Metode Pendidikan Ilahi: Refleksi atas Kisah Nabi Adam dalam Al-Qur’an

Authors

  • Acip STAI Pelabuhan Ratu
  • Sekarmaji Sirulhaq STAI Pelabuhan Ratu
  • Encep Solehutaufa STAI Pelabuhan Ratu
  • Aris Gundara STAI Pelabuhan Ratu
  • Anhar Munandar STAI Pelabuhan Ratu

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1351

Keywords:

Pendidikan Ilahi, Kisah Pendidikan Nabi Adam, Al-Quran, Metode Pendidikan, Nilai-nilai Pendidikan

Abstract

Artikel ini mengeksplorasi metode pendidikan ilahi yang tercermin dalam kisah pendidikan Nabi Adam dalam Al-Quran. Melalui analisis tekstual Al-Quran, studi literatur, dan analisis konseptual, penelitian ini menyelidiki nilai-nilai pendidikan ilahi yang Allah SWT berikan kepada manusia pertama. Dengan mempertimbangkan konsep-konsep seperti kepatuhan, tanggung jawab, penyesalan, taubat, kesabaran, dan ketabahan dalam konteks pendidikan Nabi Adam, artikel ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang esensi pendidikan dalam Islam. Temuan penelitian mengungkapkan bahwa pendidikan ilahi tidak terbatas pada transfer pengetahuan semata, tetapi juga melibatkan pembentukan karakter, penanaman nilai-nilai moral, dan penguatan spiritualitas. Implikasi dari temuan ini dalam konteks pendidikan modern juga didiskusikan, termasuk tantangan dan rekomendasi untuk mengintegrasikan metode pendidikan ilahi dalam sistem pendidikan saat ini. Dengan merenungkan kembali kisah pendidikan Nabi Adam dan menganalisisnya secara holistik, artikel ini berusaha menginspirasi pembaca untuk mengeksplorasi dan menerapkan metode pendidikan ilahi dalam kehidupan mereka serta di dalam lingkungan pendidikan yang mereka hadapi.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biography

Acip, STAI Pelabuhan Ratu

Assalamu'alaikum 

 

References

Abd. Razaq al-Badr. 2008. Fiqh Asmaul Husna. Riyadh: Dar al-Tauhid li al-Nasyr.

Al-Qurthubi. 2006. Al-jami’ li Ahkam al-Qur’an. Beirut: Muassasah al-Risalah.

Al-Usairy. 2003. Sejarah Islam, Sejak zaman Adam hingga abad XX. Jakarta: AKBAR.

As-Sa’di. 2005. Taisir Al-Karim Al-Rahman Fi Tafsiri Al-Kalam Al-Manan. Kairo: Darul Hadits.

Atika, Maya. 2024. “Kisah Penciptaan Nabi Adam: Perjalanan Manusia Pertama dalam Belahan Surga dan Bumi.” demakbicara.pikiran-rakyat.com. 2024.

Bustamar, Bustamar, dan Fitri Yeni M Dalil. 2020. “Kronologis Kisah Nabi Adam As dalam Tafsir Ibn Katsir.” Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial dan Budaya 2 (1): 60. https://doi.org/10.31958/istinarah.v2i1.1813.

Dedi Syahputra Napitupulu. 2017. “Nilai-Nilai Pendidikan Pada Kisah Nabi Musa As Dalam Alquran.” Tadris: Jurnal Pendidikan Islam 12 (2): 243–56.

Ibn Hajar. 1998. Tuhfatun Nubala min Qashashil al-Anbiya. Imarat: Maktabah Shahabah.

Ibnul Atsir. n.d. An-Nihayah Fi Gharibil Hadits. KSA: Dar Ibn al-jauzi.

Markaz Dirosat. 2020. al-muyassar fi ‘ulumil Qur’an. Jeddah: Ma’had Asy-Syathibi.

Nh, Rahmat Sularso. 2021. “Peran Pendidikan Akhlak dalam Membentuk Karakter Peserta Didik.” 2021.

Pitriani, Pipit, Wasehudin, Lalu Turjiman Ahmad, dan Wahyu Hidayat. 2023. “KARAKTER DAN ADAB DALAM PENDIDIKAN SUDUT PANDANG SYEKH AZ ZARNUJI.” Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 8 (2): 356–72. https://doi.org/10.51729/82276.

Redaktur. 2023. “Pendidikan Karakter: Definisi dan Signifikansi, Metode, Strategi, Tantangan dan Contoh.” 2023.

Saihu. 2019. “RINTISAN PERADABAN PROFETIK UMAT MANUSIA MELALUI PERISTIWA TURUNNYA ADAM AS KE-DUNIA” 3 (1): 268–79.

Solehuddin, Dede, Latip Aminudin, dan Nur’ainiyah. 2023. “PERAN GURU DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS LITERASI KEPADA SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA DAN BUDI PEKERTI KELAS XI DI SMKN 14 BANDUNG.” Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam 8 (2): 224–37. https://doi.org/10.51729/82189.

Suwarno, dan Yunus Mokoginta Harahap. 2022. “Interaksi Edukatif Kisah Nabi Ādam ‘Alaihi al-Salām Dalam al-Qur’ān.” Formosa Journal of Multidisciplinary Research 1 (3): 785–802. https://doi.org/10.55927/fjmr.v1i3.643.

Zulihafnani, Novita Putri. 2021. “Interpretasi Perintah Sujud pada Kisah Nabi Adam menurut Para Mufasir.” Journal of Qur’anic Studies 6 (2): 2588–93.

Downloads

Published

2024-06-20

How to Cite

Acip, Sekarmaji Sirulhaq, Encep Solehutaufa, Aris Gundara, and Anhar Munandar. 2024. “Metode Pendidikan Ilahi: Refleksi Atas Kisah Nabi Adam Dalam Al-Qur’an”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):706-21. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.1351.

Issue

Section

Articles