Studi Komparasi Tafsir Al-Qur’anul Azhim dan Al-Azhar Terhadap Surah Luqman Ayat 12-14 (Peran Ayah dalam Pendidikan Karakter Anak)

Authors

  • Wakhidia Rahmatu A Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Syamsul Hidayat Universitas Muhammadiyah Surakarta
  • Hakimuddin Salim Universitas Muhammadiyah Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.854

Keywords:

Tafsir al-Qur’anul Azhim, Tafsir Al-Azhar, Penafsiran, Peran Ayah, Pendidikan, Karakter Anak

Abstract

Keluarga merupakan lingkungan pertama kali yang memberikan pengaruh terhadap perilaku anak. Setiap anggota keluarga mempunyai peran penting terutama peran ayah dan ibu. Lingkungan sangat besar pengaruhnya sebagai stimulus dalam perkembangan anak. Orang tua mempunyai peranan yang sangat besar dalam pembentukan karakter anak. Sosok seorang ayah di Indonesia khususnya, identik sebagai pencari nafkah dalam keluarga. Sedangkan ibu adalah pendidik anak di dalam rumah, maka tak heran jika orang terdekat bagi sebagian anak adalah ibu. Tetapi ternyata dalam islam, hubungan antara ayah dan anak sangat penting, bukan hanya sebagai pencari nafkah tetapi ayah juga menjadi sosok pendidik didalam rumah bahkan didalam al-Qur’an sendiri setidaknya ada 14 dialog antara ayah dan anak yang mengisyaratkan pentingnya peran ayah dalam membentuk karakter anak. Maka menarik bagi penulis untuk meneliti tentang konsep pendidikan karakter dalam sebuah tesis yang berjudul “Studi Komparasi Tafsir al-Qur’anul Azhim dan Al-Azhar Terhadap Surah Luqman Ayat 12-14 (Peran Ayah Dalam Pendidikan Karakter Anak).” Penelitian ini menggunakan paradigma kualitatif. Adapun jenis penelitian yang dilakukan adalah studi pustaka. Karena obyek utama dalam penelitian ini adalah ayat-ayat al-Qur’an, maka metode penelitian yang digunakan adalah metode tafsir muqarin atau komparatif. Teknik dalam mengumpulkan data sebagai bahan penelitian dengan menggunakan teknik dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis isi/kajian isi. Pada penelitian, ini uji kredibilitas yang digunakan peneliti adalah triangulasi. Hasil penafsiran peran ayah dalam pendidikan karakter anak menurut prespektif Tafsir al-Qur’anul Azhim karya Ibnu Katsir dan Tafsir Al-Azhar karya Buya Hamka dalam menafsirkan surah Luqman ayat 12-14, adalah : Dalam surah Luqman ayat 12, peran ayah terhadap pendidikan karakter anak adalah sebagai orang yang berilmu pengetahuan (alim). Pada ayat 13 peran ayah terhadap pendidikan karakter anaknya adalah sebagai mauizah yaitu memberikan nasehat-nasehat yang baik kepada anaknya tentang kebaikan dan menanamkan tauhid yang benar kepada anaknya. Beribadah hanya kepada Allah dan tidak mensyirikannya dengan sesuatu apapun. Pada ayat 14 peran ayah ialah sebagai ta’dib yaitu mengajarkan adab yang baik kepada anak berupa bagaimana cara memperlakukan orang tua dengan sebaik-baiknya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Departemen Agama RI, 2005. Al-Qur’an dan Terjemahannya, (Bandung: Syygma)

Fathurahman, Pupuh. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Pusataka Setia)

Triminur, Fepi. 2019. Ayah Terlibat Keluarga Hebat, (Batu : CV. Beta Aksara)

Prasetyo, Nano. 2011. Membangun Karakter Anak Usia Dini - Seri Bacaan Orang Tua, (Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia DiniDirektorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Nonformal dan InformalKementerian Pendidikan Nasional)

Soekanto, Soerjono. 1995. Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada)

Harmaini, dkk. 2014. “Peran Ayah Dalam Mendidik Anak” (Jurnal Psikologi, Vol. 10, No. 02 Tahun 2014)

Zainab, Siti. 2014. “Komunikasi Orangtua Anak Dalam Al-Quran” (Jurnal : Nalar Vol. 01 No. 01 Tahun 2014)

Sya’bani, Sri Andria. 2017. “Konsep Pendidikan Dalam Al Quran” (Jurnal: al-Munawwaroh: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 9 No. 2 Tahun 2017)

Ma’zumi. 2019. “Pendidikan Dalam Perspektif al-Quran dan al-Sunnah: Kajian Atas Istilah Tarbiyah, Taklim, Tadris, Ta’dib dan Tazkiyah, Tarbawy” (Indonesian Journal of Of Islamic Education, Vol. 6 No. 2 Tahun 2019)

