Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kritis di Sekolah Menengah Pertama dalam Pendidikan Agama Islam Dengan Penerapan Model Konstruktivisme
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i4.1216Keywords:
Berpikir kritis, Model konstruktivisme, Pendidikan Agama Islam, Sekolah Menengah PertamaAbstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan salah satu komponen yang penting untuk dimiliki peserta didik pada abad 21. Kemampuan berpikir kritis dibutuhkan sebagai bekal dalam menghadapi berbagai macam tantangan pada era globalisasi yang semakin kompleks. Kemampuan berpikir kritis dapat dikembangkan dengan menerapkan model pembelajaran konstruktivisme. Implementasi pembelajaran konstruktivistik dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian dilakukan pada kepala bagian kurikulum, dan guru PAI Global Islamic School 3Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mata pelajaran Pendidikan Agama Islam telah melakukan berbagai metode pembelajaran dengan model konstruktivisme. Terdapat lima metode yang guru lakukan untuk mengoptimalkan kemampuan berpikir kritis siswa antara lain Summary Book, desain poster, mind mapping, pembuatan madding dan debat. Semua metode pembelajaran yang dilakukan tidak lain berfungsi sebagai sarana agar siswa dapat mengoptimalkan kemampuan berfikir kritis berdasarkan hasil pemahaman yang telah mereka bangun sendiri.
Downloads
References
Abdulkarim, A. (2008). Model Keterampilan Berpikir dalam Pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 16, (30), 7-17.
Anggriamurti. 2009. “Peningkatan Kemampuan Penalaran Siswa Didik melalui Pembelajaran Konstruktivisme”. Jurnal pembangunan Manusia, 5. 10-24.
Badan Standar Nasional Pendidikan. (2010). Paradigma Pendidikan Nasional di Abad 21. Jakarta. BSNP.
Cogan, J.J. dan Derricot, R. (1998). Citizenship for the 21 st Century. British Library: London.
Donald, R.C., Jenkins, D.B. & Metcalf, K.K. 2006. The Act of Teaching. New York: McGraw Hill.
Harper, B., Squires, D. & McDougall, A. 2000. Constructivist simulations: A new design paradigm. Journal of educational multimedia and hypermedia, 9(2), 115–130.
Hilda Karli, Implementasi KTSP dalam Model-Model Pembelajaran (Bandung: Generasi Info Media, 2004), 27.
Kay, K. (2008). Preparing every child for the 21st century. APEC Ed Ne–Xi’an (Sym-posium) Xi’an China, January 17.
Lie, A. (2007). Cooperative Learning (Mempraktikan Cooperatif Learning di Ruang-Ruang Kelas). Jakarta: Grasindo.
Masgumelar, N.K., Dwiyogo, W.D. & Nurrochmah, S. 2019. Modifikasi Permainan menggunakan Blended Learning Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembagan, 4(7), 979–986.
Paige, R.M. (2009). The georgetown consortium project: Interventions for student learning aboard fronticus. The interdisciplinary journal of study abroad, XVIII, 1-75.
Permata Sari, Farid Imam Kholidin dan Mahmuddah Dewi Edmawati, “Tingkat Kejenuhan Belajar Siswa Sekolah Menengah Pertama Di Kota Bandar Lampung”, Journal of Guidance and Counseling Inspiration (JGC), , Vol. 01, No. 01 (2020), hlm. 45-52
Pribadi, B.A. & Sjarif, E. 2010. Pendekatan Konstruktivistik Dan Pengembangan Bahan Ajar pada Sistem Pendidikan Jarak Jauh. Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 11(2), 117–128.
R1, (2023). Kepala Bidang Akademik SMP Global Islamic School 3 Yogyakarta. Wawancara Langsung.
R2, (2023). Guru Pendidikan Agama Islam SMP Global Islamic School 3 Yogyakarta. Wawancara Langsung.
Rahayu, R., & Cintamulya, I. (2019). Analisis Kemapuan Berpikir Kritis Siswa SMP berbasis Gaya Kognitif melaui Pembelajaran TPS (Think Pairs Share) dengan Media Poster. Bioedukasi: Jurnal Pendidikan Biologi, 12(1), 8–14.
Ramadhani. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Konstruktivisme 5E Terhadap Hasil Belajar di SMA Laksamana Martadinata. Jurnal Pendidikan Fisika, 1 (1), 50.
Suparno, P. 2010. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Jogjakarta: Kanisi.
Urfany, N., Afifah, A., & Nuryani, N. (2020). Teori Konstruktivistivisme dalam Pembelajaran. PANDAWA, 2(1), 109-116.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Raisul Fikri Al-Azizi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.