MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI TEKNIK OBSERVASI KELAS

Authors

  • Henny Yusnita SDN 19 Sebambang-Kabupaten Sambas

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.274

Keywords:

meningkatkan, kinerja guru, supervisi, observasi kelas

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang meningkatkan kinerja guru melalui supervisi teknik observasi kelas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang supervisi observasi kelas  dapat meningkatkan kinerja guru dalam proses belajar mengajar. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Negeri 19 Sebambang  Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas. Guru merupakan salah satu komponen utama dalam proses pendidikan. Dalam proses pendidikan di sekolah, guru memegang tugas ganda yaitu sebagai pengajar dan pendidik. Sebagai pengajar guru bertugas menuangkan sejumlah bahan pelajaran ke dalam otak anak didik, sedangkan sebagai pendidik guru bertugas membimbing dan membina anak didik agar menjadi manusia susila yang cakap, aktif, kreatif, dan mandiri. Oleh sebab itu, tugas yang berat dari seorang guru ini pada dasarnya hanya dapat dilaksanakan oleh guru yang memiliki kompetensi profesional yang tinggi. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian tindakan sekolah atau PTS memiliki peranan yang sangat penting dan strategis untuk meningkatkan kinerja guru. Hasil kajian ini menunjukan bahwa Peningkatan kinerja guru oleh kepala sekolah melalui supervisi observasi kelas menunjukan peningkatan pada tiap-tiap putarannya. Aktivitas guru menunjukan bahwa kegiatan pembinaan melalui supervisi observasi kelas bermanfaat dan dapat membantu meningkatkan  kinerja guru,  untuk lebih muda memahami konsep peran dan fungsi guru sehingga kinerja guru dapat meningkat, dengan demikian capaian mutu sekolah dapat ditingkatkan.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-03

How to Cite

Henny Yusnita. 2022. “MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI SUPERVISI TEKNIK OBSERVASI KELAS”. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (2):617-33. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.274.