Konstruksi Berpikir Logis dan Kritis Perspektif Sesat Pikir atau Fallacy dalam Pembelajaran PAI Abad 21

Authors

  • Annida Jihada Shabriya UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Ririn Nur Aidah UIN Sunan Ampel Surabaya
  • Moh. Faizin UIN Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1093

Keywords:

Konstruksi, Berpikir Logis dan Kritis, Fallacy, Pembelajaran PAI Abad 21

Abstract

Penelitian ini membahas konstruksi berfikir logis dan kritis dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) abad 21 dengan fokus pada perspektif sesat pikir atau fallacy. Studi ini bertujuan untuk mengidentifikasi jenis-jenis kesalahan logika dan kritis yang mungkin muncul dalam konteks pembelajaran PAI serta dampaknya terhadap pemahaman konsep agama Islam. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini menganalisis materi pembelajaran, respon siswa, dan strategi pengajar dalam menghadapi tantangan berfikir logis dan kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa beberapa sesat pikir seperti generalisasi berlebihan, penalaran tidak sah, dan argumentasi otoritas dapat menghambat pengembangan pemikiran kritis siswa. Penelitian ini juga mengidentifikasi strategi pengajar yang efektif untuk mengatasi sesat pikir, seperti melibatkan siswa dalam diskusi reflektif dan memberikan latihan berpikir kritis terstruktur. Implikasi temuan ini dapat menjadi dasar bagi pengembangan kurikulum PAI yang lebih responsif terhadap perkembangan berfikir logis dan kritis siswa di era abad 21

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, O. M. (2022). Inovasi Pembelajaran PAI Abad 21. Pendidikan Agama Islam.

Bahri, M. F. (2019). Kemampuan berpikir kritis menggunakan terintegrasi agama dan sain dalam mempelajari PAI di SMA. Jurnal Pendidikan Islam.

Chairunnisak. (n.d.). Implementasi Pembelajaran Abad 21 Di Indonesia. Prosiding seminar nasional teknologi pendidikan pancasarjana UNIMED.

Ennis, R. H. (n.d.). Logical Basis for Measuring Critical Thingking Skills. Education Leadership, 44.

Fadil, F. (2019). Penerapan Metode Inkuiri Dalam Meningkatkan Ketrampilan Berpikir Kritis Dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI Di MTs Pekalongan. Kajian Teknologi Pendidikan, 19-26.

Farahdiva, H. (2020). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam proses pembelajaran PAI. Jurnal Pendidikan Islam.

Fazriyah, N. (2016). Kemampuan Berfikir Kritis Pada Pembelajaran Abad 21 di Sekolah Dasar. 25-31.

Hidayat, A. R. (2018). Filsafat berfikir. 03.

Hidayat, T. (2016). Konsep berfikir dalam al qur'an dan implakasinya terhadap pembelajaran PAI di sekolah. Islamic Of Education.

Mahmudi, A. (2015). Keefektifan pembelajaran berbasis masalah dan problrm posing ditinjau dari kemampuan berpikir logis dan kritis. riset pendidikan matematika.

Majid, A. (2012). Belajar dan pembelajaran pendidikan agama islam.

Maulani, G. (n.d.). berfikir sistematis dan cara melatih logika. Retrieved from https://www.qubisa.com/articel/berpikir-sistematis-dan-cara-melatih-logika

Mustofa, M. A. (2021). Faktor yang mempengaruhi berpikir kritis dalam pendidikan islam di indonesia, kesisteman, tradisi, budaya. Jurnal Ilmu Menejemen Terapan.

Mustofa, M. A. (n.d.). Faktor Yang Mempengaruhi Berpikir Kritis Dalam Pendidikan Islam di Indonesia, Kesisteman, tradisi / budaya. Ilmu Menejemen Terapan 2021.

Nasution, S. (n.d.). Kurikulum Dan Pengajaran. PT. Bina Askara.

Nilamsari, N. (2014). Memahami Studi Dokumen dalam Penelitian Kualitatif.

Putriani, D. (2022). peran guru pendidikan agama islam dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis siswa SMPN 10.

Qudriyah, K. (n.d.). Konsep pendidik dan peserta didik dalam surat ali-imron ayat 190-191 menurut tafsir al misbah dan tafsir al-azhar. 85-86.

Rohmadi, S. H. (n.d.). Pengembangan berpikir kritis dalam al-qur'an prespektif psikologi pendidikan. 28.

Salamuddin, M. N. (2023). Model pemrosesan informasi dan kualitas berpikir kritis siswa pada pembelajaran SMPN. Jurnal pendidikan islam.

Santri, I. P. (n.d.). Pengaruh model pembelajaran kooperatif dan berpikir logis.

Surawan. (n.d.). E efforts to improve PAI learning trough the critical thingking model. Contemporary Islamic Education.

Syed Sajjad Husain, S. A. (n.d.). Krisi Pendidikan Islam. Risalah.

T, P. (2018). Inovasi Pembelajaran PAI Di sekolah pada era disruptive innovation. JUrnal Tastqif, 23.

Y, A. (2021). The Effects of Argumentation Based Teaching Approach on Student Critical Thingking Disposition and Argument Skills. psychology and education studies, 51-74.

Yahya. (2001). Pendidikan agama islam.

Yusuf Adrian, R. (2019). Implementasi pembelajaran abad 21 dalam kurikulum 2013. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan.

Downloads

Published

2024-09-17

How to Cite

Annida Jihada Shabriya, Ririn Nur Aidah, and Moh. Faizin. 2024. “Konstruksi Berpikir Logis Dan Kritis Perspektif Sesat Pikir Atau Fallacy Dalam Pembelajaran PAI Abad 21”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1027-38. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1093.

Issue

Section

Articles