ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN BERKARAKTER DAN RELEVANSINYA TERHADAP PENDIDIKAN ISLAM (Studi Analisis Manajemen Pendidikan Karakter Perspektif E. Mulyasa)

  • Muhamad Zaedi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Redha Dwi Rizkia
Keywords: learning model, character education, islamic education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan analisis model pembelajaran berkarakter dan relevansinya terhadap pendidikan islam berdasarkan studi pemikiran Prof. Dr. Mulyasa. Metode yang digunakan  penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian studi pustaka (library research). Hasilnya menunjukan bahwa model pembelajaran berkarakter adalah model belajar dengan menggunakan metode pembiasaan dan keteladanan, pembinaan disiplin, hadiah dan hukuman, CTL (contectual teaching and learning), bermain peran (role playing), dan pembelajaran partisipatif (Participative intruction). Dari beberapa model pembelajaran tersebut diharapkan dapat menciptakan suasana yang efektif dan efisien dan dapat membentuk karakter siswa yang baik. Adapun relevansi tentang model pembelajaran berkarakter menurut E.Mulyasa dengan pendidikan Islam yaitu memiliki keterkaitan atau tujuan yang sama, yaitu keduanya sama-sama ingin membentuk karakter/akhlak yang berakhlakul kharimah yang mana itu merupakan tujuan sebenarnya dari pendidikan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-03
How to Cite
Zaedi, Muhamad, and Redha Rizkia. 2019. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 6 (1), 20-39. Accessed November 15, 2019. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.105.