Pengembangan Nilai Agama dan Budi Pekerti pada Pendidikan Anak Usia Dini melalui Berkisah untuk Keterampilan Berpikir Kritis

Authors

  • Zaidi Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Sumarti Universitas Indraprasta PGRI Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1677

Keywords:

Pengembangan Nilai Agama dan Budi Pekerti, Pendidikan Anak Usia Dini, Berkisah, Keterampilan Berpikir Kritis

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengentaskan permasalahan mendasar terkait dengan masih rendahnya pengetahuan dan pemahaman tentang konsep pengembangan Nilai Agama dan Budi Pekerti (NABP) sesuai dengan kisah-kisah dalam Al-Quran dan Hadits dan implementasinya sesuai dengan perkembangan belajar anak dan kebutuhan sesuai dengan zaman ini pada  guru dan orang tua. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif  yang menggambarkan proses pengembangan nilai agama dan budi pekerti melalui kegiatan berkisah dengan pendekatan berpikir kritis. Adapun tujuan penelitian ini adalah mengetahui kebutuhan pengembangan NABP melalui kegiatan berkisah dengan pendekatan  keterampilan berpikir kritis.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abuddin Nata, Akhlak/Tasawuf, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 1995) cet. I,

Dr Arwildayanto, MPd.dkk, Analsis Kebijakan Pendidikan Kajian Teoritis, Eksploratif dan Aplikatif hal. 77-97

Al-Attas, 2001, Prolegomena to The Metaphysics of Islam, Kuala Lumpur, ISTAC.

_______, 2003, Islam and Secularism, Kuala Lumpur, ISTAC.

Al-Hasyimi, 1419 H, Mukhtarul Ahaditsin An-Nabawiyyah, Darul Kitab Al-Islami, Surabaya, Maktabah Assyeh Muhammad bin Ahmad bin Nabhan.

HAMKA, 2017, Akhlaqul Karimah, Jakarta, Gema Insani.

Ellen Galinsky, Mind in the Making, Harpers Collins, USA, 2010

Sofyan Sauri, 2019, Manajemen Pendidikan Berbasis Nilai, Refika Aditama, Bandung

__________, 2019, Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam, Rizqi Press, Bandung

___________, 2021, Guru Profesional Abad 21, Mustika Ilmu, Bandung

___________, 2020, Kesantunan Berbahasa, Rizqi Press, Bandung

Wahbah az-Zuhaili, Tafsir al-Munir (terjemah) jilid 1 hal 116.

Taufiq Pasiak, Tuhan dalam Otak Manusia, Mizan Bandung

Saiful Anwar, Filsafat Ilmu Al-Ghazali,

Ibrahim bin Amir ar-Ruhaili, Al Hikmah

Yusuf Qardhawi, 1988, Al-Quran Berbicara tentang Akal dan Ilmu Pengetahuan, Gema Insani Press, Jakarta

Wahyuni, Nani (2010). Definisi Perkembangan. Retrieved from

http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/25/definisi-perkembangan/ on 10 January 2013

Dina Mardiani dkk. (2020) Pengembangan Perangkat Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Kurikulum 2013 Revisi. Jurnal Al-Misbah Jurnal Islamic Studies, Universitas Muhammadiyah Malang.

Elfridawati M. Dhuhani, dkk (2018) Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 untuk Pembelajaran PAI pada SMA di Kecamatan Salahutu, Kabupaten Maluku Tengah, Al-Iltizam, IAIN Ambon

Ahmad Wahyu Hidayat, (2018) Pengembangan dan Implementasi Kurikulum PAI di SDN Demangan Yogyakarta, Tarbiyatuna

Aldo Redlo Syam, (2018) Guru dan Pengebangan kurikulum PAI di Era Industri 4.0, Tadris Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

TEORI MAQASHID AL-SYARI'AH DALAM HUKUM ISLAM Oleh: Ghofar Shidiq Dosen Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sultan Agung, 2009

Rizka Harfiani yang berjudul “Pembelajaran Agama Islam Inklusif pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di RA An-Nahl, Jakarta) Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Malang tahun 2020.

Wujiati “Model Pembelajaran Aktivitas Fisik (MPAF) Berbasis Critical Thinking Skills (CTS) untuk Anak Usia Dini” Program Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 2019.

Herina Yunita, Sri Martini Meilani dan Fahrurrozi, “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis melalui Pendekatan Saintifik, Jurnal Observasi Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Jakarta tahun 2019.

Tila Rahmasari, Adriyani Rahma Pudyaningtyas dan Novita Eka Nurjanah, “Profil Kemampuan Berpikir Kritis pada Anak Usia 5-6 Tahun,” yang diterbitkan pada jurnal Kumara Cendekia, Universitas Negeri Sebelas Maret Solo pada 2021.

Vivie Mariesca, Nur Laili, Novira Silmi dan Muchamad Irvan yang berjudul “Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Anak Melalui Bedah Film,” yang disajikan dalam Seminar Nasional Pendidikan (Webinar) Kebijakan Pendidikan NonForal dan Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Negeri Malang, 2020.

PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM INKLUSIF PADA ANAK USIA DINI (Studi Kasus: RA. An-Nahl, Jakarta) RIZKA HARFIANI NIM 201710520111001 PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG 2020

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Zaidi, and Sumarti. 2024. “Pengembangan Nilai Agama Dan Budi Pekerti Pada Pendidikan Anak Usia Dini Melalui Berkisah Untuk Keterampilan Berpikir Kritis”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1092-98. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1677.

Issue

Section

Articles