Konsep Kecerdasan Spiritual pada Anak Usia Sekolah Dasar

Authors

  • Assya Syahnaz Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Febri Widiandari Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Nailurrohmah Khoiri Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.493

Keywords:

Konsep, Kecerdasan Spiritual, Anak Usia Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana konsep kecerdasan spiritual pada anak usia sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kepustakaan dimana segala sumber baik primer maupun sekunder semuanya berasal dari literatur-literatur baik yang bersumber dari buku maupun jurnal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan spiritual merupakan landasan dalam mengoptimalkan kecerdasan intelektual dan kecerdasan emosional. Pada usia anak sekolah dasar perkembangan spiritual mereka meliputi orientasi egosentris, eksperimentasi, kurang mendalam, dan pelaksanaan keagamaan berdasarkan pada pengalaman dan tuntunan yang telah diajarkan. Lebih jelasnya fase perkembangan spiritual pada anak usia sekolah dasar ialah, tahapan The fairy tale stage (tingkat dongeng), ini berlangsung sampai usia 7 tahun, kemudian pada usia selanjutnya anak sudah memasuki pada fase The realistic stage (tingkat kenyataan). The individual stage (tingkat individu).  Kecerdasan spiritual pada anak usia sekolah dasar dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal, internal berupa fitrah manusia dalam beragama, sedangkan eksternla ialah pengajaran-pengajaran yang didapatkan dari luar, baik dari lingkungan keluarga, sekolah, maupun masyarakat.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agus, Zulkifli. 2019. “Peranan Orang Tua Dalam Membina Kecerdasan Spiritual Anak Dalam Keluarga.” Raudhah: Jurnal Tarbiyah Islamiyah 4 No. 2.

Amruddin, Priyanda Roni, Tri Siwi Agustina, and Nyoman Sri Ariantini. 2022. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradini Pustaka.

Anon. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ariyadi, Samsul. 2021. Resepsi Al-Qur’an Dan Bentuk Spiritualitas Jawa Modren: Kajian Praktik Mujahadah Dan Semaan Al-Qur’an Mantab Purbojati Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Serang: Penerbit A-Empat.

Asteria, Prima Vidya. 2014. Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Membaca Sastra. Malang: Universitas Brawijaya Press (UB Press).

Bambang Samsul Arifin. 2008. Psikologi Agama. Bandung: CV. Pustaka Setia.

Busthomi, Yazidul, Syamsul A’dlom, and Rudy Catur Rohman Kusmayadi. 2020. “Pendidikan Kecerdasan Spiritual Dalam Al-Qur’an Surat Al-Luqman.” SALIMIYA: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam 1(2).

Damayanti, Ulfi Fitri &. Solihin. 2019. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pembelajaran Dengan Penerapan Nilai Agama, Kognitif, Dan Sosial-Emosional: Studi Deskriptif Penelitian Di Raudhatul Athfal Al-Ihsan Cibubur Hilir.” Syifa Al-Qulub 2 No. 2.

Darmadi. 2018. Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Dalam Cakrawala Pendidikan Islam. Lampung: Guepedia.

Depdiknas, Badan Penelitian dan Pengembangan. 2003. “Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.”

Diah Maulidiyah, Didik Himmawan, Ibnu Rusydi, & Ahmad Khotibul Umam. (2021). Peningkatan nilai spiritual anak melalui mengaji sore di desa totoran kecamatan pasekan kabupaten indramayu. Journal Islamic Pedagogia, 1(2), 19–24. https://doi.org/10.31943/pedagogia.v1i2.37

Fauziah, Irma. 2021. “Penguatan Kecerdasan Spiritual Peserta Didik Melalui Pembelajaran Alquran Hadits Di Madrasah Ibtidaiyah.” Jurnal Ilmiah Innovative 8(1):1–18.

Fitria. 2020. Konsep Kecerdasan Spiritual Dan Emosional Dalam Membentuk Budi Pekerti (Akhlak). Pekanbaru: Guepedia.

Ginanjar, Ary Agustian. 2004. Rahasia Sukses Membbangkitkan ESQ Power. Jakarta: Arga.

Hafidz, Nur, Kasmiati Kasmiati, and Raden Rachmy Diana. 2022. “Pembiasaan Nilai-Nilai Keagamaan Dalam Mengasah Kecerdasan Spiritual Anak.” Aulad: Journal on Early Childhood 5(1):182–92. doi: 10.31004/aulad.v5i1.310.

Harlina, Dewi, and Suswati Hendriani. 2022. “Penguatan Kecerdasan Spritual Peserta Didik Remaja Melalui Tilawah Al Qur’an: Studi Kasus Program One Day One Juz (ODOJ) Star.” 7(3):52–57. doi: https://doi.org/10.0503/wp.v7i3.195.

Herawati, Dkk. 2021. “Perekembangan Jiwa Agama Pada Anak-Anak.” Journal of Education Science (JES) 2 No. 7.

