EFEKTISVITAS PEMBELAJARAN DARING SAAT PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA BARU (STUDI KASUS DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH CIREBON)

  • Andi Ali Kisai Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Muhammad Azka Maulana Universitas Muhammadiyah Cirebon
  • Aip Syarifudin Universitas Muhammadiyah Cirebon

Abstract

ABSTRAK

Pembelajaran metode daring acapkali dianggap menyimpan segudang masalah. Sederet masalah dalam proses pembelajaran daring antara lain; Kurang fokus dan seriusnya mahasiswa saat berlangsung kegiatan belajar-mengajar, mahasiswa sering didapati sembari mengerjakan aktivitas lain, mahasiswa kurang memahami materi dikarenakan kurangnya jaringan sinyal, begitupun sebaliknya. Wabil khusus mata kuliah yang mengharuskan adanya praktikum mengalami kesulitan dalam proses pembelajaran via daring.  Disisi lain Perguruan Tinggi dituntut ‘memutarkan otak’ untuk tetap memberikan pembelajaran secara efektif ditengah pandemic Covid-19 ini. Riset ini akan mendeskripsikan fenomena pembelajaran daring dengan analisa mendalam mengenai efektifitas pembelajaran daring dengan lokus penelitian pada Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (PG PAUD) Angkatan TA 2020-2021 Universitas Muhammadiyah Cirebon (UMC). Riset ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan Teknik sampling jenuh (sensus) melalui sebaran kuisioner google form pada seluruh mahasiswa baru PG PAUD Angkatan TA 2020-2021. Didapati hasil penelitian bahwa proses kegiatan belajar-mengajar dengan metode daring di lokus penelitian bernilai efektif dengan beberapa catatan rekomendasi. Adanya benang merah catatan dan rekomendasi berdasarkan analisa secara holistik dan mendalam pada sejumlah pertanyaan-pertanyaan teknis sebagai turunan dari tema besar penelitian efektifitas pembelajaran daring. Walhasil terdapat simpulan diperlukan sebuah rolles yang dapat mengikat kedisiplinan kedua belah baik mahasiswa maupun dosen sebagai pengampu mata kuliah.

Kata Kunci : Pembelajaran Daring, Efektivitas, Covid-19

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-09-30
How to Cite
Kisai, Andi, Muhammad Azka Maulana, and Aip Syarifudin. 2021. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 7 (2), 295-310. Accessed December 3, 2021. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v7i2.193.