Literasi Digital Untuk Meningkatkan Minat Berwirausaha Generasi Z
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1596Keywords:
Literasi Digital, Minat Berwirausaha, Generasi ZAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan memahami peran literasi digital dalam meningkatkan minat berwirausaha Generasi Z. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literature Review). Metode ini dilakukan dengan cara mengindentifikasi, menganalisis, dan mengevaluasi semua penelitian yang ada. Paradigma pendidikan khusus menekankan keberagaman sesuai dengan karakteristik anak. Manfaat yang timbul dari penggunaan teknologi dalam pendidikan memungkinkan untuk dapat mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang sesuai dan menjadi ahli yang baik di bidang yang dipilih. Teknologi pendidikan memungkinkan siswa memperoleh keterampilan tersebut dan memperluas pengetahuan mereka melalui berbagai program yang tersedia secara online. Milenial dan Gen Z akan menjadi generasi yang paling menggerakkan perekonomian. Seiring dengan kemajuan teknologi yang semakin pesat, literasi digital menjadi salah satu keterampilan yang sangat dibutuhkan hampir di segala bidang, termasuk upaya membangun dan mengembangkan kewirausahaan di dunia digital.
Downloads
References
Agus Salim Lubis, Ricka Handayani. (2022). Generasi Z Dan Entrepreneurship Studi Teoretis Minat Generasi Z Dalam Berwirausaha. Bogor: PT Jawa Mediasindo Lestari
Agus Wibowo. (2011). Pendidikan Kewirausahaan Konsep dengan Strategi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Aris Slamet Widodo. (2012). Kewirusahaan. Yogyakarta: Jaring Inspiratif
Darroch, S., & Mazerolle, L. (2013). Intelligence-led policing: A comparative analysis of organizational factors influencing innovation uptake. Police Quarterly, 16(1), 3–37. https://doi.org/https://doi.org/10.1177/10986111124674
Dewi, N. S., & Juandi, D. (2023). Pengaruh Pendekatan Open-Ended Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis:Systematic Literature Review. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 6(3), 1135–1150. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i3.17338
Dinata Karsoni Berta. (2021). Analisis Kemampuan Literasi Digital Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 19(1), 105-119
Fatmawati, E., & Safitri, E. (2020). Kemampuan literasi informasi dan teknologi mahasiswa calon guru menghadapi pembelajaran di era revolusi industri 4.0. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 18(2), 214-224. http://dx.doi.org/10.31571/ edukasi.v18i2.1863.
Firmansyah deri,dede. (2022). Kinerja Kewirausahaan: Literasi Ekonomi, Literasi Digital dan Peran Mediasi Inovasi. Formosa Journal of Applied Sciences (FJAS), 1(5), 745-762
Gilster, P. (1997). Digital Literacy. In Wiley&Sons. Inc. New York: Wiley&Sons. Inc.
Ginting, Mbayak, and Eko Yuliawan. 2015. Kewirausahaan Untuk Generasi Z Pada Siswa Methodist Tanjung Morawa. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil 5 (1): 61–70. https://www.mikroskil.ac.id/ejurnal/index.php/jwem/article/view/226/149.
Hague, S., & Payton, S. (2011). Digital literacy across the curriculum. Curriculum & Leadership Journal, 9(10), 1-10.
Harding, D., Kadiyono, A. L., Hafiar, H., Ma'mun, T. N., Wibowo, H., Nugraha, Y., & Siswadi, A. G. P. (2020). Readiness of Technology Adaptation towards Digital-Based Entrepreneurship. International Journal of Entrepreneurship, 24(1), 1-5.
Hermawan Apidana Yordan. (2022). Pengaruh Literasi Digital, Internal Locus Of Control dan Dukungan Akademik Terhadap Niat Berwirausaha Mahasiswa di Kabupaten Banyumas. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 4(5)
Khodijah ishak,dkk. (2024). Pelatihan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Peluang Bisnis Generasi Z Di Era 5.0 Pada Siswa Ma Kecamatan Bengkalis. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, Vol. 1 No. 1: 1-6
Kotler,Philip, dan Gary Amstrong. 2012. Principles of Marketing,Global. 14th ed. pearson Education.
Kurnianingsih, I., Rosini, R., & Ismayati, N. (2017). Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Digital Bagi Tenaga Perpustakaan Sekolah dan Guru di Wilayah Jakarta Pusat Melalui Pelatihan Literasi Informasi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat (Indonesian Journal of Community Engagement). https://doi.org/10.22146/ jpkm.25370.
Lasti Yossi Hastini, dkk. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia?. Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA). 10 (1)
Lesinskis Kristaps,dkk. (2023) .Digital Transformation in Entrepreneurship Education: The Use of a Digital Tool KABADA and Entrepreneurial Intention of Generation Z. Sustainability, 15, 10135. https://doi.org/10.3390/su151310135
McClelland, David C. (1987). Characteristics of Succesful Entrepreneurs,’” The Journal of Creative Behavior
Mcmullan, R. W. E., & Kenworthy, T. P. (2016). Creativity and entrepreneurial performance (1st ed.). Springer. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-3-319-04726-3
Oluwakemi, O. T. (2019). Digital literacy and entrepreneurial returns among small business owners in Lagos State, Nigeria. Education & Science Journal of Policy Review and Curriculum Development, 9(2), 1–11.
Putri Ni Luh Wahyuni Widya. (2017). Pengaruh Pendidikan Kewirausahaan Terhadap Minat Mahasiswa Untuk Berwirausaha Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Pendidikan Ganesha. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 9 (1)
Rahmadi Afif Nur. (2016). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Berwirausaha Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kadiri. Jurnal Ekonomi Universitas Kadiri. 1 (2), 153 – 169
Rianto, P. (2016). Media Baru, Visi Khalayak Aktif dan Urgensi Literasi Media. Jurnal Komunikasi Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia, 1(2), 90–96
Salsabila, F. (2019). Pengaruh Literasi Ekonomi Dan Literasi Digital Terhadap Perilaku Berwirausaha Sektor Kuliner Yang Terdaftar Pada Aplikasi Go Food Di Pasar Segar Kota Makassar. Universitas Negeri Makassar.
Setyaningsih Rila,dkk. (2019). Model Penguatan Literasi Digital Melalui Pemanfaatan E-Learning. Jurnal ASPIKOM, 3 (6),1200-1214
Sukmawati Saleh, Munir Salham, dan Nurhayati Mansur. (2018). Harapan dan Tantangan Enterpreneur di Kota Palu,’” Jurnal Budaya Etnika Vol 2 No 1
Suryana. (2017). Kewirausahaan (Kiat dan Proses Menuju Sukses), 4 ed. Jakarta: Salemba Empat
Warsiati wiwi, Tiris Sudrartono, Ilan aliansi Zahra. (2021). Menumbuhkan Minat Usaha Melalui Afiliate Marketing Bagi Generasi Z Dalam Peningkatan Ekonomi Masyarakat. Penerbit PKN STAN Press.
Yadewani Dorris. (2017). Pengaruh E-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha (Studi Kasus : AMIK Jayanusa Padang). Jurnal Resti, 1 (1), 64 – 69
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Rike Wulandari, Afdal, Rezki Hariko
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.