Dampak Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Kesejahteraan Emosional Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1126Keywords:
Dampak Layanan, Bimbingan Kelompok, EmosionalAbstract
Periode perkembangan akan dapat dilihat perubahannya baik secara, psikis, emosional, dan sosial. Perubahan tersebut mengahasilkan korelasi antara aspek sosial dan emosional anak mengharuskan individu memiliki kemampuan untuk mengenal emosi, memahami emosi dan cara mengekspresikan emosi pada situasi sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak layanan bimbingan konseling terhadap kesejahteraan emosional siswa dengan menggunakan pendekatan holistik dilingkungan sekolah. Melalui penilaian menyeluruh terhadap program bimbingan konseling, peneliti menyelidiki perubahan pada aspek kesejahteraan emosional siswa. Hasil dari penelitian ini adalah perilaku berbaur dengan teman sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan konseling mengalami peningkatan, perilaku membuka diri sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan mengalami peningkatan, dan perilaku percaya pada teman sebelum dan sesudah perlakuan layanan bimbingan mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil analisis maka dapat disimpulkan kecenderungan layanan bimbingan konseling dapat mempengaruhi perilaku emosional. Implikasi hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai masukan bagi guru sekolah dasar agar memperhatikan faktor perkembangan emosional dengan cara menganalisisnya.
Downloads
References
Afifah, N., & Nasution, F. (2023). Peran Guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam Mengembangkan Kepercayaan Diri dan Kesejahteraan (Well Being) Siswa. Munaddhomah: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 368–380. https://doi.org/10.31538/munaddhomah.v4i2.458
Andriani, M. W., & Hariyani, Y. (2022). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Sosio-Emosional Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 8(1), 41. https://doi.org/10.31602/jbkr.v8i1.6511
Arifauzan, B., Ilfiandra, & Nurkhalidah, E. (2015). Dampak Lanyanan Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah (Siswa, Guru, Sekolah, Orang Tua, Masyarakat). 229, 1–5. https://www.academia.edu/25779080/Dampak_lanyanan_bimbingan_dan_konseling_di_sekolah
Dini, I. rahma. (2019). Bimbingan Konseling. Universitas Negeri Padang, 9.
Kurniawan, A. (2018). Implementasi Bimbingan Konseling dalam Meningkatkan Kesejahteraan Psikologis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keguruan, 3(2), 53–63.
Nasuha. (2021). Jenis-jenis Layanan Bimbingan dan Konseling. Printet OSF, 1(20), 3.
Reswariaji, K. A., Mugiarso, H., & Suharso. (2013). Dampak Layanan Bimbingan Konseling Menggunakan Lembar Kerja Siswa Terhadap Proses dan Hasil. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 2(1), 20–26.
Sayed Muhammad Ichsan. (2022). Teologi Berbasis Ekonomi ( Darul Arqam - Pt . Global Ikhwan ); Studi Atas Strategi Dakwah Ashari Ibn Muhammad. Bidayah, 13(2).
Syafrita, K. (2021). Peran Layanan Bimbingan Konseling. 19029153. https://osf.io/preprints/en9tf/%0Ahttps://osf.io/en9tf/download
Zikkri, A., Khoiryah, A. F., Putri, T. A., Alivia, W., Azzahra, W., Tas’adi, R., & Syafwar, F. (2022). Kecerdasan Emosi Siswa serta Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Al-Kaaffah: Jurnal Konseling Integratif-Interkonektif, 1(2), 49–57.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Annisa Khairida, Nanda Tsabita Herba, Hikmatul Fadilah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.