Komparasi Pendidikan Islam Multikultural Indonesia dan India (Analisis Landasan Dan Pendekatan Kebijakan Pendidikan)

Authors

  • M. Riski Kurniawan Pascasarjana Universitas Islam Negeri Raden Fatah Palembang
  • Iqbal Mustakim UIN Raden Fatah Palembang
  • Fitri Oviyanti UIN Raden Fatah Palembang
  • Maryamah UIN Raden Fatah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.621

Keywords:

Pendidikan Islam Integrafit, Multikultural, Indonesia, India

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk melakukan analisis secara mendalam tentang segala bentuk yang berkaitan pada perbandingan pendidikan Islam Multikultural antara di Negara Indonesia dan India. Adapun fokus pembahasan pada kajian penelitian ini melihat pada ranah landasan dan pendekatan pendidikan Islam Multikultural di dua negara. Metode penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan yang bisa dikenal dengan library research. Sehingga sumber data penelitian yang didapat berasal dari hasil buku, penelitian ataupun berbentuk kebijakan pemerintah yang itu berkaitan pada pendidikan Islam multikultural di dunia Negara tersebut. Hasil penelitian yang menjelaskan pada landasan pendekatan pendidikan Islam multikultural di Indonesia dan India diketahui melalui hasil ideologi bangsa, kebudayaan, kebijakan pemerintah dan agama yang mampu mempengaruhi dalam implementasi nilai-nilai yang ada. Adapun pendekatan yang dilakukan melalui kurikulum yang kemudian diaplikasikan pada pembelajaran di sekolah atau madrasah. Sebagai bentuk proses penanaman nilai dan proses pembiasaan diri dalam keberagaman itu sendiri dengan keterbukaan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aimah, S. (2019). Kurikulum Pendidikan Tinggi Empat Negara Indonesia, India, Irak dan Turki. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 166. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v12i2.400

Bp, A. R., Munandar, S. A., Fitriani, A., & Karlina, Y. (t.t.). PENGERTIAN PENDIDIKAN, ILMU PENDIDIKAN DAN UNSUR-UNSUR PENDIDIKAN.

Daga, A. T. (2020). Perbandingan Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Di Malaysia, India Dan Indonesia. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 4(1), 23–30. https://doi.org/10.53395/jes.v4i1.82

Hidayat, D. O., Eltariant, I., Priyatna, R. K., & Fernanda, S. A. (t.t.). IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM MENCEGAH DEGRADASI MORAL TERHADAP ISU SARA DAN HOAX.

Imelda, A. (2018). Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128

Jamun, Y. M. (2018). DAMPAK TEKNOLOGI TERHADAP PENDIDIKAN. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52. https://doi.org/10.36928/jpkm.v10i1.54

Pendidikan Karakter :Perspektif Islam Dan Thomas Lickona). (2019).

Purnomo, A. (2019). Pelatihan Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPS Berorientasi pada Perpres Nomor 87 Tahun 2017 pada Forum Guru Ambarawa. Jurnal Panjar: Pengabdian Bidang Pembelajaran, 1(2), 156–159. https://doi.org/10.15294/panjar.v1i2.29726

Rofiq, A., & Muqfy, H. (2019). ANALISIS PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURAL SEBAGAI PEMERSATU BANGSA. MANAGERE : Indonesian Journal of Educational Management, 1(1), 134–147. https://doi.org/10.52627/ijeam.v1i1.13

Saihu, S. (2019). PENDIDIKAN ISLAM MULTIKULTURALISME. Al Amin: Jurnal Kajian Ilmu dan Budaya Islam, 1(2), 170–187. https://doi.org/10.36670/alamin.v1i2.8

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 382. https://doi.org/10.33394/jk.v6i3.2824

Setiawan, A. (2018). ANALISIS PENDIDIKAN ISLAM DI INDIA DAN PERBANDINGANNYA DENGAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan dan Kemasyarakatan, 25. https://doi.org/10.35931/aq.v0i0.60

Siddik, H. (2016). HAKIKAT PENDIDIKAN ISLAM. 8.

Syamsurrijal, A. (2021). Komparasi Pendidikan Karakter Indonesia dan Jepang (Analisis terhadap Landasan, Pendekatan, dan Problematikanya). Fitrah: Journal of Islamic Education, 2(2), 184–199. https://doi.org/10.53802/fitrah.v2i2.74

Tanaka, A. (2018). Sistem Among, Dalton, Dan Shanti Niketan Kajian Komparatif Historikal Sistem Pendidikan Indonesia, Amerika, Dan India Serta Implikasinya Bagi Kemajuan Pendidikan Di Indonesia Konteks Kekinian. https://doi.org/10.5281/ZENODO.1148981

Widiatama, W., Mahmud, H., & Suparwi, S. (2020). IDEOLOGI PANCASILA SEBAGAI DASAR MEMBANGUN NEGARA HUKUM INDONESIA. JURNAL USM LAW REVIEW, 3(2), 310. https://doi.org/10.26623/julr.v3i2.2774

Zuriah, N., & Sunaryo, H. (2022). KONSTRUKSI PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM BUKU PANDUAN GURU PPKN DI SEKOLAH DASAR. 7.

Downloads

Published

2023-09-14

How to Cite

M. Riski Kurniawan, Iqbal Mustakim, Fitri Oviyanti, and Maryamah. 2023. “Komparasi Pendidikan Islam Multikultural Indonesia Dan India (Analisis Landasan Dan Pendekatan Kebijakan Pendidikan)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 9 (3):1255-68. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i3.621.

Issue

Section

Articles