Manajemen Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Penguatan Karakter Siswa

Authors

  • Ira Wirdatus Solichah UIN Maulana Malik Ibrahim Malang
  • Marno UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.860

Keywords:

Manajemen Implementasi, Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila , Penguatan Karakter

Abstract

Di era modern ini, banyak generasi muda kehilangan nilai-nilai moral dan etika. Guna mengatasi memudarnya nilai moral dan etika pada peserta didik, sekolah dituntut menjadi tempat untuk memperbaiki karakter generasi muda sesuai nilai moral dan etika yang sejalan dengan nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perkembangan pendidikan karakter dengan implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), serta melihat bagaimana proyek penguatan profil pelajar pancasila ini berkontribusi dalam membentuk karakter siswa di Indonesia, dan untuk mengetahui manajemen pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan telaah dokumen. Observasi dilakukan dengan cara melihat perilaku siswa dalam implementasi P5. Wawancara dilakukan secara semi terstruktur karena pada penelitian ini peneliti ingin menggali lebih dalam informasi dari kepala sekolah atau wakil kepala sekolah bidang kurikulum terkait implementasi P5 di Sekolah. Hasil penelitian ini yakni SMA Islam Almaarif Singosari sudah menyusun proyek dengan baik mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pelaksanaan proyek penguatan profil pelajar pancasila secara matang. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya tujuan, langkah, penanggung jawab, evaluasi dan pengukuran, serta mengetahui hambatan dan kendala selama pelaksanaan proyek. SMA Islam Almaarif Singosari juga telah melibatkan stakeholder dalam implementasi P5, bahkan stakeholder memiliki peran aktif dalam mendukung program tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andhifani, W. R., & Ali, N. H. (2020). Penelusuran Jejak Islam di Belitung. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 10(01).

Arnold, T. W. (1985). Sejarah Dakwah Islam (terj. N. Rambe (ed.)). Widjaya.

Burger, D. H. (1970). Sejarah Ekonomis Sosiologis Indonesia (diterjemahkan oleh Prajudi (ed.)). Pradnja Paramita dan J.B. Wolters.

Dilenia, I., & Hasanah, N. N. (2019). Peran Perairan Indonesia dalam Jalur Pelayaran Dunia (S. Widjaja & Kadarusman (eds.)). AMAFRED Press.

Fuadi, M. A. (2018). Menel Amanda., G. (2023). Manajemen Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Pagesangan Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan. Vo. 11. No. 1.

Barlian, U. C. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL; Jurnal of Education ang Language Research. Vol. 1, No. 12.

Hamzah, M., Mujiwati, Y., & Khamdi, I. M. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila sebagai. Jurnal Jendela Pendidikan.

Hermino, A. A. (2020). Contextual Character Education for Students in the Senior High School. European Journal of Education Research. Volume 9, Issue 3., 1009-1023.

Hidayati. (2914). Manajemen Pendidikan, Standar Pendidik, Tenaga Kependidikan dan Mutu Pendidikan. Jurnal Al-ta‟lim.

Hidayati, N. A. (2020). Exploring the Implementation of Local Wisdom-Based Character Education among Indonesian Higher Education Students. International Journal of Instruction. Vol. 13. No. 2, 179-198.

Irawati, D. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1224-1238.

Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 1224-1238.

Jamaludin, J. A., & Hasdin, H. (2022). Penerapan Nilai Profil Pelajar Pancasila Melalui Kegiatan Kampus Mengajar Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 698-709.

Juliani, A. J., & Bastian, A. (2022). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.

Kahfi, A. (2022). Implementasi profil pelajar Pancasila dan Implikasinya terhadap karakter siswa di sekolah. DIRASAH: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam, 138-151.

Kemendikbudristek. (2022). Keputusan Kepala Badan Standar Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nomor 009/H/KR/2022. Jakarta.

Khoiriyah, U. d. (2023). Fenomena Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembentukan Karakter Profil Pelajar Pancasila Siswa Sekolah Dasar. Else; Elementary School Education Journal.

Kiska, N. D., Putri, C. R., Joydiana, M., Oktarizka, D., Maharani, S., & Destrinelli. (2023). Peran Profil Pelajar Pancasila untuk Membentuk Karakter Peserta Didik Sekolah Dasar. Journal on Education, 4179-4188.

Kurniawan, D. A., Kiska, N. D., & Damayanti, L. (2022). Teaching Primary School Students through Local Cultural Games for Improving Positive Characters. International Journal of Instruction, 1047-1078.

Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasa. EDUSAINTEK: Jurnal Pendidikan, Sains dan Teknologi, 687-706.

Marzuki. (2015). Pendidikan Karakter Islam. Jakarta: Amzah.

Murtadlo, M. A. (2021). Indeks Karakter Siswa Jenjang Pendidikan Menengah. Jakarta: Litbang Diklat Press, Badan Litbang Agama dan Diklat Keagamaan Departemen Agama RI.

Muslimin, I. (2023). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter di Madrasah Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Darussalam (JMPID). Vol. 5, No. 1., 108-130.

Penyusun, T. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA). Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Penyusun., T. (2021). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah (SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA). Jakarta: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Dilindungi Undang-Undang.

Prihatmojo, A. B. (2020). Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Mencegah Degradasi Moral di Era 4.0. Dwija Cendekia; Jurnal Riset Pedagogik, 142-152.

Qomariyah, N. M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series. Volume 10.

Rahmaayanti, D. H. (2022). Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. Basicedu. Volume 6. Nomor 4., 7174-7178.

Sanjaya, W. D. (2023). Implementasi Pendidikan Karakter Pada Kurikulum Merdeka Menurut Kajian Filsafat Progresivime. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar. Volume 08 Nomor 02.

Santika, I. G. (2021). Grand Desain Kebijakan Strategi Pemerintah Dalam Bidang Pendidikan Untuk Menghadapi Pevolusi Industri 4.0. Jurnal Education and Development. Vol. 9 No. 2.

Sari, F. I. (2023). Analisis Perbedaan Kurikulum 2013 dan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Konseling. Volume 5 Nomor 1.

Sholekah, F. F. (2020). Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum 2013. Childhood Education; Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. Vol 1 No 1.

Siregar, M. I. (2022). Pendidikan Karakter di Era Milenial. Al-Ikhtibar; Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 9. No. 2.

Suprayitno, A. W. (2020). Pendidikan Karakter Di Era Milenial. Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama).

Ulandari, S., & Rapita, D. D. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila sebagai Upaya Menguatkan Karakter Peserta Didik. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 116-132.

Widayati. (2020). Gotong Royong. Alprin.

Widyastuti, T. (2022). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Kurikulum Merdeka PAUD. Referen, 189-203.

Yanzi, H., Faisal, E. E., Mentari, A., Rohman, R., & Seftriyana, E. (2022). Analysis of the Implementation of the Pancasila Student Profile Strengthening Project (P5) in Junior High School Category of the Independent Changed Bandar Lampung City. Jurnal Pendidikan Progresif.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsep dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Downloads

Published

2024-06-27

How to Cite

Ira Wirdatus Solichah, and Marno. 2024. “Manajemen Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Penguatan Karakter Siswa”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):951-61. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.860.

Issue

Section

Articles