MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS DARING DI SMK AL-WASHLIYAH SUKRA INDRAMAYU

Authors

  • Yayah Khoeriyah Universitas Islam Negeri Sunan Gunungdjati Bandung
  • Andi Saefulloh Anwar Universitas Islam Negeri Sunan Gunungdjati Bandung
  • Muhibbin Syah Universitas Islam Negeri Sunan Gunungdjati Bandung
  • Muhammad Erihadiana Universitas Islam Negeri Sunan Gunungdjati Bandung

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.211

Keywords:

Manajemen, Penerimaan Peserta Didik Baru, Daring

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi dan mendeskripsikan tentang pelaksanaan manajemen penerimaan siswa baru berbasis daring. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data kualitatif model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Penerimaan Siswa Baru Berbasis Daring di SMKAl-Washliyah Sukra Kabupaten Indramayu yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan telah berjalan dengan baik sesuai denga fungsi-fungsi manajemen. Pertama, perencanaan melalui tahap persiapan mengadakan rapat untuk pembentukan panitia, pembagian tugas dan wewenang masing- masing panitia penerimaan siswa baru, untuk membahas pendaftran melalui aplikasi goolgeform, dan whatsapp. Kedua, Pengorganisasian adanya koordinasi antara kepala sekolah dan semua panitia penerimaan siswa baru yang telah ditentukan tugas masing- masing. Ketiga, pelaksanaan dalam pendaftaran siswa baru melalui aplikasi google forms untuk mengolah data siswa baru dan menyimpan mempunyai link yaitu https://ppdb.smkalwashliyah.sch.id, dan whatsapp dikirim ke pada nomor admin. Keempat, pengawasan yang dilakukan oleh dinas pendidikan, yayasan, dan kepala sekolah untuk melihat proses penerimaan siswa baru berlangsung. Kemudian melakukan evaluasi setelah proses awal pelaksanaan sampai selesai pelaksanaan penerimaan siswa baru.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-23

How to Cite

Khoeriyah, Yayah, Andi Saefulloh Anwar, Muhibbin Syah, and Muhammad Erihadiana. 2022. “MANAJEMEN PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU BERBASIS DARING DI SMK AL-WASHLIYAH SUKRA INDRAMAYU”. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (1):168-85. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.211.