Pengaruh Model Pembelajaran Go To Your Post terhadap Minat Belajar Kitabah Kelas VII SMP Al-Aisyah Bogor

Authors

  • Fatchiatuzahro Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Irfi Riadhiyah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.946

Keywords:

Go to Your Post, Minat, Belajar Kitabah

Abstract

Dengan pertimbangan usia siswa kelas VII SMP yang berada pada masa transisi kanak-kanak dan awal remaja, usia yang masih membutuhkan permainan dalam proses belajarnya, maka implementasi learning model Go To Your Post diharapkan dapat menghilangkan anggapan bahwa belajar kitabah itu tidak menarik dan membosankan yang menyebabkan minat siswa akan hilang. Dengan demikian, learning model Go To Your Post diterapkan dalam pembelajaran kitabah di kelas VII SMP Al-Aisyah Bogor. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif dengan model analisis regresi sederhana untuk mengukur pengaruh Go To Your Post sebagai variabel independen terhadap minat belajar kitabah sebagai variabel dependen. Model pembelajaran Go to Your Post memberikan pengaruh muncul keberanian bertanya, siswa tampak ceria, dan siswa aktif dalam rangkaian kegiatan pembelajaran. Selaras dengan pernyataan diatas, diketahui  dalam perhitungan nilai Sig. Regresi sebesar 0.018 <  0.05 yang memiliki arti adanya pengaruh variabel X atau Metode Go To Your Post terhadap variabel Y atau minat belajar kitabah. Karena nilai 0.228 lebih kecil dari  0.33, menurut Chin ini menunjukan adanya pengaruh yang rendah. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Busaidi, Fatma Y. Arabic in Foreign Language Programmes: Difficulties and Challenges, dalam Journal of Educational and Psychological Studies [JEPS]. 9 (4) p. 701–717. 2015. https://doi.org/10.53543/jeps.vol9iss4pp701-717

Ariyanto, Joko Umi Nurhayanti, Problematika Pembelajaran Maharah Kitabah Di MTs Islam Al Mukmin Ngruki Cemani Grogol Sukoharjo 2015-2016”Program Studi Pendidikan Bahasa Arab (PBA) Sekolah Tinggi Islam Al-Mukmin Surakarta, dalam Jurnal Sanaamul Qur’an. 4 (1), p. 28-29. 2023.

Buhun, Miftahul Fadliah dkk. The Influence of Teams Games Tournament (TGT) toward Students’Interest in Arabic LanguageLearning. dalam Jurnal UMM. 2 (2) p. 138-139. 2019. http://dx.doi.org/10.22219/jiz.v2i2.9986

Chairunnisa, Hera. Pengaruh Strategi Go To Your Post (Bergerak Kearah Yang Di Pilih) Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X Sma Prayatna Medan, Dalam Jurnal Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5 (1) p. 103. 2020. http://dx.doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3045

Fatchiatuzahro. Edutainment dalam Mushaf Al-Qur’an di Indonesia. dalam Disertasi Program Studi Ulumul Qur’an dan Tafsir IIQ Jakarta. 2022.

Haryanto, Yusuf. Modul Statistik. Bogor: STKIP Muhammadiyah Bogor. 2022.

Inntyre, Miranda M. dkk. Learning an Individual Difference, dalam Journal of Elsevier, 85 p. 1. 2021. Learning and Individual Differences | Vol 85, January 2021 | ScienceDirect.com by Elsevier

LPPM IUQI Bogor. Buku Panduan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat 2019-2020. Bogor: LPPM IUQI. 2020

Madrasah, Direktorat KSKK. Contoh TP, ATP Dan Modul Ajar Kurikulum Merdeka Pada Madrasah Jakarta: Ditjen Pendidikan Islam Kementerian Agama RI. 2022.

Masrukin. Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kudus: Media Ilmu Press & Mibarda Publishing. 2015.

Prihartini,Yogi dkk. Peningkatan Maharah Al Kitabah Melalui Penerapan Media Lauhah Al Juyub Pada Siswa Mtsn Aceh Utara, dalam Jurnal Literasiologi. 1 (1). p. 40. 2018.

Rathomi, Ahmad. Maharah Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab. dalam Jurnal TARBIYA ISLAMICA: Jurnal Keguruan dan Pendidikan Islam. 01 (1) p. 2-4. 2020.

Silberman, Mal. Active Learning: 101 Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: YAPPENDIS. 2002.

Suardipa, I Putu. Guru Sebagai Agen Inovator Berbasis Higher Order Thinking Skills, dalam Jurnal Purwadita: Jurnal Agama Dan Budaya. 2 (2). p. 73-83. 2018.

Sugiyono. Metodologi Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alvabeta. 2015.

Susanti, Eka. Efektivitas Pembelajaran Insya’ Muwajjah Untuk Meningkatkan Maharotul Kitabah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII Mts Negeri 8 Muaro Jambi. dalam Jurnal AD-DHUHA: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab dan Budaya Islam. 3 (1) p. 1-11. 2022.

Susanti, Elvia dkk. 2020. Pengaruh Penggunaan Media Powerpoint Terhadap Minat Belajar Bahasa Arab Siswa, dalam Jurnal Arabiyatuna. 4 (1). p. 180-181. 2022. http://dx.doi.org/10.29240/jba.v4i1.1406

Wedasuwari, Ida Ayu Made dan A.A. Istri Yudhi Pramawati. Motivasi Belajar Mahasiswa dalam Pembelajaran Academic Writing melalui Strategi Go to Your Post, dalam Jurnal Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan. 3 (1) p. 109-118. 2019.

Chin, W.W. The Partial Least Squares Aproach to Structural Equation Modelling. (Modern Methods for Business Reseach). p. 295-336. 1998.

Ghozali, I. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program SPSS 23: Edisi 8. (Semarang: Penerbit Universitas Diponegoro). 2016.

Meyanti, Riska, dkk. Optimalisasi Minat Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Solving. Dalam Proceedings International Conference Teaching and Education (ICoTe). 2(2). p. 262-266. 2019. http://dx.doi.org/10.26418/icote.v2i2.38239

WEB:

Google Scholar, dalam "model pembelajaran" menumbuhkan minat pembelajaran... - Google Scholar, diakses Jumat, 29 September 2023.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Fatchiatuzahro, and Irfi Riadhiyah. 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Go To Your Post Terhadap Minat Belajar Kitabah Kelas VII SMP Al-Aisyah Bogor”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1194-1206. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.946.

Issue

Section

Articles