Pengembangan Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Agama Islam (Cooperative Learning)

Authors

  • Siti Badrotil Khasanah Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.530

Keywords:

Metode, PAI, Cooperative Learning

Abstract

Metode cooperative learning dapat memotivasi peserta didik untuk berfikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengembangan metode pembelajaran dalam pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil dari penelitian ini adalah metode cooperative learning dapat memotivasi peserta didik untuk berfikir kritis sekaligus dialogis, kreatif dan interaktif yakni pengajuan masalah-masalah yang dituangkan dalam bentuk pertanyaan. Permasalahan dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan tersebut kemudian diupayakan untuk dicari jawabannya baik secara individu maupun bersama kelompok. Metode cooperative learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam adalah cara menyajikan pembelajaran dengan belajar bersama berbentuk kelompok kecil yang terstruktur di dalamnya peserta didik melakukan aktivitas belajar saling membantu guna meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotorik dalam memahami materi pelajaran dan memecahkan masalah secara kolektif sesuai dengan indikator pembelajaran PAI yang telah ditetapkan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, Mohammad. 2002. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: CV Sinar Baru Algen Sindo.

Amiruddin. 2016. Perencanaan Pembelajaran Konsep Dan Implementasi. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Anam, Hoirul, and Zulkipli Lessy. 2022. “Konsep Pemikiran Ibnu Miskuwaihi Tentang Pendidikan Akhlak Dan Relevansinya Dengan Dunia Pendidikan Islam Di Masa Modern.” F O N D A T I A Jurnal Pendidikan Dasar 6:955–71. doi: p-ISSN : 2656-5390 e-ISSN : 2579-6194 Terindeks : SINTA 5, DOAJ, Crossref, Garuda, Moraref, Google Scholar, dan lain-lain. https://doi.org/10.36088/fondatia.v6i4.2327.

Armai, Arief. 2002. Pengantar Ilmu Dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pers.

Dkk, Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Dkk, Afandi. 2013. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: Unissula Pres.

Ginting, Abdurrahman. 2014. Esensi Praktis Belajar Pembelajaran. Bandung: Humaniora.

Hamdayama. 2016. Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamdayana. 2016. Metodologi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, Hamdani. 2013. Pengembangan Sistem Pendidikan Di Indonesia. Bandung: Pustaka Seria.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: AlFabetha.

Nurhadi. 2004. Kurikulum 2004: Pertanyaan Dan Jawaban. Jakarta: Grasindo.

Sani, Ridwan Abdullah. 2013. Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. 2016. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Cet.12. Jakarta: Prenada Media.

Solihatin, Etin. 2007. Cooperative Learning Analisis Pembelajaran Ips. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Supriyono, Agus. 2009. Jenis-Jenis Model Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Wena. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, Moh. 2010. Manajemen Kurikulum Pendidikan. Yogyakarta: Diva press.

Published

2023-03-31

How to Cite

Siti Badrotil Khasanah. 2023. “Pengembangan Metode Pembelajaran Dalam Pendidikan Agama Islam (Cooperative Learning)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (1):422-30. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i1.530.

Issue

Section

Articles