Ruang Lingkup Materi Pendidikan Agama Islam dalam Al Quran
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1128Keywords:
Materi, Pendidikan Agama Islam, Al Quran.Abstract
Tujuan penelitian dalam kajian ini adalah untuk mengidentifikasi, memahami, dan mencakup secara holistik berbagai aspek penting dalam materi pendidikan Agama Islam yang berdasarkan Al Quran, juga untuk merinci dan menganalisis berbagai tema, prinsip, dan nilai yang terkandung dalam Al Quran yang penting untuk pendidikan Agama Islam. Melalui ini, penelitian berusaha untuk menunjukkan bagaimana Al Quran, sebagai sumber utama ajaran Islam, dapat memberikan panduan yang berharga dan tetap relevan dalam pendidikan Agama Islam di era sekarang. Ini mencakup juga bagaimana metode dan pendekatan pendidikan dapat dikembangkan untuk menjadikan pendidikan Agama Islam lebih efektif dan responsif terhadap perubahan kontemporer. Ruang lingkup Materi Pendidikan Agama Islam dalam Al Quran keseluruhannya mencakup; 1)Akidah, yang menekankan pada kemampuan memahami dan mempertahankan keyakinan, menghayati, serta meneladani nilai-nilai keimanan dalam kehidupan sehari-hari 2)Akhlak, yang menekankan pada pengamalan sikap terpuji dan menghindari akhlak tercela 3)Fiqih, yang menekankan pada kemampuan untuk memahami, meneladani dan mengamalkan ibadah dan mu’amalah 4)Sejarah, yang menekankan pada kemampuan mengambil pelajaran (ibrah) dari peristiwa-peristiwa bersejarah (Islam), untuk melestarikan dan mengembangkan kebudayaan dan peradaban Islam, serta 5)Study Al Quran dan Hadits, yang menekankan pada kemampuan membaca, menulis, menterjemahkan, memahami isi kandungan serta dapat mengamalkan dalam kehidupan.
Downloads
References
Abdu al-Majid al-Ghouri. (2007). Mu’jam al-Mushthalahat al-Haditsah . Beirut: Dar Ibnu Katsir.
Abu Anwar. (2002). Ulumul Qur’an (sebuah pengantar). Pekanbaru: Amzah.
Ahmad, R. S. (2013). “Asbab Al-Nuzul Dalam Tafsir Pendidikan,. Jurnal Pendidikan Agama , 1-5.
al-Baaqi, M. F. (1992). al-Mu’jam al-Mufahras li Alfadh al-Qur’an al-Karim. Beirut: Dar al-Fikr.
Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam (Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim). Bandung: Rosdakarya.
Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: Rosdakarya.
Almusawa, N. F. (2005). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi,. Bandung: Syamil Cipta media.
al-Suyuthi, J. (1997). al-Itqaan fi Oulum al-Qur’an,. Beirut: Dar al kutub al ilmiyah.
al-Thabari, A. J. (2008). Jami' al baya an ta'wil alquran. Jakarta: Pustaka Azzam.
Aminudin. (2005). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi umum. Bogor: Ghalia.
Anwar, R. (2015). Pengantar Ulumul Qur’an dan Ulumul Hadits. yogyakarta: IRCiSoD.
Brubacher, J. S. (1978). Modern Philosophies of Education. New delhi: Tata McGraw-Hill .
Choiruddin Hadiri. (2005). Klasifikasi Kandungan Al-Quran,. Jakarta: gemma insani press.
Darmadi. (2017). “Pengembangan Model Dan Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar . Yogyakarta: Deepublish.
Hamim, K. (2013). Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an SurahLuqman [Concept of Child Education in Holy Quran Surah Luqman]. Jurnal Penelitian Keislaman,, 33.
Hasbullah, M. (2012). “Filsafat Sejarah”,. Bandung: 2012.
Kisyk, A. H. (2005). l-Wasi’ah al-‘Asarah,. Yogyakarta: Mitra .
Kurniawan, S. (2013). “Pendidikan Karakter Konsepsi & Implementasi Secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Bandung: Rosdakarya.
Langgulung, H. (1986). Menimbang Konsep al-Ghazali: Sebuah Pengantar dalam Fathiyah Hasan Sulaiman, Konsep Pendidikan al-Ghazali, . Jakarta: p3m.
M. Quraish Shihab. (2005). Wawasan Al-Qur’an: Tafsir Maudhui atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Majid, A. (2012). Belajar dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Bandung: Roasdakarya.
Rofi’i, A. (1997). Ulumul Qur’an. Bandung: Pustaka setia.
Shihab, M. Q. (2002). Tafsir al-Misbah, pesan, kesan, dan keserasian al-Quran. Jakarta: Lentera Hati.
Syahraeni, A. (2017). Sejarah dalam Perspektif alquran. Makassar: UIN Alauddin Makasar.
Tolchah, M. (2015). Dinamika Pendidikan Islam pasca ordebaru. Surabaya: LkiS pelangi aksara.
Triwiyanto, T. (2014). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Zuhairini. (2000). Metodik Khusus Pendidikan Agama Islam. Surabaya: offset printing.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Fatchur Rochim, Moch. Tolchah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.