Nilai-Nilai Religius Dalam Tradisi Khataman Al-Qur'an Di Masjid Nurul Amin Kota Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1362Keywords:
Nilai-nilai Religius, Khataman Al-Qur’an, TradisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk memeriksa dengan cermat fenomena living quran yang tengah berlangsung di Masjid Nurul Amin, Surabaya. Motivasi utama penelitian ini adalah pertumbuhan popularitas tradisi khataman Al-Qur’an yang semakin meriah di sekitar kita, khususnya di masjid tersebut. Fokus utama penelitian ini meliputi pemahaman mendalam tentang keutamaan khataman Al-Qur’an, praktek pelaksanaan khataman Al-Qur’an di Masjid Nurul Amin, serta nilai-nilai keagamaan yang terkait dengan tradisi tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mengintegrasikan penelitian lapangan dan penelitian pustaka (living quran). Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menerapkan berbagai teknik, termasuk wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menegaskan bahwa khataman Al-Qur’an dihargai karena memiliki potensi untuk mendapatkan pahala berlipat ganda dan syafaat. Oleh karena itu, Masjid Nurul Amin secara rutin menyelenggarakan khataman Al-Qur’an setiap Minggu terakhir dalam setiap bulannya. Melalui kegiatan khataman Al-Qur’an ini, masyarakat diberi kesempatan untuk terus membaca Al-Qur’an, memperkuat hubungan sosial antar jemaah, serta berkesempatan untuk bersedekah dalam bentuk makanan, minuman, dan uang.
Downloads
References
Al-Azizi, T. (2010). Sukses dan Bahagia dengan Surat Al-Insyira (Bersama Kesulitan Pasti Ada Kemudahan. Sakanta Publisher.
Al-Imam Abul Husain Muslim bin al-Hajjaj al-Qusyairi an-Naisaburi. (1993). Shahih Muslim (1st ed.). Darul Fikri.
Al-Maliki, M. A. (2001). Keistimewaan-Keistimewaan al-Qur’an (1st ed.). Mitra Pustaka.
Alvita Eka Rahmah, A. F. A. (2021). Pemaknaan Jamaah terhadap Khataman Al-Qur’an dalam Shalat Tarawih; Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Klinterejo-Mojokerto. Ilmu Al-Qur’an Dan Tafsir, 6(2), 254–272. https://doi.org/10.24090/maghza.v6i2.4575
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 21(1), 33–54. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Hajar, I. I. (2014). Sejarah Agama dalam al-Qur’an; Dari Sederhana Menuju Sempurna. Tsaqafah, 10(2), 393. https://doi.org/10.21111/tsaqafah.v10i2.194
Hasan, I. (2008). Analisis Data Penelitian dengan Statistik. Bumi Aksara.
Istiqomah, M. dan. (2017). Terapi Qur’ani bagi penyembuhan gangguan kejiwaan. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 8(1), 1. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/597166
K, A. (2019). Tradisi Khatam Qur’an sebagai Upaya Perwujudan Pendidikan KarekterIslami di Kota Ternate Maluku Utara. Foramadiahi: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Keislaman, 11(1), 34. https://doi.org/10.46339/foramadiahi.v11i1.146
Mashluchah, L. (2022). Penerapan Metode Bin-Nadlar dan Bil-Ghoib dalam Menghafal Al-Qur’an 30 Juz. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 7(1), 1–14.
Maskur, M. (2019). Seni Baca Al-Quran: Metode Efektif Dalam Pembelajaran Al-Quran Hadits. Quality, 7(2), 100. https://doi.org/10.21043/quality.v7i2.5783
Purwanto, T. (2016). Fenomena Living Al-Qur’an Dalam Perspektif Neal Robinson, Farid Esack Dan Abdullah Saeed. Mawa’Izh: Jurnal Dakwah Dan Pengembangan Sosial Kemanusiaan, 7(1), 103–124. https://doi.org/10.32923/maw.v7i1.607
Purwanto, T. (2020). Tafsir Atas Budaya Khatm Al-Qur’ān Di Pondok Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta. Ilmu Ushuluddin, 7(2), 171–184. https://doi.org/10.15408/iu.v7i2.15573
Rifa’i, M. (2018). Kajian Masyarakat Beragama Perspektif Pendekatan Sosiologis. Al-Tanzim : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 23–35. https://doi.org/10.33650/al-tanzim.v2i1.246
Suryabrata, S. (1998). Metodologi Peenelitian. Raja Grafindo Persada.
Syamsuddin, S. (2007). Metodologi Penelituan Living Qur’an. TH Press.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Lailatul Fitria, Moh. Zainal Abidin, Iksan Kamil Sahri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.