Irawan, Vaesol Wahyu Eka. 2019. “Peranan Kecerdasan Spiritual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa.” Munaqasyah Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran 1(1):33–47.

Lestari, Rani, and Suyadi. 2021. “High Order Thinking Skills (Hots) Dalam Pendidikan Agama Islam Berbasis Neurosains.” Tadrib 7(1):61–70.

Lubis, Rahmat Rifai. 2018. “Optimalisasi Kecerdasan Spiritual Anak (Studi Pemikiran Nasih ‘Ulwān Dalam Kitab Tarbiyatul Aulād).” Al-Fatih: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman I(1):1–18.

Maidiantius Tanyid. 2014. “Etika Dalam Pendidikan: Kajian EtisTentang Krisis Moral Berdampak Pada Pendidikan.” Jurnal Jaffray 12(2):235–50.

Mud’is, Hasan, Desti Azania, and Naan. 2023. “Kecerdasan Spiritual Bagi Kesehatan Otak (Studi Kasus Pada Mahasiswa Tasawuf Dan Psikoterapi Fakultas Ushuluddin Uin Sunan Gunung Djati Bandung.” HUMANISTIKA : Jurnal Keislaman 9(1). doi: https://doi.org/10.55210/humanistika.v9i1.915.

Mukhtazar. 2020. Prosedur Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Absolute Media.

Musripah. 2022. Konsep Kesehatan Mental Zakiah Dradjat Relevansinya Dengan Kecerdasan Emosional Dan Spiritual. Pekalongan: PT Nasya Expanding Managenet.

Nur Hotimah, Yanto. 2019. “Peran Orang Tua Dalam Menngkatkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini.” Indonesian Journal of Learning Education an Counseling (1 No. 2).

Nurfianti, Dkk. 2020. “Hubungan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kecerdasan Spiritual Anak Di Desa Toaya Kecamatan Sindue Kabupaten Donggala.” Nopakabelo: Jurnal Bimbingan Konseling Islam 1 No. 1.

Pakpahan, Dedek Pranto. 2021. Kecerdasan Spiritual (SQ) Dan Kecerdasan Intelektual (IQ) Dalam Moralitas Remaja Berpacaran Upaya Mewujudkan Manusia Yang Seutuhnya. Malang: CV. Multimedia Edukasi.

Permadi, Komang Satya, Putu Yulia Angga Dewi, Ketut Bali Sastrawan, and Kadek Hengki Primayana. 2020. “Pengembangan Kecerdasan Spiritual Anak Sekolah Dasar.” Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar 1(2):179. doi: 10.55115/edukasi.v1i2.923.

Rahmat Arriadillah, Dkk. 2021. “Peningkatan Kecerdasan Spiritual Siswa Melalui Program Keberagamaan Di MI Jam’iyyatul Khair Ciputat Timur.” Tarbawi: Jurnal Pendidikan Agama Islam 06 No. 1.

Sari, Nove Kurniati. 2020. “Dinamika Perkembangan Spiritualitas Dan Relevansinya Terhadap Pendidikan Islam.” Tadrib: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam 8 No. 1.

Sefrina, Andin. 2013. Deteksi Minat Bakat Anak. Yogyakarta: Media Pressindo.

Sofiyah, Siti. 2019. “Kecerdasan Spiritual Anak: Dimensi, Urgensi Dan Edukasi.” El-Banat: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam 9 No. 2.

Tasmara, Toto. 2001. Kecerdasan Ruhiah (Transdental Intelegensi: Membentuk Kepribadian Yang Bertanggung Jawab, Professional Dan Berakhlak). Jakarta: Gema Insani Press.

Umiarso, abd. wahab &. 2016. Kepemimpinan Pendidikan Dan Kecerdasan Spiritual. Yogyakarta: Ar-Ruzz Meia.

Utama, F. 2018. “ESQ Way 165: Alternatif Metode Pengembangan Kecerdasan Emosi Dan Spiritual Anak.” JECCE (Journal of Early Childhood Care and Education) 1(1):7–12.

Wahyuna, A. H., and M. T. Chaer. 2020. “Telaah Konsep Kecerdasan Spiritual Anak Jalaluddin Rahmat.” SELING: Jurnal Program Studi PGRA 6(1):1–9.

Yuliatun. 2018. “Mengembangkan Kecerdasan Spiritual Anak Melalui Pendidikan Agama.” ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal 1(1):153. doi: 10.21043/thufula.v1i1.4251.

Yulis, Rama. 2011. Psikologi Agama. Jakarta: Radar Jaya.

Zohar, Danah, and Ian Marshall. 2007. SQ; Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan.

Published

2023-06-28

How to Cite

Assya Syahnaz, Febri Widiandari, and Nailurrohmah Khoiri. 2023. “Konsep Kecerdasan Spiritual Pada Anak Usia Sekolah Dasar”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (2):868-79. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i2.493.

Issue

Section

Articles