PENERAPAN METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN

Authors

  • Devy Habibi Muhammad STAI Muhammadiyah Probolinggo
  • Reza Hilmy Luayyin Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Kota Probolinggo
  • Ummul Karimah Sekolah Tinggi Agama Islam Muhammadiyah Kota Probolinggo

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.300

Keywords:

metode Qur’ani Sidogiri, baca tulis Al-Qur’an, dan kemampuan siswa.

Abstract

Tujuan penelitian ini agar anak-anak mampu menunjukkan perkembangannya dalam kemampuan baca tulis Al-Qur’an melalui metode Qur’ani Sidogiri. Membaca sendiri merupakan suatu aktivitas yang sangat penting bahkan dianjurkan bagi seluruh umat islam. Dengan membaca kita akan mengetahui banyak ilmu pengetahuan ataupun berbagai macam informasi. Sama halnya dengan membaca kitab umat islam Al-Qur’an yang mana mampu membentuk langkah awal untuk mengenal dan memahami makna serta kandungan Al-Qur’an itu sendiri sehingga Al-Qur’an akan menjadi petunjuk untuk mencapai kesejahteraan umat manusia. Dalam membaca Al-Qur’an tentu harus dengan benar dan tepat, baik dari segi tajwid maupun makhrajnya. Penelitian yang dilakukan kali ini menggunakan metode PTK (Classroom Action Research). Dalam pengumpulan data penulis menerapkan beberapa teknik yaitu melakukan observasi, memberikan tes, serta dokumentasi. Setelah data yang dibutuhkan terpenuhi lalu penulis menganalisis data-data yang terkumpul. Dari hasil penelitian menunjukkan hasil yang baik dan diserap dengan baik, dibuktikan dengan adanya peningkatan hasil prosentase ketuntasan di setiap tahapan siklusnya yaitu Pra-siklus ada 2 santri 13,3%, siklus I ada 6 santri 40%, dan siklus II ada 15 santri 99,9%.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-10-03

How to Cite

Muhammad, Devy Habibi, Reza Hilmy Luayyin, and Ummul Karimah. 2022. “PENERAPAN METODE QUR’ANI SIDOGIRI DALAM MENINGKATKAN BACA TULIS AL-QUR’AN”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (3):915-30. https://doi.org/10.31943/jurnalrisalah.v8i3.300.