Dampak Perilaku Body Shaming Terhadap Psikologis Peserta Didik Tingkat Madrasah Aliyah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.917Keywords:
Dampak Perilaku, Body Shaming, Peserta didik.Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengekplorasi bentuk dari perilaku body shaming bagi peserta didik tingkat madrasah aliyah di Kota Padang Sumatera Barat. Dalam penelitian ini, subyeknya yakni 4 madrasah aliyah yang berkategori unggul di Kota Padang Sumatera Barat yang terdiri dari dua belas orang informan, informan ini merupakan peserta didik yang pernah mengalami langsung perilaku body shaming di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Miles dan Huberman yaitu mengumpulkan data, setelah data terkumpul kemudian dilakukan analisis, selanjutnya mereduksi data dan menyimpulkan penelitian. Selanjutnya hasil analisis data disajikan dalam bentuk uraian naratif. Hasil yang diperoleh melalui penelitian ini terkait dampak perilaku body shaming yang terjadi di sekolah terdiri dari 5 tema, yaitu 1) meningkatnya emosial yang bersifat negatif seperti marah, kesal, dan malu; 2) mental merasa tertekan seperti takut, tidak nyaman, dendam, dan jadi murah terpancing, dan cepat marah; 3) menurunnya kesejahteraan psikologis; 4) kurangnya rasa kenyamanan; 5) menghindari sekolah dengan cara berpura- pura sakit.
Downloads
References
Agustina, P., Bahri, S., & Bakar, A. (2019). Analisis faktor penyebab terjadinya kejenuhan belajar pada siswa dan usaha guru BK untuk mengatasinya. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 4(1).
Aisyah, A., & Chisol, R. (2020). Rasa syukur kaitannya dengan kesejahteraan psikologis pada guru honorer sekolah dasar. Proyeksi: Jurnal Psikologi, 13(2), 109–122.
Annisavitry, Y., & Budiani, M. S. (2017). Hubungan antara kematangan emosi dengan agresivitas pada remaja. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 4(1), 1–6.
Azizah, D. D., & Murniyetti, M. (2023). Pelaksanaan Program Tahfidz Al-Qur’an Dalam Membentuk Karakter Religius Peserta Didik. An-Nuha, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.24036/annuha.v3i1.275
Bagou, D. Y., & Suking, A. (2020). Analisis kompetensi profesional guru. Jambura Journal of Educational Management, 122–130.
Elkhaira, I., BP, N. A., Engkizar, E., Munawir, K., Arifin, Z., Asril, Z., Syafril, S., & Mathew, I. B. D. (2020). Seven Student Motivations for Choosing the Department of Early Childhood Teacher Education in Higher Education. Al-Athfal: Jurnal Pendidikan Anak, 6(2), 95–108.
Engkizar, E., Alfurqan, A., Murniyetti, M., & Muliati, I. (2018). Behavior and Factors Causing Plagiarism Among Undergraduate Students in Accomplishing the Coursework on Religion Education Subject. Khalifa: Journal of Islamic Education, 1(1), 98–112.
Fatmawati, F., Afrizawati, A., Miftahuddin, M., Suhaimi, S., Zatrahadi, M. F., Darmawati, D., & Nurjanah, A. S. (2021). Hubungan Body Shaming Terhadap Keadaan Self Confidence Remaja. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 4(1), 13–17.
Fauzia, T. F., & Rahmiaji, L. R. (2019). Memahami pengalaman body shaming pada remaja perempuan. Interaksi Online, 7(3), 238–248.
Flak, S. R. (2021). The influence of maternal body-shaming comments and bodily shame on portion size [PhD Thesis, University of South Florida].
Gam, R. T., Singh, S. K., Manar, M., Kar, S. K., & Gupta, A. (2020). Body shaming among school-going adolescents: Prevalence and predictors. International Journal of Community Medicine and Public Health, 7(4), 1324.
Gebrina, A. (2016). Gambaran Tipe Kepribadian Remaja yang Kecanduan Bermain Game Online di Warnet Queen [PhD Thesis, Fakultas Kedokteran (UNISBA)].
Goleman, D., & Hermaya, T. (2002). Emotional Intelligence (Kecerdasan emosional): Mengapa EI lebih penting daripada IQ.
Hafizha, D., Ananda, R., & Aprinawati, I. (2022). Analisis Pemahaman Guru Terhadap Gaya Belajar Siswa di SDN 020 Ridan Permai. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 8(1), 25–33.
Harahap, N. (2020). Penelitian kualitatif.
Hm, E. M. (2016). Mengelola kecerdasan emosi. Tadrib, 2(2), 198–213.
Iannaccone, M., D’Olimpio, F., Cella, S., & Cotrufo, P. (2016). Self-esteem, body shame and eating disorder risk in obese and normal weight adolescents: A mediation model. Eating Behaviors, 21, 80–83.
Isrokatun, I., Rahayu, M., & Dewi, W. P. (2022). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Kesehatan Mental Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 834–851.
