PENINGKATAN KOMPETENSI PUBLIKASI ILMIAH MELALUI IN HOUSE TRAINING DAN PENDAMPINGAN KEPALA MADRASAH PADA GURU MAN KOTA TEGAL

Authors

  • Tobari Tobari Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.232

Keywords:

Keywords: In House Training, Improvement, Scientific Publication

Abstract

Rendahnya publikasi ilmiah yang dihasilkan oleh guru ini merupakan tantangan bagi kita semua agar lebih ditingkatkan lagi. Keadaan seperti ini tidak ungkin kita biarkan saja, kita harus mengambil langkah-langkah nyata yang dapat meningkatkan karya ilmiah dan atau publikasi ilmiah guru. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) yang bertujuan untuk meningkatkan Kompetensi Publikasi Ilmiah guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan model Kemmis yang terdiri atas empat langkah, yakni : perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Model ini dipilih karena dalam mengajarkan menulis naskah pidato diawali dengan perencanaan, pelaksanaan, abservasi dan repleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan langkah-langkah setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan repleksi. Sumber data dalam penelitian ini adalah semua guru Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal serta lingkungan yang mendukung pelaksanaan kegiatan penelitian Tindakan madrasah ini. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi Peningkatan Kompetensi guru berkaitan dengan Publikasi Ilmiah Melalui In House Training dan Pendampingan Kepala Madrasah Pada Guru MAN Kota Tegal, hal ini terlihat pada jumlah karya ilmiah dan atau publikasi ilmiah yang telah berhasil ditulis.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-03-23

How to Cite

Tobari, Tobari. 2022. “PENINGKATAN KOMPETENSI PUBLIKASI ILMIAH MELALUI IN HOUSE TRAINING DAN PENDAMPINGAN KEPALA MADRASAH PADA GURU MAN KOTA TEGAL”. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (1):52-62. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i1.232.