Peningkatan Kapasitas Ibu dengan Kondisi Marginal Pendidikan dalam Upaya Mendidik Generasi Alpha di Era Modernitas Informasi

Authors

  • Siti Aisah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Azwar Anas Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Gugun Gunawan Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Vonika Lestari Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.398

Keywords:

Kapasitas Ibu, Kondisi Marginal, Generasi Aplha, Generasi Alpha

Abstract

Generasi alpha adalah generasi digital native. Di usianya yang dini mereka sudah mengenal berbagai kecanggihan digital. Berdasar data BPS, anak Indonesia usia 5 tahun ke atas sudah mengakses internet  untuk tujuan media sosial dan hiburan.  Karakteristik generasi ini menjadi tantangan yang tidak mudah bagi para orang tua dalam mendidiknya.  Namun penggunaan internet secara terus menerus memberi efek negatif pada anak. Pengasuhan positif akan berdampak baik pada perkembangan kognitif, moral dan agama, sosial dan emosional, serta bahasa anak. Mitra program pengabdian kepada masyarakat (PkM) adalah ibu-ibu di Desa Bantarsari yang tingkat pendidikannya masih rendah. Hal ini menyebabkan rendah pula kesadaran akan pentingnya pola asuh yang baik serta pendampingan pendidikan anak di masa tumbuh kembangnya. Selain itu sekolah belum bersinergi dengan orang tua membuat program parenting. Kegiatan seminar parenting ini mendapat apresiasi yang sangat positif baik dari pihak sekolah maupun orang tua sebagai mitra sasaran PkM. Pihak sekolah menghendaki kegiatan ini dilakukan secara berkala  karena kegiatan ini mendapat respon baik dari orang tua. Testimoni dari peserta seminar disampaikan kepada guru, bahwa mereka sudah mulai mempraktekan ilmu yang didapatkan dari seminar parenting.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Flora Grace P., Astuti W., Katarina June F., & Abdul Z., (2021, Agustus). Prosiding Seminar:”Sosialisasi Cyberbullying pada Anak”.

Kurniawan, Y., & Tri,T. (2011). Character Building Membangun Karakter Menjadi Pemimpin. Jakarta: SAI Publishing.

Setianingsih, Amila W., & Firiana N. (2018). Vol. XVI No. 2 GASTER “Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Prasekolah Dapat Meningkatan Resiko Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas”.

Smith, Krisna Y. (2019) Dissertation, “The Impact of Parental Involvement on Student Achievement”. University of Southern California,.

https://tekno.kompas.com/read/2022/06/10/19350007/pengguna-internet-di-indonesia-tembus-210-juta-pada-2022 diakses 10 September 2022.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/24/bps-8899-anak-5-tahun-ke-atas-mengakses-internet-untuk-media-sosial diakses 10 September 2022.

Published

2022-12-19

How to Cite

Siti Aisah, Azwar Anas, Gugun Gunawan, and Vonika Lestari. 2022. “Peningkatan Kapasitas Ibu Dengan Kondisi Marginal Pendidikan Dalam Upaya Mendidik Generasi Alpha Di Era Modernitas Informasi”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 8 (4):1486-98. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v8i4.398.