Jannah, M. (2017). Remaja dan tugas-tugas perkembangannya dalam islam. Psikoislamedia: Jurnal Psikologi, 1(1).
Kar, P. (2019). Partha Kar: Dieting and body shaming. BMJ, 364.
Karyanti, M. P., & Aminudin, S. P. (2019). Cyberbullying & Body Shaming. Penerbit K-Media.
Khairun, A. A., Equatora, M. A., Zulyadi, T., & Saputra, H. (2023). Penyuluhan Body Shaming di SMA Negeri 1 Darul Imarah Aceh Besar. Indonesian Journal of Community Services, 2(1), 5–8.
Kurniasari, E., Rusmana, N., & Budiman, N. (2019). Gambaran umum kesejahteraan psikologis mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 3(02), 52–58.
Laela, I. (2020). Pandangan Siswa Terhadap Perilaku Kekerasan Di Sdn 4 Terusan Raya Kota Kapuas.
Lestari, D. P., Sofah, R., & Putri, R. M. (2019). Tingkat kecerdasan emosi peserta didik kelas XI di SMA negeri 15 palembang. Jurnal Konseling Komprehensif: Kajian Teori Dan Praktik Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 11–20.
Miller, K. (2016). The Shocking Results of Yahoo Health’s Body-Positivity Survey. Yahoo.
Moya-Garofano, A., Torres-Marin, J., & Carretero-Dios, H. (2019). Beyond the Big Five: The fear of being laughed at as a predictor of body shame and appearance control beliefs. Personality and Individual Differences, 138, 219–224.
Ningrum, A. W. (2015). Studi tentang perilaku bullying di sekolah menengah pertama Se-Kecamatan Prajurit Kulon Kota Mojokerto serta penanganan oleh guru BK [PhD Thesis, State University of Surabaya].
NURHAMIDA, S. (2022). Pengaruh body shaming dimedia sosial instagram terhadap self confidence anggota KSR PMI-Unit Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim].
Oxford University Press. (2019b). Defnition of fat shaming in English by Oxford Dictionaries. Retrieved January 19, 2019.
Paturrochmah, H. (2020). Rasional Emotif Behavior Therapy (REBT) Islam dalam Menumbuhkan Sikap Mental Positif. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 200–217.
Pratama, A. S., & Rahmasari, D. (2020). Hubungan antara Body shaming dan Happiness dengan Konsep diri sebagai variabel mediator. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(3), 85–94.
Putri, B. A. S., Kuntjara, A. P., & Sutanto, R. P. (2018). Perancangan Kampanye “Sizter’s Project” sebagai Upaya Pencegahan Body Shaming. Jurnal DKV Adiwarna, 1(12), 9.
Ramahardhila, D., & Supriyono, S. (2022). Dampak Body Shaming Pada Citra Diri Remaja Akhir Perempuan. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 8(3), 961–970.
Ramli, R., & Prianto, N. (2019). Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Kecerdasan Emosional. Jurnal Al-Ibrah, 8(1), 14–29.
Saipudin, S. H., Hamidah, H., Ilmiani, A. M., & Musthofa, K. (2021). Menggaungkan Pendidikan Qawlan Ma’rufa sebagai Etika Pergaulan dalam Menyikapi Body Shaming. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 36–55.
Sakinah, I. B. L. (2018). Body Shaming, Citra Tubuh, Dampak dan Cara Mengatasinya. Jurnal Emik, 1(1), 54.
Schlüter, C., Kraag, G., & Schmidt, J. (2023). Body Shaming: An Exploratory Study on its Definition and Classification. International Journal of Bullying Prevention, 5(1), 26–37. https://doi.org/10.1007/s42380-021-00109-3
Sembiring, M., & Sijabat, E. S. (2023). Peran Guru Pendidikan Agama Katolik Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas Xi Ipa Di Sma Santo Antonius Bangun Mulia Medan. HELPER: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 40(2), 55–76.
Sugiati, T. (2019). The influence of body shaming toward FISIP Airlangga University students’ behaviour pattern. Indonesian Journal of Social Sciences, 11(02), 16–24.
Sukendar, M. U. (2018). Iklan Televisi Dan Anak (Studi tentang Iklan Susu Zee terhadap Perubahan Sikap dan Perilaku Anak d Sora Day Care Surakarta). Jurnal Ikon, 4(2), 17–28.
Sumakul, Y., & Ruata, S. (2020). Kesejahteraan psikologis dalam masa pandemi COVID-19. Journal of Psychology Humanlight, 1(1), 1–7.
Syafril, S., Aini, N. R., Pahrudin, A., & Yaumas, N. E. (2020). Spirit of Mathematics Critical Thinking Skills (CTS). Journal of Physics: Conference Series, 1467(1), 012069.
Winarno, M. E. (2013). Metodologi penelitian dalam pendidikan jasmani. Um press.
Yuliani, R. (2013). Emosi negatif siswa kelas XI SMAN 1 Sungai Limau. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 151–155.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Dinda Dwi Azizah, Fatimah Azzahra, Nurfarida Deliani, Juliana Batubara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.