Pemahaman Pendidikan Agama Islam dalam Dinamika Sosial Masyarakat

Authors

  • Nazahah Ulin Nuha Universitas Muhammadiyah Malang
  • Tobroni Universitas Muhammadiyah Malang
  • Faridi Universitas Muhammadiyah Malang

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.929

Keywords:

PAI, Masyarakat, Sosiologi

Abstract

Sosiologi merupakan suatu studi terhadap bidang pendidikan yang mengarah pada pemahaman hubungan antara sosiologi yaitu masyarakat dan pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pendidikan agama Islam dari sudut pandang pendekatan sosiologis. Peran penting pendidikan agama islam terhadap lingkungan masyarakat. Metode yang digunakan adalah studi pustaka (library research), diikuti dengan analisis dan penyajian objektif hasil temuan data. Temuan penelitian menunjukkan variasi perspektif terhadap pendidikan agama Islam dalam konteks sosiologis, sejalan dengan keragaman umum dalam kajian sosiologi. Keberagaman ini menandakan pentingnya pendekatan sosiologis dalam memahami agama, terutama karena banyak ajaran agama yang terkait dengan isu-isu sosial. Perhatian agama terhadap masalah sosial mendorong mereka untuk memahami ilmu-ilmu sosial sebagai sarana untuk memahami ajaran agama. Pendekatan sosiologis terhadap agama mempermudah pemahaman, terutama bagi mereka yang belum terlalu familiar, karena mengakui bahwa pendidikan agama islam turut dipengaruhi oleh kepentingan sosial, seperti relevansi dalam masyarakat, persaudaraan, perdamaian, dan toleransi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiyono, A., Julaiha, J., & Jumrah, S. (2023). Perubahan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam Di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendikia Paser. IQRO: Journal of Islamic Education, 6(1), 33–60.

Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., & Chotimah, O. (2022). METODE PENELITIAN KUALITATIF STUDI PUSTAKA. 6(1), 974–980.

AL FĀRŪQĪ, I. R. (2019). Islamic Culture. Islam, 2(2), 86–90. https://doi.org/10.2307/j.ctvkc67zd.26

Araniri, N. (2019). Nilai-Nilai Multikultural dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Mau’izhoh, 1(1), 1–11.

Assayuthi, J. (2020). Urgensi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Multikultural. Atthulab: Islamic Religion Teaching and Learning Journal, 5(2), 240–254. https://doi.org/10.15575/ath.v5i2.8336

Habib Abdillah, S. A., & Diana Devi, A. (2020). Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pendekatan Sosiologi. Al - Azkiya : Jurnal Ilmiah Pendidikan MI/SD, 5(2), 143–149. https://doi.org/10.32505/v4i1.1007

Hamali, S. (2017). 2111-4188-1-Sm. 86–105.

Hasnawati. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Multikultural. Edukasi, 8(2), 157–170. https://doi.org/10.32520/judek.v8i2.1163

Khoiruman, K. (2020). Pembelajaran Materi PAI Berwawasan Multikultural. Jurnal Pendidikan Edukasia Multikultura, 13(2), 8–10. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/multikultura/article/view/3400

Kurniawati, E. W., Rustina, R., & Idhan, M. (2023). Membangun masyarakat holistik di era society 5.0 melalui implementasi pembelajaran pai pada kurikulum merdeka. Kajian Islam Dan Integrasi Ilmu Di Era Society 5.0, 0, 389–395.

Mahsun, M. (2019). Nilai Multikultural dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di Sekolah: Studi terhadap Upaya Membina Karakter Siswa di SMKN 1 Gerung. Jurnal Penelitian Keislaman, 15(1), 66–83. https://doi.org/10.20414/jpk.v15i1.1103

Mawardi. (2016). Batasan Dan Aspek-Aspek Agama Dalam Perspektif Sosiologi. Substantia, 18(2), 219–232.

Palopo, A. D., Malang, U. M., & Surat, A. (2023). Fenomena Keberagamaan dalam Masyarakat : Perspektif Sosiologis dalam Kajian Pendidikan Agama Islam Pendahuluan. 6(1), 21–32. https://doi.org/10.32528/tarlim.v5i2.8849.3

Radhyatul Hamidah, L. W. (2022). Implementasi Pendekatan Sosiologi pada Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pilar: Jurnal Kajian Islam Kontemporer, 13(2), 175–187.

Rahmawati, N. R., Oktaviani, V. D., Wati, D. E., Nursaniah, S. S. J., Anggraeni, E., & Firmansyah, M. I. (2021). Karakter religius dalam berbagai sudut pandang dan implikasinya terhadap model pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 10(4), 535. https://doi.org/10.32832/tadibuna.v10i4.5673

Rambe, T., Sari, S. M., & Rambe, N. (2021). Ragam Ekspresi Beragama: Agama Dalam Perspektif Sosiologi. Studia Sosia Religia, 4(1), 52–63.

Rofifah, D. (2020). Internalisasi. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 12–26.

Sahrul Takim, Adiyana Adam, T. Y. (2022). Paradigma PAI Rahmatan Lil Alamin dalam Ragam Perspektif. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(18), 358–375.

Saodah, S. (2018). Model Pendidikan Agama Islam Berwawasan Multikultural Di Madrasah. As-Salam: Jurnal Ilmiah Ilmu-Ilmu Keislaman, 1(1), 75–100. http://journal.stai-yamisa.ac.id/index.php/assalam/article/view/12

Tamam, B., & Arbain, M. (2020). 8721-21812-1-Pb. 3(2), 217–252. https://doi.org/10.24853/ma.3.

Ubaidillah, U., & Khumidat, K. (2018). Multikulturalisme dalam Pendidikan Agama Islam dan Implementasinya di SMA Negeri 3 Lumajang. Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 128. https://doi.org/10.36835/tarbiyatuna.v11i2.334

Downloads

Published

2024-06-19

How to Cite

Nazahah Ulin Nuha, Tobroni, and Faridi. 2024. “Pemahaman Pendidikan Agama Islam Dalam Dinamika Sosial Masyarakat”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (2):611-22. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i2.929.

Issue

Section

Articles