Implementasi Internalisasi Nilai Silaturahim Melalui Tradisi Tujak Ragi Belek di Desa Rumbuk Lombok Timur

Authors

  • Rizkika Putri Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1116

Keywords:

Internalisasi, Silaturahim, Tujak Ragi Belek, Rumbuk

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan Implementasi nilai silaturahim melalui tradisi Tujak Ragi Belek di Desa Rumbuk Lombok Timur. Untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif fenomenologis yang berfokus pada analisis fenomena tentang langkah-langkah menginternalisasikan nilai silaturahim. Data penelitian ini diperoleh melalu teknik observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Untuk mendapatkan data yang valid ditempuh langkah-langkah triangulasi. Adapun yang menjadi responden/narasumber dalam penelitian ini terdiri dari unsur tokoh adat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan pihak yang mempunyai kegiatan.  Hasil penelitian ini menggambarkan : 1) bahwa internalisasi nilai silaturahim melalui tradisi Tujak Ragi Belek di desa Rumbuk ditempuh dalam berbagai tahapan dimana setiap tahapan anggota masyarakat yang hadir dalam acara adat tersebut  terlibat secara aktif melakukan interaksi sosial yang dibalut dengan semangat kebersamaan untuk menyelesaikan proses pembuatan menu makanan mulai dari proses penyiapan, pemilahan rempah dan bahan makanan lainnya, pembuatan aneka jajan tradisional, penumbukan bumbu, pemasakan aneka macam menu dan penyajian, 2) secara fundamental internalisasi nilai silaturahim ini merupakan representasi kultural, dan sosial masyarakat yang penuh dengan keharmonisan, kekerabatan dan semangat gotong royong yang sudah mengakar lama di masyarakat. Ke depan, penting dilakukan langkah-langkah strategis seperti penguatan desa adat oleh berbagai pihak guna menjaga kelestarian adat ini.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al Qadrie, Syarif Ali, “Preventif Konflik Melalui Tradisi Sowandilingkungan Pondok Pesantrenal-Mubarok Miftahul Ulum Parit Masigi Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya”, Jurnal Ilmiah Hospitality, Vol. 11 No. 2 Desember 2022, 1067.

Arifin, Syamsul dan Nur Hayati Mufida, “Implementasi Integrasi Sains Dalam Pembelajaran Fikih di MAN 2 Mataram”, Jurnal Studi Keislaman dan Ilmu Pendidikan, Vol. 11, No. 2 November 2023, 776.

Ashari, Yunita dan Ali Musthofa “Peran Forum Silaturahim Remaja Islam (Fosri) Dalam Meningkatkan Spiritual Warga Kelurahan Bolong” Jurnal PAI Raden Fatah, Vol. 5 No. 4, (Oktober ) 2023, 715.

Az-Zuhaili, Wahbah, Tafsir Al-Munir Jilid 13 (Jakarta: Gema Insani, 2016), 466.

Cahyana, Made, dkk, silaturahim melalui media sosial perspektif hadits, Jurnal Al Hikmah, Vol. 3 No. 2 (2021), 214.

Dayanti, Refi dan Muhammad Hidayat “Bentuk Perubahan Solidaritas Sosial Pada Penyelenggaraan Pesta Pernikahan Sebagai Dampak Hadirnya Jasa Catering”, Jurnal Perspektif: Kajian Jurnal Psikologi dan Pendidikan, Vol. 6 No. 1 2023, 136.

Deni, M and Zarwandi Agustus, “Budaya Tujak Ragi Beleq , Momen Silaturahim Trah Keturunan Tanaq Gadang,” 2023, 1–2, https://insidelombok.id/tradisi budaya/budaya-tujak-ragi-beleq-momen-silaturahim-trah-keturunan-tanaq gadang/.

Desa Rumbuk et al., “Warga Rumbuk Gelar Parade Tujak Ragi Belek , Simbol Kebersamaan Dan Gotong Royong,” 2023, 1–6, https://www.redaksimedialombok.com/2023/08/warga-rumbuk-gelar-parade tujak-ragi.html.

Fahmi, Rival Muhammad Rijalul, et al., “Silaturahim Melalui Media Sosial Perspektif Hadits,” Al-Hikmah (Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam) 3, no. 2 (2021): 214–215.

