Problematika dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima Karanganyar
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.622Keywords:
Problematika, Penguatan, Hafalan, Al-Qur’anAbstract
Menghafal Al-Qur’an bukan hanya sekedar menambah hafalan, tetapi bagaimana manjaga hafalan yang sudah dihafalkan. Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima Karanganyar adalah salah satu perguruan tinggi Islam menyelenggarakan tahfihz al-Qur’an sebagai muatan yang tertuang dalam kurikulum dan semua mahasiswa diharuskan untuk menghafal Al-Qur’an sebagai ciri khasnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui Problematika Dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa di Sekolah Tinggi Ilmu Al-Qur’an (STIQ) Isy Karima Karanganyar. Jenis penelitian adalah kajian lapangan, dengan menggunakan metode (field research) dengan pendekatan deskriptif analitik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahwa problematika Dalam Penguatan Hafalan Al-Qur’an Mahasiswa adalah , beberapa mahasiswa tidak menggunakan metode yang tepat, merasa malas dalam mengulang-ulang hafalan, kurangnya muraja’ah,. Untuk mengatasi problematika tersebut tentu terdapat solusi atau jalan keluar untuk mengatasi problematika tersebut, seperti memotivasi para santri, mengajarkan metode yang tepat, dan memberikan nasehat yang baik.
Downloads
References
Amirul Mukminin. 2020. “Percepatan Menghafal Al-Qur’an Melalui Pembelajaran Kosa Kata Bahasa Arab.” Lahjah Arabiyah: Jurnal Bahasa Arab Dan Pendidikan Bahasa Arab 1(1):20–25. doi: 10.35316/lahjah.v1i1.572.
Awwaliyah, N. M., and M. Muslimah. 2021. “Problematika Evaluasi Pembelajaran Hafalan Al-Quran Studi Di Pondok Pesantren Tahfidz Nurul Musthofa.” Proceedings … 1:287–96.
Fanani, Irfan. 2016. “Problematika Menghafal Al- Qur’an (Studi Komparasi Di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Hasan Patihan Wetan Dan Pondok Pesantren Nurul Qur’an Pakunden Ponorogo).” Skripsi 1–96.
Huda, M. Nurul. 2018. “Budaya Menghafal Al-Quran: Motivasi Dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas.” Sukma: Jurnal Pendidikan 2(2):247–60. doi: 10.32533/02205.2018.
Ilyas, M. 2020. “Metode Muraja’ah Dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an.” AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam 5(01):1–24. doi: 10.46963/alliqo.v5i01.140.
Junaidi, Mahbub. 2006. Menghafal Al-Qur’an Itu Mudah. Solo: CV.Angkasa Solo.
Muhammad Alif, Dkk. 2022. Bunga Rampai Hadis Tematik: Tinjauan Hadis Dalam Kehidupan Sosial. Sukabumi: CV. Haura Utama.
Muhammad Amin Suma. 2013. Ulumul Qur’an. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.
Mutammimul Ula, Riswnadi, Rosdian. 2019. “SISTEM PENGENALAN DAN PENERJEMAHAN AL-QUR’AN SURAH AL-WAQI’AH MELALUI SUARA MENGGUNAKAN TRANSFORMASI SUMUDU.” TECHSI - Jurnal Teknik Informatika 11.
Nawabluddin, Abdurrab dan Ma’arif. 2005. Tekhnik Menghafal Al-Qur’an. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Putri, Anggita Deswina, and Rizka Harfiani. 2022. “Problematika Kegiatan Siswa Menghafal Al- Qur ’ an Di SMP IT Al Munadi Medan Problems of Student Activities Memorizing Al-Qur ’ an at SMP IT Al Munadi Medan.” 2(3):796–806.
Rosidi, Ahmad. 2016. “Motivasi Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an (Studi Multi Kasus Di Pondok Pesantren Ilmu Al-Qur’an (PPIQ) PP. Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Dan Pondok Pesantren Tahfizhul Al-Qur’an Raudhatusshalihin Wetan Pasar Besar Malang).” Al Qodiri: Jurnal Pendidikan, Sosial Dan Keagamaan 10(1):73.
Sa’dulloh. n.d. 9 Cara Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Gema Insani.
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Surawardi, Surawardi. 2017. “Karakteristik Dan Konsep Pendidikan Islam Yang Terkandung Dalam Surah Al-A’raf Ayat 179.” Transformatif 1(1):32. doi: 10.23971/tf.v1i1.660.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rizky Pratama Putra, Meti Fatimah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.