Perkembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v9i4.666Keywords:
Kurikulum, Pendidikan Agama Islam, IndonesiaAbstract
Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan kurikulum pendidikan agama Islam dengan menggunakan metode penelitian studi pustaka (library research), yaitu dengan mengkaji berbagai sumber data dari berbagai buku atau jurnal yang masih berkaitan dengan tema pembahasan dalam penulisan ini. Hasil dari penulisan ini menunjukkan bahwa kurikulum pendidikan agama Islam di Indonesia melalui empat fase yaitu pra kemerdekaan, masa orde lama, masa orde baru dan masa reformasi saat ini. Adapun dengan rincian sebagai berikut : masa pra kemerdekaan masih dipengaruhi oleh kolonialisme secara keseluruhan, kemudian masa orde lama terbagi menjadi 3 yaitu kurikulum 1947, kurikulum 1984 dan kurikulum 1994, selanjutnya masa orde baru terbagi menjadi 4 yaitu kurikulum 1968, kurikulum 1975, kurikulum 1984 dan kurikulum 1994 dan yang terakhir masa reformasi hingga saat ini terbagi menjadi 4 yaitu kurikulum 2004 (KBK), kurikulum 2006 (KTSP), kurikulum 2013 dan kurikulum merdeka.
Downloads
References
Abdullah Idi. (2013). Pengembangan Kurikulum Teori & Praktik. Ar-Ruzz Media.
Alhamuddin. (2019). Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Zaman Kemerdekaan Hingga Reformasi (1947-2013). Prenadamedia.
Andari, E. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Learning Management System (LMS). Allimna: Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(2). https://doi.org/10.30762/allimna.v1i2.694
Aslam. (2019). Hidden Curicculum. CV. Pena Indies.
Baedhowi. (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Kebijakan dan Harapan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 13(5).
Daeng Pawero, A. M. V. (2018). Analisis Kritis Kebijakan Kurikulum Antara KBK, KTSP, dan K-13. Jurnal Ilmiah Iqra’, 12(1). https://doi.org/10.30984/jii.v12i1.889
Dicky Wirianto. (2014). Perspektif Historis Transformasi Kurikulum di Indonesia. Jurnal Islamic Studies, 2(1).
E. Mulyasa. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Sebuah Panduan Praktik. Remaja Rosdakarya.
Fitri Wahyuni. (2015). Kurikulum dari Masa ke Masa”. Vol. 10, No.2 (2015). Jurnal Al-Adabiya, 10(2).
Hari Suderajat. (2004). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK). CV. Cipta Cekas Grafika.
Herman Zaini. (2015). Karakteristik Kurikulum 2013 dan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Jurnal Idaroh, 1(1).
Imam Machali. (2014). Kebijakan Perubahan Kurikulum 2013 dalam Menyongsong Indonesia Emas Tahun 2045. Jurnal Pendidikan Islam, 3(1).
Iramdan & Manurung Lengsi. (2019). Sejarah Kurikulum di Indonesia. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 5(2).
Ismail dan Abdul Mukti. (2000). Pendidikan Islam Demokratisasi dan Masyarakat Madani. Pustaka Pelajar.
Lismina. (2019). Pengembangan Kurikulum di Sekolah dan Perguruan Tinggi. Tim Uwais Inspirasi Indonesia.
M. Ali Hasan dan Mukti Ali. (2003). Kapita Selekta Pendidikan Agama Islam. Pedoman Ilmu Jaya.
Ma’as Shobirin. (2016). Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Deepublish.
Muh. Asri. (2017). Dinamika Kurikulum di Indonesia. Jurnal Program Studi PGMI, 4(2).
Muhammad Nurhalim. (2011). Analisis Perkembangan Kurikulum di Indonesia (Sebuah Tinjauan Desain dan Pendekatan). Jurnal INSANIA, 16(3).
S. Nasution. (1996). Pengembangan Kurikulum. Bandung : Citra Aditya Bakti, 1996. Citra Aditya Bakti.
Ummi Inayati. (2022). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran Abad-21 di SD/MI. Jurnal ICIE, 2(1).
Wina Sanjaya. (2018). Kurikulum dan Pembelajaran : Teori dan Praktik Pengembangan kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Prenadamedia Group.
Zainal Arifin. (2011). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Khoirunnisaa Sholihah Luthfi Alya’
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.