Shihab, Quroish, 2017. Tafsir al-Misbah, (Ciputat : Lentera Hati)

Hasib, Kholili. 2009. “Pendidikan Ta;dib sebagai Solulis Pendidikan Islam di Era Globalisasi” (Jurnal: at-Ta;dib Vol. 5 No. 1 Tahun 2009)

Muchlas Samani dan Hariyanto. 2012. Konsep dan Model Pendidikan Karakter, (Bandung: Remaja Rosdakarya)

Ahmad, Zakariya. 1997. Al-Ahkamul Aulad, alih bahasa Chadidjah Nasution, Hukum Anak-anak dalam Islam, (Jakarta: Bulan Bintang)

Nasution, Abd Haris. 2018. “Studi Kitab Tafsir al-Qur’an Al-Azim Karya Ibnu Katsir”. Jurnal. Kolaka : Institut Agama Islam Al-Mawaddah Kolaka.

Shobahussurur. 2008. Mengenang 100 Tahun Hamka, (Jakarta: YPI Al-Azhar)

Widodo. 2018. Metode Penelitian, (Depok: RajawaliPres)

Baidan, Nasruddin. 1998. Metodologi Penafsiran Al-Qur’an (Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset)

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, (Bandung: Alfabeta)

Mahmud. 2011. Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung : Pustaka Setia)

Salim, Abd.Muin. Metodelogi Ilmu Tafsir, (Yogyakarta :Teras)

Mariyah, Siti. 2023. Peranan Ayah Dalam Pendidikan Anak. Jurnal. Tanjung Pinang : Sekolah Tinggi Agama Islam Miftahul Ulum.

Yusuf, Sayyid. Fikri, Humam. 2020. Karakter Ideal Seorang Ayah Dalam Surah Yusuf. Jurnal. Bogor : Universitas Ibn Khaldun Bogor.

Putri, Raihan. 2018. Nilai Pendidikan Karakter Anak di Sekolh Perspektif Kemendiknas. Jurnal. Aceh : Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Sajadi, Darun. 2019. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Jurnal. Jakarta : Universitas Islam Negeri Jakarta.

Yunita, Yuyun. 2021. Pendidikan Karakter Dalam Perspektif Islam. Sumatera Selatan : Institut Agama Islam Al-Qur’an Al-Ittifaqiah Indralaya.

Rafiq, Aunur. 2015. Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Yasin, Hadi. 2020. Mengenal Metode Penafsiran al-Qur’an. Jurnal Tahdzib Akhlaq. Bekasi : Universitas Islam As-Syafiiyyah.

Mustaqim, Abdul. 2015. Metode Penelitian al-Qur’an dan Tafsir. Yogyakarta: Idea Press.

Adib, Shohibul. 2011. Ulumul Qur’an:Profil Para Mufassir Al-Qur’an dan Para Pengkajinya. Tangerang Selatan: Pustaka Dunia.

Sofyan, Muhammad. 2015. Tafsir Wal Mufassirun. Medan: Perdana Publishing.

Hamka, Rusdi. 2016. Pribadi dan Martabat Buya Hamka. Jakarta Selatan: PT. Mizan Publika.

Roziqin, Badiatul. 2009. Jejak Tokoh Islam Indonesia. Yogyakarta: e-Nusantara.

Rafiq, Aunur. 2015. Pengantar Studi Al-Qur’an. Jakarta Timur: Pustaka Al-Kautsar.

Dawam, Muhammad. 1993. Intelektual Inteligensi dan Perilaku Politik Bangsa. Bandung: Mizan.

Susanto. 2009. Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Hamka, Irfan. 2018. Ayah. Jakarta: Replubika Penerbit.

Herry. Muhammad. 2006. Tokoh-tokoh Islam Yang Berpengaruh Abad 20. Jakarta: Gema Islami.

Shihab, Quraish. 1997. Membumikan Al-Qur’an. Bandung: Mizan.

Boli, Mukdar. 2020. Mendidik Anak Usia Dini. Jurnal An-Nisa. Gowa : Institut Parahikmah Indonesia.

Gazali, Syukeri. 2018. Pendidikan Anak Dalam Keluarga Perspektif Islam, Jurnal Ilmiah Darul Ulum : STIT Darul Ulum, Kotabaru.

Jannah, Rossa Roudhatul. Kriteria Memilih Pasangan Hidup Menurut Hadits Riwayat Imam Al-Bukhari dan Implikasinya Terhadap Pendidikan Pranikah, Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam

Downloads

Published

2024-06-23

How to Cite

Wakhidia Rahmatu A, Syamsul Hidayat, and Hakimuddin Salim. 2024. “Studi Komparasi Tafsir Al-Qur’anul Azhim Dan Al-Azhar Terhadap Surah Luqman Ayat 12-14 (Peran Ayah Dalam Pendidikan Karakter Anak)”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):798-813. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.854.

Issue

Section

Articles