Konseling Kelompok dengan Pendekatan CBT untuk Menyelesaikan Masalah Penyesuaian Diri dan Konsep Diri yang Baik pada Siswa Terisolir

Authors

  • Avira Heriani Universitas Negeri Padang
  • Yeni Karneli
  • Netrawati Universitas Negeri Padang

Keywords:

Konseling kelompok, Pendekatan CBT, Penyesuaian Diri

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan terapi perilaku kognitif (CBT) dalam meningkatkan kesadaran diri melalui kepercayaan diri positif pada siswa yang emosinya tidak stabil. Jenis kajian ini menggunakan metodologi penelitian kepustakaan, atau kajian kepustakaan, yang memusatkan perhatian pada analisis berbagai karya sastra dengan menganalisis isinya, baik yang bersumber dari sumber primer maupun sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini disebut dokumentasi. Teknik yang digunakan untuk analisis data disebut analisis isometrik. Temuan penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan pribadi yang bermakna memerlukan upaya yang signifikan dari siswa untuk mengembangkan kemampuan mereka bersosialisasi dengan lingkungan sekitar dan berpartisipasi dalam kegiatan kelas dengan cara yang positif. Selain itu, siswa yang menunjukkan kesadaran diri yang agak tertunda mungkin mendapat manfaat dari konseling kelompok melalui pelatihan ulang kognitif. Dengan kata lain, terapi perilaku kognitif yang digabungkan dengan terapi perilaku kognitif (CBT) merupakan pendekatan kognitif yang berfokus pada kesadaran dan mendukung proses pengurangan pikiran negatif dan perilaku maladaptif yang dimiliki seseorang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adi, Bimantara Wahyu., dkk. (2022). Efektivitas Konseling Kelompok Cognitive Behavior Therapy Teknik Cognitive Restructuring untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Realita Bimbingan dan Konseling, 7 (2)

Badriyah, Maulidatul. (2021). Penerapan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy (REBT) untuk Meningkatkan Efikasi Diri pada Siswa Mts Miftahul Qulub Desa Polagan Kecamatan Galis Kabupaten Pamekasan. Skripsi. IAIN Madura

Corey, G. (2013). Theory and practice of counseling and psychotherapy. California: Brooks/Cole

Fikri, Ilham Ahsanul & Yeni Karneli. (2021). Konsep Behavior Therapy dalam Meningkatkan Self Efficacy Pada Siswa Terisolir. Muhafadzah: Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(2)

Hastuti, Rahmah., dkk. (2020). Remaja Sejahtera Remaja Nasionalis. Yogyakarta : CV Andi Offset

Isroaini, Farida., dkk. (2023). Psikologi Perkembangan. Solok: Mitra Cendekia Media.

Liana, Reni. (2019). Pengaruh Konseling Kelompok dengan Pendekatan Behavioristik untuk Mengurangi Perilaku Membolos (Penelitian pada Siswa Kelas X Teknik Bodi Otomotif (TBO) SMK Ma’arif NU 1 Bener Kabupaten Purworejo). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Magelang.

Lim, J. y. (2010). The effects of a cognitive-behavioral therapy on career attitude maturity, decision making style, and self-esteem of nursing students in Korea. Journal of Nurse Education, 731-736

Maiseptian, Fadil., dkk. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Remaja. Junral Ilmiah Iqra’, 16 (1)

Mazidah, Yukafi., dkk. (2022). Efektifitas Layanan Konseling Kelompok Teknik Cognitive Behavior Therapy (CBT) Untuk Meminimalisir Perilaku Bullying Di SMP Negeri 2 Kecamatan Guguak. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4 (4)

Muqodas, I. (2011). Cognitive-Behavior Therapy: Solusi Pendekatanpraktek Konseling di Indonesia. Bandung : Universitas Pendidikan Indonesia.

Nisya, W., Netrawati, N., & Ardi, Z. (2023). Counseling Services with A Behavioral Approach To Student Moral and Ethics Instrument at SDN 1 Tembilahan City. Widyagogik: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 11(1), 69-82.

Putri, Rice Meliani., dkk. (2022). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy (CBT) dalam Meningkatkan Self Esteem Siswa. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(1)

Rahayu, Anziar. (2022). Psikologi Konseling. Bogor: Mitra Wacana Media

Ramadhina, Desna Fitria. (2021). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik CBT(Cognitive Behavior Therapy) dalam Mengurangi Perilaku Bullying pada Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Skripsi. UIN Raden Intan Lampung

Safaria, Triantoro. (2021). Terapi Kognitif untuk Anak. Yogyakarta: UAD Press

Safriliani, Eka ., dkk. (2020). Efektivitas Layanan Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Cognitive Behavior Theraphy (Cbt) Untuk Meningkatkan Self Effycacy Pada Siswa Smk. Guidance Jurnal Bimbingan dan Konseling, 17(1), 9–13.

Suranata, Kadek., dkk. (2022). Model Konseling Kontemporer, Modern, dan Postmodern. Padang Sidimpuan : PT Inovasi Pratama Internasional

Veni, V., Karneli, Y., & Erlamsyah, E. (2017). Efektivitas Pendekatan Cognitive Behavior Therapy SettingKelompok dalam Meningkatkan Penyesuaian Diri Siswa di Sekolah.

Zarisman, Esi., dkk. (2023). Layanan Konseling Kelompok dengan Menggunakan Pendekatan Cognitive Behavior Teraphy (CBT) untuk Meningkatkan Penyesuaian Diri pada Siswa SMA. Eductum: Jurnal Literasi Pendidikan, 1(2)

Zulkarnain, Iskandar., dkk. (2020). Membentuk Konsep Diri Melalui Budaya Tutur: Tinjauan Psikologi Komunikasi. Medan: Puspantara.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Avira Heriani, Yeni Karneli, and Netrawati. 2024. “Konseling Kelompok Dengan Pendekatan CBT Untuk Menyelesaikan Masalah Penyesuaian Diri Dan Konsep Diri Yang Baik Pada Siswa Terisolir”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1065-71. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/1099.

Issue

Section

Articles