KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: KURIKULUM DAN PENDEKATAN HUMANISTIK DI ERA DIGITAL

Authors

  • Fahmi Khumaini Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri
  • Farida Isroani Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Indonesia
  • Roudlotun Ni’mah Universitas Nahdlatul Ulama Sunan Giri Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.291

Keywords:

Curriculum, Humanistic Approach, Digital Age

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengembangan kebijakan kurikulum pendidikan Islam berdasarkan pendekatan kurikulum dan humanistik yang terjadi pada era digital sekarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi pustaka. Hasil penelitian menunjukan bahwa tujuan pendidikan Islam jika ditelaah secara kritis adalah berusaha untuk menciptakan kebahagiaan di dunia dan di akhirat, melayani kebutuhan umat Islam, menjaga keutuhan umat Islam dan menanamkan moralitas dan sebagainya. Jelas bahwa rumusan tujuan pendidikan Islam masih bersifat umum dan tidak sesuai dengan realitas masyarakat dan perkembangan zaman. Di era globalisasi saat ini, tujuan pendidikan harus direorientasi. Memperjelas orientasi ini tidak berarti menghilangkan semangat tujuan pendidikan Islam yang semula diidealkan. Untuk itu, tujuan pendidikan dan kurikulum harus diarahkan menjadi satu kesatuan yang utuh untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan. Bagian penting dari sistem kurikulum adalah perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-08-03

How to Cite

Fahmi Khumaini, Farida Isroani, and Roudlotun Ni’mah. 2022. “KEBIJAKAN PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM: KURIKULUM DAN PENDEKATAN HUMANISTIK DI ERA DIGITAL”. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (2):680-92. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i2.291.