Current Issue

Vol 6 No 1, March (2020): Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam

Pendidikan sebagai isntrumen yang digunakan untuk membangun dan merevitalisasi kualitas SDM (Sumber Daya Manusia) agar memperoleh kompetensi sosial dan erkembangan individu yang optimal serta mampu memberikan relasi yang kuat antara individu, masyarakat, dan lingkungan sekitar tempat seseorang hidup. Dalam hal ini, pendidikan Islam dijadikan sebagai instrumen untuk mensosialisasikan nilai-nilai ajaran Islam yang bersumber dari Alquran, Hadis, dan lokalitas sebuah masyarakat untuk menciptakan masyarakat yang berperadaban ditengah arus globalisasi sekarang ini. perkembangan informasi yang disebarkan melalui penyebaran informasi yang beraneka ragam, seolah-olah manusia  kebanjiran‖ berbagai informasi, seperti ilmu pengetahuan, iklan-iklan, baik barang maupun hiburan, maka tugas pendidikan adalah menyiapkan peserta didik bukan sekedar sebagai penerima‖ informasi tetapi juga penyeleksi informasi melalui proses tabayun (instropeksi)

 

Published: 2020-04-02

Articles

View All Issues

Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University Indonesia. Focus of Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is on publishing original empirical research articles and theoretical reviews of Islamic education and Islamic Studies. The empirical research includes studies on the implementation of Islamic education in educational Islamic institution while theoretical study covers historical studies, expert finding and Islamic education content analysis from al-qur’an and hadist.
Risalah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam is published by the Faculty of Islamic Studies Wiralodra University. Published 2 (two) times annually, on February and Agustus. Each of the issue has 10 articles both on conceptual article and research article. Published in Bahasa Indonesia, but English-written articles are also welcomed.

This journal has been ACCREDITED by National Journal Accreditation (ARJUNA) Managed by Ministry of Research, Technology, and Higher Education, Republic Indonesia with Fourth Grade (Peringkat 4, Sinta 4). The accreditation decision also inserted within SK No: B/4130/E5/E5.2.1/2019