Pandangan Syekh AL-Zarnuji terhadap Hakikat Ilmu dan Fikih serta Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka Belajar
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1171Keywords:
Syekh AL-Zarnuji, Hakikat Ilmu, Kurikulum Merdeka BelajarAbstract
Pada saat ini kurikulum merdeka begitu gencarnya disosialisasikan dan diterapkan di berbagai lembaga pendidikan atas instruksi menteri pendidikan. Apakah konsep kurikulum merdeka itu adalah konsep yang baru atau ulama Islam ada yang pernah membahasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap pandangan Syekh AL-Zarnuji tentang hakikat ilmu dan fikih serta relevansinya dengan kurikulum merdeka belajar. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif penulis mengupas pandangan Syekh AL-Zarnuji dan relevansinya dengan kurikulum merdeka belajar. Adapun pandangan Syekh AL-Zarnuji memiliki relevansi dengan kurikulum merdeka belajar. Dengan indikasi adanya belajar ditekankan pada aspek keleluasan pembelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan serta keadaan peserta didik di lingkungan belajarnya; mengutamakan ilmu akhlak atau pembinaan karakter; dan adanya fleksibilitas dalam Pembelajaran.
Downloads
References
Anwar, H. S. (2018). Islam, Ilmu & Kebudayaan. UAD PRESS.
Az-Zarnuzi. (2004). Kitab Ta`lim Mutaalim Thoriiq at-Taallum. al dar Soudaniafor Books.
Bakhtiar, Amsal. (2016). Filsafat Ilmu. Jakarta: Rajawali Press.
Bertens, K. (1998). Ringkasan Sejarah Filsafat. Kanisius.
Hasan, Erliana. (2011). Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia: Bogor.
Nasution, Ahmad Taufik. (2016). Filsafat Ilmu Hakikat Mencari Pengetahuan. Yogyakarta: Deepbulish.
Nata Abuddin, dkk, (2013) Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Suriasumantri, Jujun. (2019). Ilmu dalam Perspektif,. Cet. XVI, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Rohana. (2021). Filsafat Ilmu dan Kajiannya. Makasar: CV. Samudra Alif Mim.
Surajiyo. (2007). Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT. Bumi Aksara: Jakarta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Munasir, Hafidin Nurhadi, Izuddin Mustafa, Ateng Rohendi, Muhamad Januaripin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.