Manajemen Program Pembelajaran Bahasa Arab di Pesantren Darul Quran Aceh (DQA)
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1172Keywords:
Manajemen, Program Bahasa Arab, PesantrenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan manajemen program Bahasa Arab di Pondok Pesantren Darul Quran Aceh (DQA) mulai dari perencanaan program, pengorganisasian program, pelaksanaan program, serta bagaimana evaluasi terhadap program tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah manajemen program bahasa Arab yang berlangsung di Pondok Pesantren Darul Quran Aceh (DQA). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ada menggunakan wawancara dan dokumentasi. Analis data penelitian ini menggunakan model Millers dan Huberman yaitu penyajian data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan program bahasa Arab di Darul Quran Aceh menggunakan model interactive approach, Tipe organisasi yang diterapkan pada program berbahasa Arab di kursus Darul Quran Aceh mengadopsi tipe organisasi salah satu bentuk organisasi yang penyusuna rencana suatu kegiatan yang dilakukan secara bersama-sama oleh pihak bawah dan ipihak atas. Manajemen pelaksanaan program bahasa Arab di Darul Qur’an Aceh dilaksanakan melalui pembelajaran di kelas, bi’ah lughowiyyah, penambahan mufrodat dan ungkapan bahasa, serta muhadhoroh. Evaluasi program bahasa Arab di Darul Qu’an Aceh meliputi evaluasi mingguan, evaluasi bulanan, dan evaluasi tahunan.
Downloads
References
Abdullah, I., Rahmi, N., & Walfajri, W. (2020). Pembentukan Lingkungan Bahasa Arab Untuk Mengembangkan Keterampilan Berbicara. Taqdir, 6(2), 71–83.
Ahmad, R., & Pratama, A. (2021). Faktor Manajemen Profesional: Perencanaan, Pengorganisasian, Dan Pengendalian (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Sumberdaya Manusia). Jurnal Ilmu Manajemen Terapan, 2(5), 699–709.
Aliyah, A. (2018). Pesantren tradisional sebagai basis pembelajaran nahwu dan sharaf dengan menggunakan kitab kuning. Al-Ta’rib: Jurnal Ilmiah Program Studi Pendidikan Bahasa Arab IAIN Palangka Raya, 6(1), 1–25.
Andriani, A. (2015). Urgensi pembelajaran bahasa Arab dalam pendidikan Islam. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 39–56.
Arifudin, M., Sholeha, F. Z., & Umami, L. F. (2021). Planning (Perencanaan) Dalam Manajemen Pendidikan Islam. MA’ALIM: Jurnal Pendidikan Islam, 2(02), 162–183.
Atsaniyah, L. N. (2021). Upaya Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab dengan Metode Cooperative Learning Melalui Kegiatan Muhadhoroh. International Conference of Students on Arabic Language, 5, 619–628.
Bachri, B. S. (2010). Meyakinkan validitas data melalui triangulasi pada penelitian kualitatif. Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 46–62.
Fariz, M. (n.d.). Agustini.“Manajemen Pengorganisasian Pembelajaran Bahsa Arab Di MAN 1 Kota Malang.” LISAN AL-ARAB: Journal of Arabic Learning and Teaching 9, no. 2 (2020): 89–95.
Fathoni, A. (2006). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Habibah, N. (2016). Lingkungan artifisial dalam pembelajaran bahasa Arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 3(2), 173–196.
Hasan, M. A. K. (2023). Peran Bahasa Arab dalam Pendidikan Islam di Ma’had Aly Ar-Rasyid Wonogiri: Tinjauan Terhadap Pembelajaran Bahasa Arab sebagai Media Akses Ilmu Agama. Tatsqifiy: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 4(2), 88–94.
Hidayat, A. (2012). Bi’ah lughowiyah (lingkungan berbahasa) dan pemerolehan bahasa (Tinjauan tentang Urgensi Lingkungan Berbahasa dalam Pemerolehan Bahasa). An-Nida’, 37(1), 35–44.
Izzan, A. (2011). Metodologi pembelajaran bahasa Arab. Humaniora Utama Press.
Jufrih, D. A., Rosyidi, A. W., & Rusul, U. (2023). Manajemen Program Bahasa Arab di Pondok Pesantren Daarul Ukhuwwah Putri 2 Malang. Jurnal Mu’allim, 172–193. https://doi.org/10.35891/muallim.v5i1.3474
Mahmudi, I. (2011). CIPP: Suatu model evaluasi program pendidikan. At-Ta’dib, 6(1).
Muchtar, I. (2018). Peningkatan Penguasaan Mufradat Melalui Pengajian Kitab Pada Mahasiswa Ma’had Al-Birr Unismuh Makassar. Al-Maraji’: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 2(2), 14–26.
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Nasir, M., & Maisah, M. (2022). PENGELOLAAN PONDOK PESANTREN DALAM PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (STUDI PADA PONDOK PESANTREN BAIATUL QURAN KABUPATEN LINGGA). JURNAL MANAJEMEN PENDIDIKAN DAN ILMU SOSIAL, 3(2), 602–623.
Ninoersy, T., Tabrani, Z. A., & Wathan, N. (2020). Manajemen perencanaan pembelajaran Bahasa Arab berbasis kurikulum 2013 pada SMAN 1 Aceh Barat. FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 5(1), 83–102.
Pane, A. (2018). Urgensi Bahasa Arab; Bahasa Arab Sebagai Alat Komunikasi Agama Islam. Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 2(1).
Rafsanjani, H., Zubaidillah, M. H., & Nuruddaroini, M. A. S. (2022). Problematika Mahasiswa dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab pada Perguruan Tinggi di Kalimantan. Jurnal Basicedu, 6(3), 5166–5180.
Salim, L. (2017). Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Bahasa Arab. Jurnal Diwan, 3(1).
Sauri, S. (2020). Sejarah Perkembangan Bahasa Arab dan Lembaga Islam di Indonesia. Insancita, 5(1), 73–88.
Syafe’i, I. (2017). Pondok pesantren: Lembaga pendidikan pembentukan karakter. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 61–82.
Thalib, M. A. (2022). Pelatihan Analisis Data Model Miles Dan Huberman Untuk Riset Akuntansi Budaya. Madani: Jurnal Pengabdian Ilmiah, 5(1), 23–33.
Triani, T., & Putra, S. (2023). Analisis Penerapan Pembelajaran Berbasis Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) pada Mata Pelajaran Bahasa Arab. Nusantara: Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 733–754.
Zellatifanny, C. M., & Mudjiyanto, B. (2018). Tipe penelitian deskripsi dalam ilmu komunikasi. Diakom: Jurnal Media Dan Komunikasi, 1(2), 83–90.
Zulhannan, Z. (2015). عناصر اللغة العربية: أهدافها و خطوات تدريسها. Jurnal Al Bayan: Jurnal Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, 7(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alif Anharul Fahmi, Muslim, Nur Kholid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.