Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Korban Bullying

Authors

  • Farhatul Fadhilah Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Predi Ady Ray Ritonga Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Putri Nadira Sandra Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Rosita Dongoran Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.876

Keywords:

Peran Guru, Bimbingan dan Konseling, Perilaku Bullying

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperjelas poin-poin penting yang menjadi pedoman dan nasihat guru  untuk mencegah perilaku bullying di kalangan siswa.Bullying adalah situasi di mana orang atau kelompok berpengaruh melanggar aturan kekuasaan dalam berhubungan dengan orang lain, sehingga menimbulkan kerugian dan dapat terjadi berulang kali.Bullying merupakan bentuk atau perilaku kasar dan emosional terhadap siswa di sekolah.Perilaku intimidasi ini dapat dilakukan, umum terjadi, dan menyebabkan kerugian fisik dan psikologis pada seseorang, kerabat, atau anggota keluarga.Tujuan dari  penelitian ini adalah untuk mengetahui peran bimbingan dan nasehat guru dalam penerapan dan pengelolaan perilaku bullyingterhadap  siswa di sekolah.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adif Jawadi Saputra, & Sri Saparahayuningsih. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. CONSILA: Jurnal Ilmiah BK, 5(3), 216–227.

Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. COUNSELINGFOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 53–62. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/376

Crystallography, X. D. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Harjiyanti, F., Fip, /, & Uny, /. (n.d.). Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa Di Sdit Lhi Teacher’S Role in Controlling Bullying Behaviour Students At Sdit Lhi. 841–848. www.kpai.go.id

Ramdani, R. (2016). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Mengentaskan Perilaku Bullying Participant of the Teachers Bk / Counselors To Alleviate Bullying Behavior. Cahaya Pendidikan, 2(1), 84–91. https://doi.org/10.33373/chypend.v2i1.608

Rovisa, R., & Ernawati, I. (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Siswa Kelas Viii Di Smp N 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2020/2021. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 158–164. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2196

Sa’diah, H., & Muarif, A. S. M. (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminialisir. Jurnal At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(3), 419–426. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jbkid/article/view/1459/940

Setiawan, E. (2015). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Tawuran Pelajar. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(2), 23. https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6401

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Wati, R. A., & Purnomo, H. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Guna Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas IV SD Inpres Kerora. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 46–53. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Yandi, F., Kasih, F., & Suarja, S. (2008). Keywords : Bullying , Counselor , students PENDAHULUAN.

Adif Jawadi Saputra, & Sri Saparahayuningsih. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Siswa Sekolah Menengah Pertama. CONSILA: Jurnal Ilmiah BK, 5(3), 216–227.

Bu’ulolo, S., Zagoto, S. F. L., & Laia, B. (2022). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Bullying Di Sma Negeri 1 Amandraya Tahun Pelajaran 2020/2021. COUNSELINGFOR ALL: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 53–62. https://jurnal.uniraya.ac.id/index.php/Counseling/article/view/376

Crystallography, X. D. (2016). 済無No Title No Title No Title. 1–23.

Firmansyah, F. A. (2022). Peran Guru Dalam Penanganan Dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590

Harjiyanti, F., Fip, /, & Uny, /. (n.d.). Peran Guru Kelas Dalam Menangani Perilaku Bullying Siswa Di Sdit Lhi Teacher’S Role in Controlling Bullying Behaviour Students At Sdit Lhi. 841–848. www.kpai.go.id

Ramdani, R. (2016). Peran Guru Bk/Konselor Dalam Mengentaskan Perilaku Bullying Participant of the Teachers Bk / Counselors To Alleviate Bullying Behavior. Cahaya Pendidikan, 2(1), 84–91. https://doi.org/10.33373/chypend.v2i1.608

Rovisa, R., & Ernawati, I. (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Mengatasi Bullying Siswa Kelas Viii Di Smp N 1 Kasihan Bantul Tahun Ajaran 2020/2021. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 158–164. https://doi.org/10.31316/g.couns.v6i1.2196

Sa’diah, H., & Muarif, A. S. M. (2021). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meminialisir. Jurnal At-Taujih: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 2(3), 419–426. https://ejournal.iaida.ac.id/index.php/jbkid/article/view/1459/940

Setiawan, E. (2015). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Mengatasi Tawuran Pelajar. Psikoislamika : Jurnal Psikologi Dan Psikologi Islam, 12(2), 23. https://doi.org/10.18860/psi.v12i2.6401

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2020). Implementasi Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Tahsinia, 1(2), 138–146. https://doi.org/10.57171/jt.v1i2.189

Wati, R. A., & Purnomo, H. (2022). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pembelajaran Guna Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar Kelas IV SD Inpres Kerora. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(2), 46–53. http://ejournal.upg45ntt.ac.id/index.php/ciencias/index

Yandi, F., Kasih, F., & Suarja, S. (2008). Keywords : Bullying , Counselor , students PENDAHULUAN.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Farhatul Fadhilah, Predi Ady Ray Ritonga, Putri Nadira Sandra, and Rosita Dongoran. 2024. “Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Memotivasi Korban Bullying”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1372-83. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.876.

Issue

Section

Articles