Kebijakan dan Kepemimpinan Transformatif di Madrasah Terhadap Isu Pendidikan Inklusif
Kajian Kebijakan Pendidikan, Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), Kepemimpinan Transformatif Terhadap Isu Pendidikan Inklusi
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.640Keywords:
Pendidikan Inklusif, Kebijakan, Kepemimpinan TransformatifAbstract
Menurut UUD Sisdiknas Nomor 20 tahun 2003 menjalaskan bahwa negara berkewajiban untuk memberikan pelayanan dan jaminan pendidikan kepada setiap elemen masyarakat, terlebih bagi anak-anak yang berkebutuhan khusus. Anak berkebutuhan khusus (ABK) mempunyai hak yang sama dengan anak reguler lainnya dalam menempuh pendidikan, tentunya hal ini mesti didukung dengan melalui sebuah kebijakan kepemimpinan transformatif di lembaga pendidikan khususnya di madrasah. Pendidikan inklusi senantiasa dikemas dengan tahapan-tahapan yang khusus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif analisis dengan jenis penelitian kepustakaan (study literature). Data penelitian terdiri dari dua data utama yakni data primer dan data sekunder, data primer penelitian ini adalah berupa buku-buku yang memuat tentang pendidikan inklusif, sedangkan data sekunder penelitian ini berupa artikel, jurnal, peraturan pemerintah, karya ilmiah, dan sumber lainnya yang berkaitan dengan kajian penelitian saat ini. adapun teknis teknis analisis data menggunaka beberapa langkah yakni reduksi data, penyajian data, dan terakhir melakukan penarikan kesimpulan. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1. mengetahui konsep kajian kebijakan kepemimpinan pendidikan, 2. memahami esensi pendidikan inklusi, dan 3). Penerapan kebijakan dan kepemimpinan pendidikan terhadap hadirnya isu pendidikan inklusi di Madrasah.
Downloads
References
Alfirzan, Aulia, Y. N. dan N. G. (2021). Kebijakan Pendidikan serta Implementasi Kebijakan Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1521–1529.
Aziizah, ‘Abidah Ummu, S. (2021). Pengembangan Kebijakan dan Kepemimpinan Transformatif di Madrasah dalam Menjawab Isu LLiterasi Membaca di Dunia Pendidikan. Jurnal Evaluasi, 5(1), 94–127.
Dian. (2021). Analisis Kebijakan Pendidikan: Kajian Aplikatif Pendidikan Islam di Indonesia. Farha Pustaka.
Fakhiratunnisa, S. A., Pitaloka, A. A. P., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. Masaliq, 2(1), 26–42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83
Juhji, dkk. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2).
Mahirun, S. dan N. B. N. (2021). Kepemimpinan Transformatif Sebagai Model Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Kreatif. Jurnal PENA, 35(2).
Mohammad Takdir Ilahi. (2013). Pendidikan Inklusi: Konsep dan Aplikasi. Ar-Ruzz Media.
Mu’ti, A. (2022). Madrasah dalam UU Sisdiknas. Www.Uinjkt.Ac.Id/Madrasah-Dalam-Uu-Sisdiknas.
Mulyah, Santi, Q. K. (2023). Kebijakan Pemerintah terhadap Pendidikan Inklusif. Journal on Education, 5(3).
Nadeak, B. (2020). Manajemen Sumber Daya Manusia Pendidikan Era Industri 4.0. Uki Press.
Nurwan, T. W. (2019). Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif di Sekolah Dasar. JESS (Journal of Education on Social Science), 3(2), 201.
Purwanto. (2008). Metodologi Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Putri, Z. F., Miarakhman, N. F., & Krisnawati, R. D. (2021). Strategi Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Implementasi Kebijakan Pendidikan Inklusif DI SMP Negeri 2 Yogyakarta. Journal Khazanah Intelektual, 4(3), 932–953.
Romadhon, Muhamad, A. M. dan M. S. S. (2021). Kebijakan Pendidikan Inklusi Sebuah Solusi di Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 4(1), 109–115.
Subahan, Alphi, D. X. D. dan R. W. (2021). Kajian Literatur Tentang Kebijakan Pendidikan Dasar di Masa Pandemi dan Dampaknya Terhadap Pembelajaran. Jurnal JRPP, 4(1).
Yanto, Murni, I. F. (2019). Manajemen Kebijakan Kepala Madrasah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 7(3), 123–130.
Yessi Warminda, Hasrul, M. haryani. (2021). Implementasi Kebijakan Permendiknas No. 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif Bagi ABK dan/atau Memiliki Bakat Istimewa Di SMPN Kota Padang. Jurnal Basicedu, 5(3), 1683–1688.
Zainullah, Moh. Mahfud, A. H. (2020). Model Kepemimpinan Transformatif dalam Menciptakan Inovasi Pengembangan Kelembagaan Pendidikan Islam. Kuttab: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 4(2), 487–500.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Dwinanda Suluh Phangesti, Suwadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.