Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dengan Model CIPP Mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Authors

  • Juliastuti Universitas Cendekia Abditama
  • Nurul Anriani Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.372

Keywords:

Evaluasi Program, PPL, Model CIPP

Abstract

Tujuan Evaluasi Program ini adalah untuk mengevaluasi pelaksanaan praktik pengalaman lapangan (PPL) mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Prodi Pendidikan Islam Anak Usia Dini  (PIAUD) Universitas Cendekia Abditama. Evaluasi program ini menggunakan  model  CIPP (Context, Input, Process and Product). Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Pengumpulan data melalui metode wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) Pelaksanaan program (PPL) berjalan dengan lancar dan kondusif sesuai dengan kalender akademik telah ditentukan, 2) Organisasi penyelenggara PPL baik penasehat, panitia, maupun dosen pembimbing bekerja sesuai dengan tugasnya masing-masing, 3) pelaksanaan program PPL tidak ada hambatan yang berarti, namun untuk  ke depannya perlu adanya pertimbangan untuk memperpanjang waktu pelaksanaan program PPL, 4) Visi dan tujuan untuk menghasilkan sosok guru islami yang kreatif dan berkarakter telah tercermin dalam pelaksanaan program PPL 5) hasil penilaian keterampilan mengajar dinilai oleh guru pamong rata-rata 79,85 berada pada kategori B ( baik). Sedangkan hasil penilaian dari dosen pembimbing rata-rata 82,26 pada katagori A (sangat baik). Dan hasil penilaian keterampilan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) diperoleh  dari guru pamong rata-rata 78,65 pada kategori B (baik). Dan hasil penilaian dari  dosen pembimbing rata-rata 82,35 pada kategori A (sangat baik).

 

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abshor. (2020). Evaluasi Program Visiting Teacher Pendidikan.

Adi, I. P. (2015). Sistem Evaluasi Dan Kesiapan Pelaksanaan .

Aminah, S. &. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II Program Studi Manajemen Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Tahun 2017-2018.

Arikunto, S. (2018). Evaluasi Program Pendidikan.Jakarta: Bumi Aksara.

Aryanti, T., Supriyono, S., & Ishaq, I. (2018). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan. Jurnal Pendidikan Nonformal, 10(1), 1-13. (2020).

D Ziliwu, d. (2022). Evaluasi Program Pengembangan Instrumen Praktek Pengalaman Lapangan.

Rusmayani, R. (2019). Evaluasi Efektifitas Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (Ppl) Mahasiswa Stai Denpasar Bali Tahun 2018.

Sari, D. R. (2020). Evaluasi Program Pendidikan Dan Pelatihan Manajemen .

Wirawan. (2016). Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.

Published

2022-12-02

How to Cite

Juliastuti, and Nurul Anriani. 2022. “Evaluasi Program Pelaksanaan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dengan Model CIPP Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1328-44. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.372.