Pendidikan Religius Bagi Anak Menurut Abdullah Nashih Ulwan Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.580Keywords:
Pendidikan, Religius, Abdullah Nashih UlwanAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa konsep pemikiran dari Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam mengenai pendidikan religius bagi anak. metode penelitian yang digunakan yaitu kajian pustaka atau library research yaitu jenis penelitian yang mengandalkan data yang diperoleh dari berbagai sumber kepustakaan yang berkaitan dengan objek penelitian. Sumber data primer adalah kita Tarbiyatul Aulad Fil Islam karya Dr. Abdullah Nashih Ulwan, sedangkan data sekunder didapat dari berbagai sumber kepustakaan yang lainnya. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik dokumentasi. Analisis data dengan cara mendeskripsikan hasil analisa yang temukan dari Tarbiyatul Aulad Fil Islam. Hasil penelitian yaitu terdapat beberapa poin mengenai pendidikan religius bagi anak yang disampaikan oleh Dr. Abdullah Nashih Ulwan dalam Tarbiyatul Aulad Fil Islam, seperti pembinaan keimanan, bimbingan khusyu dalam ibadah, membimbing anak agar tidak taklid buta, membatasi tontonan anak, dan membimbing anak untuk menutup aurat. Pendidikan religius tersebut diharapakan dapat memjadi pondasi bagi anak untuk menghadapi segala macam godaan dunia saat mereka nanti dewasa ditengah zaman yang semakin rusak secara moral dan agama.
Downloads
References
Abdullah. (1994). Tafsir Ibnu Katsir. Mu-assasah Daar al-Hilal.
Ahmad, J. (2020). Religiusitas, Refleksi Dan Subjektivitas Keagamaan.
Alviansyah, I. F., Tamam, A. M., & Syafrin, N. (2019). KONSEP PENDIDIKAN PEREMPUAN MENURUT HADITS-HADITS DALAM KITAB RIYADHUS SHALIHIN KARYA IMAM AN-NAWAWI. Tawazun: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 71. https://doi.org/10.32832/tawazun.v10i1.1155
Arsyad, A., & Asti, M. J. (2020). Konsep Ihtiyāṭ Imam al-Syafi’i terhadap Anjuran Menutup Aurat Bagi Anak- Anak; Analisis Tindakan Preventif Pelecehan Anak. 2.
Astarini, N., Hamid, S. I., & Rustini, T. (2018). STUDI DAMPAK TAVANGAN TELEVISI TERHADAP PERKEMBANGAN PERILAKU SOSIAL ANAK. Cakrawala Dini: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(1). https://doi.org/10.17509/cd.v8i1.10554
Az Zuhaili, W. (2005). At Tafsirul-Muniir: Fil Aqidoh wa-Syari’ah wal Manhaj. Daarul Fikr.
Azhari, D. S., & Mustapa, M. (2021). KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IMAM AL-GHAZALI. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 4(2), 271–278. https://doi.org/10.31004/jrpp.v4i2.2865
Bayu, D. (2022). Remaja paling banyak menggunakan internet pada tahun 2022. https://dataindonesia.id/digital/detail/remaja-paling-banyak-gunakan-internet-di-indonesia-pada-2022
BNN, H. (2022). Hindari narkoba cerdaskan generasi muda bangsa. https://bnn.go.id/hindari-narkotika-cerdaskan-generasi-muda-bangsa/#:~:text=Berdasarkan%20data%20dari%20kominfo%202021,31%2C4%25%20sebagai%20kurir.
Fadllurrohman, F., Jaenudin, J., & Pratama, A. I. (2023). Implementasi Tri Pusat Pendidikan Sebagai Model Pendidikan Karakter Religius Di Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 419. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1875
Filasofa, L. M. K. (2017). ANALISIS SEMIOTIKA PENDIDIKAN MORAL ANAK USIA DINI DALAM KITAB TARBIYAT AL-AULAD FI AL-ISLAM. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 12(1), 111. https://doi.org/10.21580/sa.v12i1.1471
Hamka. (1989). Tafsir Al Azhar. Pustaka Nasional.
Jaenudin, U. (2021). Buku Psikologi Agama dan Spiritualitas. Lagood’s Publishing.
Makhrus, M. (2013). Mengatasi seks bebas anak sd. https://www.kompasiana.com/mohmahrus/551fec41813311932c9df6bc/mengatasi-seks-bebas-anak-sd
Nahdia, N., Zubaidillah, Muh. H., & Azmi, M. N. S. (2023). Pembinaan Karakter Siswa melalui Program Ekstrakurikuler Religi di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(1), 593–602. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4632
Ochita Ratna Sari & Trisni Handayani. (2022). HUBUNGAN POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(4), 1011–1019. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i4.2768
Purwati, I., & Fauziati, E. (2022). PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SEKOLAH DASAR DALAM PERSPEKTIF FILSAFAT IDEALISME. 4(1).
Qayyim, I. (1998). Pendakian Menuju Tuhan. Pustaka Al Kautsar.
samsu. (2017). Metode penelitian teori dan aplikasi penelitian kualitatif, kuantitatif, mixed methods serta research develpments. Pusaka Jambi.
Sinyoto, S. (2015). Dasar metodologi penelitian. Literasi Media Publishing.
Sugiyono. (2013). Metode penelitisn kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Suhasmi, I. (2021). Materi Pendidikan Seks Bagi Anak Usia Dini. Vol. 5 No. 02, Juni 2021, Hal. 164-174.
Syafa’ati, S., & Muamanah, H. (2020). Konsep Pendidikan Menurut Muhammad Naquib Al-Attas dan Relevansinya dengan Sistem Pendidikan Nasional. PALAPA, 8(2), 285–301. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.859
Ulwan. (2012). Pendidikan Anak Dalam Islam. Insan Kamil.
Wildani Firdaus, Benny Prasetya, & M. Chotibuddin. (2023). Pembentukan Karakter Religius Siswa Melalui Ekstrakurikuler Tahfidzul Qur’an Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Plus Kota Probolinggo. Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 68–81. https://doi.org/10.37286/ojs.v9i1.221
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dede Sukmana, Ending Bahruddin, Imas Kania Rahman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.