MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK

Authors

  • Amelia SD Negeri 8 Kartiasa,Kabupaten Sambas

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.278

Abstract

Kepala Sekolah sebagai seorang pemimpin pada suatu lembaga pendidikan harus mampu mengatur semua hal yang terkait dengan pencapaian visi dan misi lembaga yang telah direncanakan. Kemampuan yang menjadi prasarat pengembangan lembaga diantaranya melalui inovasi metode dan alat sesuai dengan sifat bidang kerjanya. Kebutuhan inovatif ini diperlukan dalam rangka mengembangkan kerjasama yang memungkinkan tujuan tercapai secara efektif. Dengan kata lain setiap petugas pendidikan di lingkungan lembaga pendidikannya tidak saja akan terlibat dalam kegiatan kependidikan  secara profesional, tetapi akan terlibat juga dalam kegiatan administrasi yang mengharuskan mereka memiliki pengetahuan, keterampilan, keahlian, dan penerimaan dalam menyusun perencanaan, melakukan pengorganisasian, pemberian bimbingan, dan koordinasi. Bentuk pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan kepala sekolah di awali dengan kegiatan perencanaan supervisi akademik sudah berjalan cukup baik dimulai dari pembuatan program supervisi, jadwal supervisi, dan penyetujuan program oleh pengawas gugus. Pelaksanaan observasi dilakukan oleh kepala sekolah dan dibantu oleh tim pengawas yang dipilih khusus untuk membantu kepala sekolah dalam mengawasi atau menilai guru, dengan cara mengamati dan menilai perilaku guru menggunakan format instrument observasi yang telah dipersiapkan, dan selanjutnya kegiatan Evaluasi supervisi akademik sudah berjalan dengan baik. Evaluasi menjadi serangkaian prosedur untuk menilai secara keseluruhan terhadap pencapaian tujuan. Supervisi akademik pada evaluasi meliputi pembimbingan, pengarahan, dan melakukan pembinaan oleh kepala sekolah SDN 08 Kartiasa kepada guru-guru. Terdapat peningkatan kemampuan guru dalam memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar melalui supervise akademik di SD Negeri 8 Kartiasa Hal ini sudah sesuai dengan kriteria keberhasilan yang ditetapkan. Secara rinci perolehan nilai rata-rata peningkatan kemampuan guru memanfaatkan lingkungan sekolah sebagai sumber belajar yaitu nilai rata-rata observasi hasil kegiatan diskusi 79,76 di siklus I menjadi 84,15 di siklus II ada peningkatan 4,39. Kegiatan penyusunan rencana pelaksaan pembelajaran nilai rata-rata 81,47 di siklus I menjadi 87,72 di siklus II ada peningkatan 6,25.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-03

How to Cite

Amelia. 2022. “MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR DENGAN MEMANFAATKAN LINGKUNGAN SEKOLAH SEBAGAI SUMBER BELAJAR MELALUI SUPERVISI AKADEMIK”. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (2):663-79. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.278.