SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU

Authors

  • Mimi Mariani SDN 7 Pendawan, Kabupaten Sambas

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.275

Abstract

Artikel ini mengkaji tentang supervisi edukatif koloboratif dalam meningkatkan kinerja guru. Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam mensupervisi tenaga pendidik yang ada di sekolah. Kepala sekolah merupakan salah satu komponen pendidikan yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan kinerja guru. Kepala sekolah bertanggung jawab atas penyelenggaraan pendidikan, administrasi sekolah, pembinaan tenaga kerja, serta pemeliharaan sarana dan prasarana. Dalam fungsinya sebagai penggerak para guru, kepala sekolah juga harus mampu menggerakkan para guru agar kinerjanya menjadi meningkat karena guru merupakan ujung tombak dalam mewujudkan manusia yang berkualitas. Guru akan bekerja secara maksimum apabila di dukung oleh beberapa factor di antaranya adalah kemampuan kepala sekolah sebagai supervisor. Hal ini menunjukan betapa pentingnya peran kepala sekolah sebagai supervisor untuk melakukan supervisi akademik terhadap guru sebagai bentuk usaha untuk meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah. Hasil kajian ini menunjukan bahwa  Peningkatan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran, (2) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan pembelajaran, (3) Peningkatan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar, (4) Peningkatan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-03

How to Cite

Mimi Mariani. 2022. “SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU”. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (2):634-49. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.275.