Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu untuk Meningkatkan Berpikir Logis Siswa SDIT Anak Sholeh Mataram
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1207Keywords:
Kurikulum, Berpikir, LogisAbstract
Berpikir logis merupakan cara berpikir yang runtut, masuk akal, dan berdasarkan fakta-fakta objektif tertentu. Dalam berpikir logis kurikulum memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan siswa memiliki kemampuan berpikir yang runtut dan masuk akal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kurikulum jaringan sekolah Islam Terpadu dalam meningkatkan berpikir logis pada siswa SDIT Anak Sholeh Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penelitian di dapat dari Kepala Sekolah, Waka Kurikulum, beberapa guru dan siswa di SDIT Anak Sholeh Mataram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu dapat membentuk Siswa berpikir logis di SDIT Anak Sholeh Mataram. Kurikulum SDIT Anak Sholeh Mataram memadukan antara ilmu umum dengan agama yang dapat menciptakan eksplorasi pada siswa. Metode pembelajaran yang digukana berpariasi seperti tanya jawab yang di aplikasikan dengan pembiasaan pada siswa. Peran guru dan orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan peserta didik memiliki kemapuam berpikir logis di SDIT Anak Sholeh Mataram.
Downloads
References
Dista, F. N. (2019). Penerapan pendekatan saintifik dalam mengembangkan berpikir logis anak usia 5-6 tahun di RA Takrimah Tungkop Aceh Besar. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 5(2), 217–236.
Emawati. (2019). Potret & Tren Baru Pendidikan Islam di Era Dlobalisasi. LP2M UIN Mataram.
Faradina, A., & Mukhlis, M. (2020). Analisis Berpikir Logis Siswa Dalam Menyelesaikan Matematika Realistik Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal. Alifmatika: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 129–151.
Febianti, Y. N. (2018). PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PEMBERIAN REWARD AND PUNISHMENT YANG POSITIF. Edunomic Jurnal Pendidikan Ekonomi, 6(2), 93. https://doi.org/10.33603/ejpe.v6i2.1445
Fitriyah, D. M., Indrawatiningsih, N., & Khoiri, M. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Logis Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1), 1–14.
Harisnur, F. (2021). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam (PAI) Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Tingkat Sekolah Dasar. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(2), 52–65.
Hidayat, A. R. (2018). Filsafat Berpikir Teknik-Teknik Berpikir Logis Kontra Kesesatan Berpikir. Duta Media Publishing.
Hidayat, W., & Sumarmo, U. (2013). Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Logis Matematika serta Kemandirian Belajar. Dalam Jurnal Delta-Fi, 2(1).
Hildani, T., & Safitri, I. (2021). Implementasi Pembelajaran Matematika Berbasis Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) Dalam Membentuk Karakter Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 591–606.
Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
Kurniyawati, S. U., & Prastowo, A. (2021). Kontribusi Model Simulasi TIK untuk Menumbuhkan Berpikir Logis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2).
Lestari, H., & Hasmawati, H. (2019). Kemampuan Berpikir Logis dan Penguasaan Kosa kata Bahasa Jerman. Eralingua: Jurnal Pendidikan Bahasa Asing Dan Sastra, 3(2), 123–128.
Nantara, D. (2021). Menumbuhkan Berpikir Kritis pada Siswa melalui Peran Guru dan Peran Sekolah. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 25–34.
Nuraida, D. (2019). Peran guru dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa dalam proses pembelajaran. Jurnal Teladan: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 51–60.
Permatasari, D., Rohaeti, E. E., & Westhisi, S. M. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis Anak Usia Dini Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B. Jurnal Ceria, 2(6), 230236.
Poppyariyana, A. A., & Munajat, A. (2020). Pengaruh Permainan Sains Terhadap Kemampuan Berpikir Logis Anak. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 6(1), 1–16.
Prasetyaningrum, E. Y. (2019). Pengaruh Motivasi Belajar dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa SDN Kletekan Kabupaten Ngawi. Linguista: Jurnal Ilmiah Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 2(2), 87. https://doi.org/10.25273/linguista.v2i2.3696
Putra, R. D., Supentri, S., & Hardian, M. (2023a). Pengaruh Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum JSIT Terhadap Pembentukan Kemampuan Berpikir Kritis di SMA IT Alfityah Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 5872–5880.
Putra, R. D., Supentri, S., & Hardian, M. (2023b). Pengaruh Pembelajaran PPKn Berdasarkan Kurikulum JSIT Terhadap Pembentukan Kemampuan Berpikir Kritis di SMA IT Alfityah Pekanbaru. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(5), 5872–5880.
Robingatin, S. (2015). Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 3(1).
Rosmauli, C., & Watini, S. (2022). Implementasi Model ATIK untuk Mengembangkan Kemampuan Kognitif Berpikir Logis dalam Kegiatan Menggambar di TK IT Insan Mulia Pancoran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(3), 888–894.
Usdiyana, D., Purniati, T., Yulianti, K., & Harningsih, E. (2009). Meningkatkan kemampuan berpikir logis siswa SMP melalui pembelajaran matematika realistik. Jurnal Pengajaran MIPA, 13(1), 1–14.
Zulfickar, R., & Oktariani, M. (2020). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Logical Thinking Peserta Didik Pada SMAN 1 Riau Silip Kabupaten Bangka. Biormatika: Jurnal Ilmiah Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(1), 139–144.
Zuwariyah, S., & Irawan, E. (2021). Efektivitas Model Discovery Learning Berbantuan Mind Mapping dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis pada Materi Perubahan Iklim. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(1), 68–72.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Muhammad Purqon
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.