

Nur Faizi Mansyur, Fitrah Ramadhani, and Miftahul Jannah. 2024. “Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Permainan Tradisional Suku Mbojo Mpa’a Ro Mpije: Perspektif Islam”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):928-38. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.903.

Issue

Section

Articles