Nasihat Menuntut Ilmu Perspektif Imam Syafií dan Relevansinya di Zaman Sekarang
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.614Keywords:
Mencari Ilmu, Imam Syafi'I, RelevansinyaAbstract
Salah satu prinsip pendidikan Imam Syafi'i adalah nasihat untuk menuntut ilmu dalam kitabnya Diwan Imam Ash-Syafi'i, di mana ia menyatakan, "Saudaraku, kamu tidak akan mendapatkan ilmu kecuali kamu memenuhi enam syarat." Saya akan membahasnya secara detail: kecerdasan, kemauan, keseriusan/kesungguhan, bekal, persahabatan dengan guru, dan waktu yang lama”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui lebih dalam tentang nasehat Imam Syafi'i dalam menuntut ilmu dan apa maknanya bagi kehidupan perjalanan penuntut ilmu saat ini. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa himbauan Imam Syafi'i untuk mencari ilmu masih sangat relevan hingga saat ini dan dapat dijadikan pedoman bagi penuntut ilmu, mulai dari kecerdasan, semangat/motivasi, keikhlasan, kemauan mengeluarkan uang/modal, kemauan untuk dibimbing, dan kemauan. untuk mencari ilmu pengetahuan yang diperoleh selama periode waktu yang cukup lama merupakan modal yang harus ditanamkan dalam diri penuntut ilmu pengetahuan. Jenis penelitian ini menggunakan Library Research (kajian pustaka), di mana penulis mengumpulkan informasi yang berhubungan dengan kajian literatur. Sumber utama penelitian ini meliputi publikasi ilmiah penting, serta buku, artikel jurnal, dan tulisan yang terkait lainnya.
Downloads
References
Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980. https://doi.org/10.33487/EDUMASPUL.V6I1.3394
Dalimunthe, S. S. (2018). Filsafat Pendidikan Islam, Sebuah Bangunan Ilmu Islamic Studies (1st ed.). Deepublish.
Geubrina, R. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Dalam Kitab Diwan Imam Asy-Syafi’i. In UIN Ar-Raniry. UIN Ar-Raniry.
Hidayat, R. (2018). Pemikiran Pendidikan Islam Imam As - Syafi ’ i dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam di Indonesia. Almufida: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(01), 107–131.
Izzaty, R. E., Astuti, B., & Cholimah, N. (1967). Tanggung Jawab Pendidik Dalam Islam. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 5–24.
Jafar. (2018). Imam Syafi’i dan Perkembangan Mazhabnya. Al-Fikrah, 7(1), 17–38.
Junaidi. (2018). Urgensi Ilmu Menurut Konsep Islam. At-Tarbawi: Jurnal Media Pendidikan, Sosial Dan Kebudayaan, 10(2).
Lailiyah, Nurul; Aulia, A. N. A. (2019). Etika Mencari Ilmu Kajian Kitab Washoyaa Al Abaa’ Lil Abnaa’ Karya Muhammad Syakir Perspektif Pendidikan Islam. Ilmuna: E-Journal STIT (Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiya) Urwatul Wutsqo Jombang, 1(2). https://doi.org/oai:ojs2.jurnal.stituwjombang.ac.id:article/131
Maksum, I. (2020). Konsep Kecerdasan Menurut Al-Qur’an. Jurnal Al-Ifkar, 14(2).
Muhammad Kosim. (2017). Ilmu Pengetahuan Dalam Islam (Perspektif Filosofis-Historis) Mohammad Kosim. Ilmu Pengetahuan Dalam Islam, 3(2), 122–140.
Rozi, F. (2022). Pemikiran Mazhab Imam Syafi’i. Hakam : Jurnal Kajian Hukum Islam, 5(2). https://doi.org/https://doi.org/10.33650/jhi.v5i2.3502
Salim, M. I. (2019). Syarah Diwan As-Syafi’i. Penerjamah Abd. Rauf. DIVA Press.
Sari, M., & Asmendri. (2018). Penelitian Kepustakaan (Library Research) dalam Penelitian Pendidikan IPA. Penelitian Kepustakaan (Library Research) Dalam Penelitian Pendidikan IPA, 2(1), 15. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/article/view/1555/1159
Siregar, M. E. S. (2021). Teori Pendidikan Islam Abad Kedua: Imam Syafi’I and Imam Abu Hanifa. Jurnal Islamika Granada, 1(3). https://doi.org/10.51849/ig.v1i3.91
Sy, S., Tinggi, S., Islam, A., Ketapang, A.-H., & Barat, K. (2017). PENGARUH HADIS DALAM ILMU FIQIH DAN TEOLOGI (Kajian Tokoh dan Pemikiran Imam Syafii). El-Furqania : Jurnal Ushuluddin Dan Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(02), 221 — 233-221 — 233. https://doi.org/10.54625/ELFURQANIA.V3I02.3030
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Ismail Marzuki Hasibuan, Mulia Sari, Nur Widad Mazaya, Ma'ruf Syifa'udin, Nur Cholid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.