Aktualisasi Konsep dasar Ilmu Pengetahuan Perspektif Plato dengan Trilogi Epistemologi, Ontologi, dan Aksiologi Bagi Mahasiswa FTK

Authors

  • Ubed Ahmad Ubaidillah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Lani Melani Agustiyaningsih Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Tasya Dwi Ayu Anasthasyiah Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
  • Faizin Moh. Faizin Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1195

Keywords:

Plato, Ilmu Pengetahuan, Epistomologi, Aksiologi, Ontologi

Abstract

Tujuan dari artikel ini yaitu untuk menjelaskan serta mengetahui aktualisasi konsep dasar ilmu pengetahuan perspektif Plato dengan trilogi epistemologi, ontologi, dan aksiologi bagi mahasiswa FTK. Studi pustaka adalah metode yang dipilih untuk artikel ini, tentunya refrensi yang diambil berasal dari buku dan artikel jurnal yang telah disesuaikan dengan topik pembahasan. Pada artikel ini, penulis mengambil dari perspektif salah seorang filsuf terbesar sepanjang sejarah yang hidup di era Yunani Kuno, Plato dengan mengetahui bagaimana cara pandangnya terhadap ilmu pengetahuan, serta trilogi epistemologi, ontologi, dan aksiologi yang akan diaktualisasikan terhadap mahasiswa FTK. Ilmu pengetahuan diartikan sebagai segala bentuk usaha untuk meningkatkan tingkat pemahaman seseorang serta mendapatkan dari segi kenyataan manapun yang ada pada alam manusia. Plato beranggapan bahwa kebenaran dari hakikat dapat dipercaya jika dari alam yang kekal dan tetap, alam tersebut adalah alam idea, suatu kebenaran tidak dapat diperoleh dari pengamatan yang sifatnya indrawi karena sifatnya selalu berubah terus. Pada dasarnya, ontologi menjelaskan mengenai hakikat dari suatu hal yang ada. Jika ditinjau dari aspek ontologi, ilmu pengetahuan mencoba membuktikan bahwa keberadaan ilmu pengetahuan itu bisa dibuktikan. Pada aspek epistemologi menjelaskan mengenai pondasi dari pengetahuan, karakteristik, sumber serta kebenaran dari pengetahuan itu dan bagaimana mendapatkannya. Sedangkan, aksiologi berbicara mengenai hubungan ilmu dan memiliki hubungan terkait layak atau tidaknya perkembangan ilmu pengetahuan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Anwar, K., Siregar, R. J., Azzahra, P. A., & Anggara, A. T. (2022). Etika Plato Perpesktif Etika Islam. Jurnal Kajian Kontemporer Hukum Dan Masyarakat, 1(1), 1–9.

Burhanuddin, N. (2015). Pemikiran Epistemologi Barat: dari Plato sampai Gonseth. Intizar, 21(1), 133–146.

Copleston, F. (2020). Filsafat Plato. Basabasi.

Ermida, & Ardimen. (2023). Ontologi Ilmu Pengetahuan. Journal on Education, 6(1), 3306–3312.

Fadli, M. R. (2021). Hubungan Filsafat dengan Ilmu Pengetahuan dan Relevansinya di Era Revolusi Industri 4.0 (Society 5.0). Jurnal Filsafat, 31(1), 130–161.

Farida. (2015). Pemanfaatan Kecanggihan Teknologi Berbasis Digital (Memudahkan Komunikasi Manusia). At-Tabsyir: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(2), 359–382.

Fiteriana, H. (2023). Menelaah Gagasan Awal tentang Belajar (Epistemologi dan Teori Belajar Plato & Aristoseles). Jurnal Tarbiyah Islamiyah, 8(April), 218–230.

Juhari. (2019). Aksiologi Ilmu Pengetahuan (Telaah tentang Manfaat Ilmu Pengetahuan dalam Konteks Ilmu Dakwah). Al-Idarah: Jurnal Manajemen Dan Administrasi Islam, 3(1), 95–108.

Juliyanto, E., Nugroho, S. E., & Marwoto, P. (2013). Perkembangan Pola Pemecahan Masalah Anak Usia Sekolah dalam Memecahkan Permasalahan Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9(2), 151–162.

Kartini, Utami, N. F., Dinantika, N. D., Rifani, N., Daulay, D. F., Harahap, A. R., & Ermawati, E. (2023). Filsafat Ilmu sebagai Dasar Perkembangan Ilmu Pengetahuan. Jurnal Edukasi Nonformal, 4(1), 398–407.

