Pengembangan Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Pendidikan Anak Usia Dini melalui Berkisah untuk Keterampilan Berpikir Kritis
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1677Keywords:
Pengembangan Nilai Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Anak Usia Dini, Berkisah, Keterampilan Berpikir KritisAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengentaskan permasalahan mendasar terkait dengan masih rendahnya pengetahuan dan pemahaman tentang konsep pengembangan Nilai Agama dan Budi Pekerti (NABP) sesuai dengan kisah-kisah dalam Al-Quran dan Hadits dan implementasinya sesuai dengan perkembangan belajar anak dan kebutuhan sesuai dengan zaman ini pada guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif yang menggambarkan proses pengembangan nilai agama dan budi pekerti melalui kegiatan berkisah dengan pendekatan berpikir kritis. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan pengembangan NABP melalui kegiatan berkisah dengan pendekatan keterampilan berpikir kritis.
Downloads
References
Abuddin Nata, Akhlak/Tasawuf, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1995) cet. I,
Dr Arwildayanto, MPd.dkk, Analsis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif dan Aplikatif hal. 77-97
Al-Attas, 2001, Prolegomena to The Metaphysics of Islam, Kuala Lumpur, ISTAC.
_______, 2003, Islam and Secularism, Kuala Lumpur, ISTAC.
Al-Hasyimi, 1419 H, Mukhtarul Ahaditsin An-Nabawiyyah, Darul Kitab Al-Islami, Surabaya, Maktabah Assyeh Muhammad bin Ahmad bin Nabhan.
HAMKA, 2017, Akhlaqul Karimah, Jakarta, Gema Insani.
Ellen Galinsky, Mind in the Making, Harpers Collins, USA, 2010
Sofyan Sauri, 2019, Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai, Refika Aditama, Bandung
__________, 2019, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Rizqi Press, Bandung
___________, 2021, Guru Profesional Abad 21, Mustika Ilmu, Bandung
___________, 2020, Kesantunan Berbahasa, Rizqi Press, Bandung
Wahbah az-Zuhaili, Tafsir al-Munir (terjemah) jilid 1 hal 116.
Taufiq Pasiak, Tuhan dalam Otak Manusia, Mizan Bandung
Saiful Anwar, Filsafat Ilmu Al-Ghazali,
Ibrahim bin Amir ar-Ruhaili, Al Hikmah
Yusuf Qardhawi, 1988, Al-Quran Berbicara tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan, Gema Insani Press, Jakarta
Wahyuni, Nani (2010). Definisi Perkembangan. Retrieved from
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/25/definisi-perkembangan/ on 10 January 2013
Dina Mardiani dkk. (2020) Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kurikulum 2013 Revisi. Jurnal Al-Misbah Jurnal Islamic Studies, Universitas Muhammadiyah Malang.
Elfridawati M. Dhuhani, dkk (2018) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 untuk Pembelajaran PAI pada SMA di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Al-Iltizam, IAIN Ambon
Ahmad Wahyu Hidayat, (2018) Pengembangan dan Implementasi Kurikulum PAI di SDN Demangan Yogyakarta, Tarbiyatuna
Aldo Redlo Syam, (2018) Guru dan Pengebangan kurikulum PAI di Era Industri 4.0, Tadris Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
TEORI MAQASHID AL-SYARI'AH DALAM HUKUM ISLAM Oleh: Ghofar Shidiq Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung, 2009
Rizka Harfiani yang berjudul “Pembelajaran Agama Islam Inklusif pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA An-Nahl, Jakarta) Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2020.
Wujiati “Model Pembelajaran Aktivitas Fisik (MPAF) Berbasis Critical Thinking Skills (CTS) untuk Anak Usia Dini” Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 2019.
Herina Yunita, Sri Martini Meilani dan Fahrurrozi, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik, Jurnal Observasi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta tahun 2019.
Tila Rahmasari, Adriyani Rahma Pudyaningtyas dan Novita Eka Nurjanah, “Profil Kemampuan Berpikir Kritis pada Anak Usia 5-6 Tahun,” yang diterbitkan pada jurnal Kumara Cendekia, Universitas Negeri Sebelas Maret Solo pada 2021.
Vivie Mariesca, Nur Laili, Novira Silmi dan Muchamad Irvan yang berjudul “Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Bedah Film,” yang disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan (Webinar) Kebijakan Pendidikan NonForal dan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, 2020.
PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INKLUSIF PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus: RA. An-Nahl, Jakarta) RIZKA HARFIANI NIM 201710520111001 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2020
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Zaidi, Sumarti
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.