Pandangan Syekh AL-Zarnuji terhadap Hakikat Ilmu dan Fikih serta Relevansinya dengan Kurikulum Merdeka Belajar

Authors

  • Munasir STAI Miftahul Huda Subang
  • Hafidin Nurhadi STAI Miftahul Huda Pamanukan, Subang
  • Izuddin Mustafa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ateng Rohendi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Januaripin STAI Miftahul Huda Pamanukan, Subang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1171

Keywords:

Syekh AL-Zarnuji, Hakikat Ilmu, Kurikulum Merdeka Belajar

Abstract

Pada saat ini kurikulum merdeka begitu gencarnya disosialisasikan dan diterapkan di berbagai lembaga pendidikan atas instruksi menteri pendidikan. Apakah konsep kurikulum merdeka itu adalah konsep yang baru atau ulama Islam ada yang pernah membahasnya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengungkap pandangan Syekh AL-Zarnuji tentang hakikat ilmu dan fikih serta relevansinya dengan kurikulum merdeka belajar. Dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif penulis mengupas pandangan Syekh AL-Zarnuji dan relevansinya dengan kurikulum merdeka belajar. Adapun pandangan Syekh AL-Zarnuji memiliki relevansi dengan kurikulum merdeka belajar. Dengan indikasi adanya belajar ditekankan pada aspek keleluasan pembelajaran untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan sesuai dengan kebutuhan serta keadaan peserta didik di lingkungan belajarnya; mengutamakan ilmu akhlak atau pembinaan karakter; dan adanya fleksibilitas dalam Pembelajaran.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, H. S. (2018). Islam, Ilmu & Kebudayaan. UAD PRESS.

Az-Zarnuzi. (2004). Kitab Ta`lim Mutaalim Thoriiq at-Taallum. al dar Soudaniafor Books.

Bakhtiar, Amsal. (2016). Filsafat Ilmu. Jakarta: Rajawali Press.

Bertens, K. (1998). Ringkasan Sejarah Filsafat. Kanisius.

Hasan, Erliana. (2011). Filsafat Ilmu Dan Metodologi Penelitian. Ghalia Indonesia: Bogor.

Nasution, Ahmad Taufik. (2016). Filsafat Ilmu Hakikat Mencari Pengetahuan. Yogyakarta: Deepbulish.

Nata Abuddin, dkk, (2013) Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum. Cet. I; Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Suriasumantri, Jujun. (2019). Ilmu dalam Perspektif,. Cet. XVI, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia Rohana. (2021). Filsafat Ilmu dan Kajiannya. Makasar: CV. Samudra Alif Mim.

Surajiyo. (2007). Ilmu Filsafat Suatu Pengantar. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Downloads

Published

2024-12-13

How to Cite

Munasir, Hafidin Nurhadi, Izuddin Mustafa, Ateng Rohendi, and Muhamad Januaripin. 2024. “Pandangan Syekh AL-Zarnuji Terhadap Hakikat Ilmu Dan Fikih Serta Relevansinya Dengan Kurikulum Merdeka Belajar”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1399-1409. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1171.

Issue

Section

Articles