PELAKSANAAN SUPERVISI AKADEMIK KEPALAMADRASAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA PENDIDIK DI MADRASAH ALIYAH WALISONGO

  • Wismoyo Sandi Nugroho UIN Raden Intan Lampung

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai pelaksanaan supervisi yang dilakukan oleh kepala madrasah salam rangka untuk meningkatkan kinerja pendidik di Madrasah Aliyah Walisongo. Hasil penelitian ini adalah Penerapan supervisi akademik kepala madrasah di dalam tahapan perencanaan sudah cukup baik. Hanya saja di dalam kegiatan pelaksanaanya maupun evaluasinya atau tindak lanjutnya belum dilakukan dengan baik dan maksimal. Maka dari itu, hendaknya ada kegiatan yang menuju kearah peningkatan dalam penerapan supervisi akademik kepala madrasahnya. Serta kinerja pengajaran bagi para pendidik hendaknya senantiasa di tingkatkan terus, yang dilakukan dengan terus berangsur angsur baik dalam perencanaan, pelaksanaan dan evaluasinya. Kepala madrasah hendaknya mempunyai pedoman diri yang kuat didalam menentukan segala keputusan dalam menghadapai permasalahan terkait pendidik guna memperbaiki kinerja dari pendidik supaya terjadi peningkatan. Kepala madrasah hendaknya lebih pilih pilih atau selektif dalam merekrut para dewan pendidik baru yang akan dipekerjakan. Dan pada seluruh komponen organisasi yang ada di madrasah baik itu staff karyawan dan para dewan pendidik bersama kepala madrasah hendaknya senantiasa bersama sama meningkatkan mutu madrasah agar tercapainya tujuan pendidikan yang telah di cita citakan bersama.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-04-01
How to Cite
Sandi Nugroho, Wismoyo. 2021. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 7 (1), 56-74. Accessed October 23, 2021. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i1.168.