Khaeroni. (2022). Kesetaraan Alumni PGMI dan PGSD. https://pgmi.uinbanten.ac.id/2022/02/21/kesetaraan-alumni-pgmi-dan-pgsd-2/

Mayasari, A., Natsir, N. F., & Haryanti, E. (2022). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Keislaman. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 218–225.

Mubin, A. (2019). Refleksi Pendidikan Filsafat Idealisme. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran dan Pencerahan, 15(2), 25–39.

Muliadi. (2020). Filsafat Umum. Fakultas Ushuluddin UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Nasir, M. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya Bagi Manusia. Syntax Idea, 3(11), 2457–2467.

Ni’am, M. K., & Lestari, P. D. (2020). Konsep Moderasi dalam Etika Keutamaan Aristoteles. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 1(2), 175–194.

Otoluwa, M. H., & Katili, A. A. (2023). Filsafat Ilmu. Ideas Publishing.

Rachmantika, A. R., & Wardono. (2019). Peran Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Pembelajaran Matematika dengan Pemecahan Masalah. Prisma: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2(1), 439–443.

Rahmah, S., & Khojir. (2021). Hakekat Teori Pengetahuan dan Kebenaran dalam Konteks Pendidikan Islam. Cross-border, 4(2), 685–705.

Rahman, M. T. (2020). Filsafat Ilmu Pengetahuan. Prodi S2 Studi Agama-Agama UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 13(1), 2239–2253.

Ridwan, M., Syukri, A., & Badarussyamsi, B. (2021). Studi Analisis tentang Makna Pengetahuan dan Ilmu Pengetahuan serta Jenis dan Sumbernya. Jurnal Geuthèë: Penelitian Multidisiplin, 4(1), 31–54.

Rokhmah, D. (2021). Ilmu dalam Tinjauan Filsafat: Ontologi, Epistemologi, dan Aksiologi. Cendekia: Jurnal Studi Keislaman, 7(2), 172–186.

Rosnawati, Syukri, A., Badarussyamsi, & Rizki, A. F. (2021). Aksiologi Ilmu Pengetahuan dan Manfaatnya Bagi Manusia. Jurnal Filsafat Indonesia, 4(2), 186–194.

Rusdi. (2013). Filsafat Idealisme (Implikasinya dalam Pendidikan). Dinamika Ilmu, 13(2), 236–249.

Samuji. (2021). Pengetahuan, Ilmu Pengetahuan dalam Filsafat dan Islam. Jurnal Paradigma, 12(1), 66–87.

Santi, Aisyah, R. D., Nadella, N., Aprilia, N. I., Febrian, M., & Harahap, S. S. A. (2023). Aksiologi Filsafat dalam Ruang Lingkup Ilmu Pengetahuan. Jurnal Indragiri Penelitian Multidisiplin, 3(2), 17–26.

Suaedi. (2016). Pengantar Filsafat Ilmu. IPB Press.

Tafsir, A. (2015). Filsafat Ilmu Mengurai Ontologi, Epistemologi dan Aksiologi Pengetahuan. PT Remaja Rosdakarya.

Tang, M., Mansur, A., & Ismail. (2021). Landasan Filosofis Pendidikan: Telaah Pemikiran Socrates, Plato dan Aristoteles. MODERATION: Journal of Islamic Studies Review, 1(1), 47–56.

Trisna Amelia. (2020). Kemampuan Mahasiswa dalam Pendefinisian Masalah pada Pembelajaran Berbasis Riset. Perspektif Pendidikan dan Keguruan, 11(2), 23–28.

Yuliwati. (2019). Keterkaitan Berpikir Kreatif dan Pengetahuan Statistika dengan Kemampuan Mahasiswa STKIP Kusuma Negara Jakarta Menulis Proposal Penelitian. JIP STKIP Kusuma Negara Jakarta, 10(2), 27–44.

Downloads

Published

2024-12-16

How to Cite

Ahmad Ubaidillah, Ubed, Lani Melani Agustiyaningsih, Tasya Dwi Ayu Anasthasyiah, and Faizin Moh. Faizin. 2024. “Aktualisasi Konsep Dasar Ilmu Pengetahuan Perspektif Plato Dengan Trilogi Epistemologi, Ontologi, Dan Aksiologi Bagi Mahasiswa FTK”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (4):1574-84. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1195.

Issue

Section

Articles