Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Berbasis Multiple Intelegence Di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.547Keywords:
Implementasi, Pembelajaran PAI, Multiple IntelegenceAbstract
Dalam penelitian ini, peneliti ingin memfokuskan terhadap guru tentang persiapan menggunakan metode saintifik berbasis multiple intelegence pada mata pelajaran PAI, pelaksanaan metode saintifik, serta evaluasi pembelajaran metode saintifik. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, disebut juga dengan metode naturalistik karena penelitiannya yang ilmiah. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini adalah sebelum menyampaikan materi, langkah awal guru menyiapkan rancangan pembelajaran dan mengkaji karakter siswa yang akan diampunya. Tahap selanjutnya adalah pelaksanaan, guru mengulas pembelajaran yang telah dibahas pada pertemuan sebelumnya bertujuan untuk mengaitkan kembali materi yang dibahas. Langkah selanjutnya guru menyampaikan materi pembelajaran yang telah dipersiapkan. Tahap yang terakhir penilaian, dalam hal ini tidak hanya menilai dalam materi pembelajaran tetapi siswa juga dinilai dari keaktifan di luar pelajaran.
Downloads
References
A. Pribadi, B. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Penerbit Dian Rakyat.
Anas, Z., & Akhmad, S. (2014). Hitam Putih Kurikulum 2013. AMP Press dan Pustaka Bina Putera.
Anwar, S. (2014). Desain Pendidikan Agama Islam Konsepsi dan Aplikasinya dalam Pembelajaran di Sekolah. (cet 1). CV Idea Sejahtera.
Azra, A. (1999). Pendidikan Islam Tradisi dan Moderasi menuju Milenium Baru (C. I (ed.)). PT. Logos Wacana Ilmu.
Ediana Latip, A. (2018). Evaluasi Pembelajaran di SD dan MI Perencanaan dan Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Autentik (cet 1). PT Remaja Rosda Karya.
Hafid, M. (2022). Optimalisasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Melalui Metode Pembelajaran Bertukar Pasangan (Pair -Substitution) pada Siswa Kelas VI UPTD SD Negeri 50 Parepare. Jurnal Pendidikan BUM, 08(01), 1639.
Halim, A. (2021). PENDEKATAN SAINTIFIK KURIKULUM 2013. JURNAL ILMU PENDIDIKAN ISLAM, 19(2), 219–236.
Hamruni. (2009). Strategi dan Model-model Pembelajaran Aktif Menyenangkan. Fakultas Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga.
Haudi. (2021). Strategi Pembelajaran (H. Wijoyo (ed.); cet 1). CV Insan Cendekia Mandiri. https://doi.org/10.33477/bs.v2i2.376
Krismoniansyah, R., Hamengkubuwono, & Sutarto. (2021). Analisis Pendekatan Saintifik Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Muaddib: Islamic Education Journal, 4(2).
Madjid, N. (1999). Masalah Pendidikan Islam di Sekolah Menengah Umum dalam Dinamika Pikiran Islam di Perguruan Tinggi. Logos Wacana Ilmu.
Mardhatilla, N., Witarsa, R., & Nurhaswinda. (2021). Kajian literatur tentang kreativitas belajar siswa sekolah dasar dengan menggunakan model pembelajaran number head together. PALAPA : Jurnal Studi Keislaman Dan Ilmu Pendidikan, 9(November 2021).
Muhajirin, & Panorama, M. (2018). Pendekatan Praktis Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif (Cetakan 2). Idea Press Yogyakarta.
Mulyasa. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013 (A. S. Wardan (ed.)). PT Remaja Rosda Karya.
Mundiri, A. (2016). Strategi Membangun Branding Image Dalam Meningkatkan Daya Saing Lembaga Pendidikan. Jurnal Pedagogik: Jurnal Pendidikan, 3(2).
Natution, H. (1995). Islam Rasional: Gagasan dan Pemikiran (cet 2). Mizan.
Nurhasanah, A., Adya Pribadi, R., & Nur, M. D. (2021). Analisis Kurikulum 2013. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 7(02), 484–493. https://doi.org/10.36989/didaktik.v7i02.239
Pohan, S. A., & Dafit, F. (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1191–1197. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.898
Rosad, A. M. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Managemen Sekolah. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 5(02). https://doi.org/10.32678/tarbawi.v5i02.2074
Soemantri Brodjonegoro, S. (1999). Wacana Tentang Pendidikan Agama Islam dalam Dinamika Pikiran Islam di Perguruan Tinggi. Logos Wacana Ilmu.
Suarca, K., Soetjiningsih, S., & Ardjana, I. E. (2016). Kecerdasan Majemuk pada Anak. 7(2). https://doi.org/10.14238/sp7.2.2005.85-92
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanti, H., Fadriati, & B.S, I. A. (2023). Problematika Implementasi Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 5 Padang Panjang. Alsys, 3(1). https://doi.org/10.58578/alsys.v3i1.766
Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. PT Grafindo Persada.
Wawancara Daring. (2023). Guru PAI Tanggal 23 Mei 2023 Pukul 08.00 WIB.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 A. Badaruddin, Andi Prastowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.