Hadi, Abdul, Asrori dan Rusman, Penelitian Kualitatif (Studi Fenomenologi, Case Study, Grounded Theory, Etnograpi, Biograpi), (Banyumas: CV Pena Persada, 2021), 28.

Hasanah,Lulu’ Ulfa dan Novi Andarani, “Tradisi Lisan sebagai Media Pembelajaran Nilai Sosial dan Budaya Masyarakat”, Jurnal Ilmiah Fonema, Vol. 4 No 1 Mei 2021, 63.

Jailani, Abdul Qodier Dan Rio Febriannur Raachman, “Kajian Semiotik Budaya Masyarakat: Nilai Keislaman Dalam Tradisi Ter-Ater Di Lumajang”, Muharrik: Jurnal Dakwah Dan Sosial, Vol. 3 No. 2, 2020, 131.

Kurnia, Muh. Dendi, “Pengembangan Wisata Kuliner Desa Bonjeruk sebagai objek daya tarik wisata di Desa Bonjeruk Kecamatan Jonggat Kabupaten Lombok Tengah”, Skripsi, 2022.

Lombok Timur, “Parade Tujak Ragi Belek Di Rumbuk Lombok Timur Bukan Sekadar Budaya,” 2022, 23–26, https://kicknews.today/parade-tujak-ragi-belek-di-rumbuk lombok-timur-bukan-sekadar-budaya/.

Mariana, Anna dan Milah Nurmilah, Inilah Pesan Penting Di Balik Berkah dan Manfaat Silaturahim, Cetakan 1 (Bandung: Ruang Kata, 2012), 55.

Prasetyo, Yohanes Wahyu, “Teori Sosial Émile Durkheim (1858-1917) Mengenai Modernitas Sebagai Ikatan Moral,” Jpic-Ofm Indonesia, 2020.

Rahmat dan Hendri Sugianto, “Tafsir Budaya Dodengo Sebagai Kohesi Sosial Pada Masyarakat Gamkonora”, El-Waroqoh Jurnal Ushluddin dan Filsafat, Vol. 6 No. 2 Juli-Desember 2021, 141.

Rizkiyah, Nurul Farikhatir dan Muhammad Ilham Faridi, “Analysis of Local Culinary Potential in Supporting the Tourism Industry in Gunungsari West Lombok”. International Journal of Applied Sciences in Tourism and Events, Vol. 6 No. 1 Juni 2022.

Rumbuk et al., “Warga Rumbuk Gelar Parade Tujak Ragi Belek , Simbol Kebersamaan Dan Gotong Royong.”

Sarnoto, Ahmad Zain and Siti Maria Ulfa, “Kecerdasan Sosial Dalam Pembelajaran Kooperatif Perspektif Al-Qur’an,” Academy of Education Journal 12, no. 2 (2021): 294–302.

Solatiah, Siti, “Nilai-nilai Budaya dalam Tradisi Nyongkolan di Desa Leming kecamatan Terara Lombok Timur”, Skripsi, 2022.

Sugandika, “Tingkatkan Persaudaraan , Parade Tujak Ragi Belek Akan Masuk Kalender Event Lombok Timur.”

Sugandika, Ahmad Wawan, “Tingkatkan Persaudaraan , Parade Tujak Ragi Belek Akan Masuk Kalender Event Lombok Timur,” 2022, 1–6, https://lombok.tribunnews.com/2022/08/27/tingkatkan-persaudaraan-parade tujak-ragi-belek-akan-masuk-kalender-event-lombok-timur?page=all.

Suparmoko, Muhammad, “Preventif Konflik Melalui Tradisi Sowandilingkungan Pondok Pesantrenal-Mubarok Miftahul Ulum Parit Masigi Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya”, Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Vol. 9 No. 1 April 2020, 39.

Timur, “Parade Tujak Ragi Belek Di Rumbuk Lombok Timur Bukan Sekadar Budaya.”

Tradisi Begawe et al., “Begawe Adat Sasak : Tradisi Unik Dan Kaya Di Nusa Tenggara Tradisi Begawe Adat Sasak,” 2021, 1–5, https://www.rinidesu.com/2021/12/begawe adat-sasak.html.

Downloads

Published

2024-09-23

How to Cite

Rizkika Putri. 2024. “Implementasi Internalisasi Nilai Silaturahim Melalui Tradisi Tujak Ragi Belek Di Desa Rumbuk Lombok Timur”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1287-99. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1116.

Issue

Section

Articles