PENGARUH PEMBENTUKAN IKLIM MADRASAH DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI MADRASAH ALIYAH ISLAMIYAH MUNDU PESISIR KABUPATEN CIREBON
Abstract
Iklim madrasah di MA Islamiyah Mundu Pesisir merupakan suasana kehidupan di sekolah mencakup kebiasaan, kebudayaan, tradisi dan cara bertindak personalia yang ada di madrasah, baik guru, pegawai/staff maupun siswa. Disamping itu kinerja guru MA Islamiyah Mundu Pesisir juga belum meksimal, seperti : persiapan mengajar kurang, hadir tidak tepat waktu tidak menganalisa hasil ulangan dan remidial. Berdasarkan latar belakang tersebut perlu dialakukan penelitian tentang pengaruh pembentukan Iklim Madrasah dan Kinerja Guru terhadap hasil belajar Siswa di Madrasah Aliyah Islamiyah Mundu Pesisir Kabupaten Cirebon. Iklim Madrasah (X1) berpengaruh positif terhadap Kinerja Guru (X2), iklim madrasah dan kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh terhadap hasil belajar, Fhitung (10,067) > Ftabel (3,35) signifikansi (0,001) < 0,05. iklim madrasah dan kinerja guru terhadap hasil belajar sebesar 42,7%.
Downloads

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright @2017. This is an open-access article distributed under the terms of the Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License (http://creativecommons.org/licenses/by-nc-sa/4.0/) which permits unrestricted non-commercial used, distribution and reproduction in any medium