Relevansi Nilai-Nilai Akhlak Generasi Z dalam Buku yang Hilang dari Kita: Akhlak Karya Muhammad Quraish Shihab

Authors

  • Dewi Malikhatuz Zahroh Universitas Al-Falah As-Sunniyah
  • Nur Jannah Universitas Al-Falah As-Sunniyah

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.953

Keywords:

Relevansi, Nilai-Nilai Akhlak, Generasi Z

Abstract

Penelitian ini menyoroti bagaimana nilai-nilai akhlak yang diuraikan dalam buku Yang Hilang dari Kita: Akhlak karya Muhammad Quraish Shihab relevan atau dapat diterapkan pada kehidupan generasi Z, yang dikenal sebagai generasi digital dengan tantangan etika dan moral yang berbeda dibandingkan dengan generasi sebelumnya. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif library research menggunakan sumber primer buku Yang Hilang dari Kita: Akhlak. Dalam buku tersebut penulis memaparkan poin penting dalam pembentukan dan penanaman akhlak generasi Z yaitu: berilmu, membaca, sikap disiplin diri, hidup sederhana, memiliki malu dan tabayyun. Nilai-nilai tersebut memiliki relevansi dengan beberapa problem yang dihadapi generasi Z yaitu, penggunaan gadget yang berlebihan, gaya hedon dan minim malu, adanya degradasi moral mengharuskan para orang tua berperan aktif dalam menanamkan nilai akhlak dan mengawasi perilaku mereka. Akhlak dapat dibentuk melalui pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan secara berulang-ulang, karena tidak ada pembentukan akhlak yang instan melalui prosedur yang sebentar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, A., & Prapanca, D. (2023). Dampak Gaya Hidup Hedonisme dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Perilaku Keuangan Generasi Z dengan Locus of Control. IJIEB: Indonesian Journal of Islamic Economics and Business, 8(2), 304.

Alawiyah, S., Handrianto, B., & Rahman, I. K. (2020). Adab Berpakaian Wanita Muslimah Sesuai Tuntunan Syariat Islam. Rayah Al-Islam, 4(02), 220.

Alfaridzi, M., Damanik, N., & Munandar. (2024). Hakikat Malu Dalam berakhlakul karimah di Zaman Modern ( kajian Ma’an al- Hadits). Jurnal Ilmu Hukum, Sosial Dan Humaniora, 8(2), 226.

Alfikar, A. R. H., & Taufiq, A. K. (2022). Metode Khusus Muhammad Quraish Shihab dalam Tafsirnya. Jurnal Iman Dan Spiritualitas, 2(3), 375.

Ambarsih, G. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak untuk Peserta Didik menurut M. Quraish Shihab dalam Buku Yang Hilang dari Kita: Akhlak. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Anwar, R. (2020). Rasa Malu Menggambarkan Kwalitas Keimanan Seorang Muslim. Pojok Dirjen. https://badilag.mahkamahagung.go.id/pojok-dirjen/pojok-dirjen-badilag/rasa-malu-menggambarkan-kwalitas-keimanan-seorang-muslim

Arie Rachma Putri, Faizah Khotimatul Husna, Habib Ismail, Tutik Indraswati, & Safira Nur Sulistya. (2023). Peran Orang Tua Dalam Financial Education Pada Anak Usia Dini. WISDOM : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(02), 140.

Asari, A., Junaidin, Hilir, A., Saputra, A., Hermansyah, Satriyadi, Sinulingga, N. N., Makruf, S. A., Rahmah, Srinawati, R., Maturidi, A. J., Hariati, A., & Faizah, S. I. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam (Issue 112). CV. Istana Agency.

Ayubi, Y. (2022). Hilangnya Rasa Malu Anak Muda di Zaman Sekarang. Kompasiana.Com. https://www.kompasiana.com/alayubi25/635fdbaa08a8b506f3787054/hilangnya-rasa-malu-anak-muda-di-zaman-sekarang

Aziz, W. F. (2022). Tren Barat Yang Mengubah Budaya Fashion Remaja Masa Kini. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/wildanf4610/623a907cd69ab313d21dc1f2/tren-barat-yang-merubah-budaya-fashion-remaja-masa-kini

Bado, B., Tahir, T., & Supatminingsih, T. (2023). Studi Social Climber Gen-Z dan Perilaku Ekonominya. Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 4(1), 504.

Baidawi, & Amalih, I. (2020). Konsep Ilmu Ladunî Dalam Al-Quran (Study Atas Tafsir Sufi Al-Qusyairi Dalam Lataif Al-Isyarat). El-Waroqoh : Jurnal Ushuluddin Dan Filsafat, 4(2), 182.

Chan, S. S. D., & Halik. (2020). Bimbingan Rasulullah Saw Dalam Menumbuhkan Sifat Malu. Jurnal Bimbingan Penyuluhan Islam, 2(2), 307.

Creswell, J. W. (2021). RESEARCH DESIGN Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran (Cet. V). PUSTAKA PELAJAR.

Darmawati. (2022). Aplikasi Webtoon Sebagai Media Pembelajaran Membaca. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(2), 204.

Darwanti, S. (2022). Kartini Tiga Dimensi. In Antologi Kisah Emansipasi di Masa Pandemi Tentang R.A Kartini (p. 223). Cv. Oase Pustaka.

Dwiyansyah, Y. (2023). Gen Z, Hedonisme dan pentingnya Literasi Keuangan. Redaksi Kumparan. https://kumparan.com/yosep-dwiyansyah/gen-z-hedonisme-dan-pentingnya-literasi-keuangan-20aVSjrspm2/2

Fachri, F. (2023). Remaja yang Tempelkan Alquran ke Kemaluan Demi Uang Rp 50 Ribu Jadi Tersangka. Republika. https://news.republika.co.id/berita/s3yd05396/remaja-yang-tempelkan-alquran-ke-kemaluan-demi-uang-rp-50-ribu-jadi-tersangka

Faisal, Budianti, Y., & Hanum OK, A. (2023). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Perspektif M. Quraish Shihab Pada Buku “Yang Hilang Dari Kita Akhlak.” Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(3), 478.

Farnawati, C. (2020). Al- Haya ’ Dalam Perspektif Psikologi Islam : Kajian Konsep Dan Empiris. Jurnal Studia Insania, 8(2), 101.

Fauzi, A., & Alfiah. (2021). Urgensi Dan Keutamaan Serta Kedudukan Ilmu Yang Bermanfaat Sebagai Aset Akhirat. Journal of Education and Teaching, 2(2), 138.

Fauziah, U. (2020). Tabayyun dan Hukumnya Sebagai Penanggulangan Berita Hoax Di Era Digital Dalam Perspektif Fiqih. Jurnal Al-Yasin, 5(1), 117.

Fekrat, I., Nurdin, S., & Kosim, M. (2024). Penanaman Nilai Karakter Islami Melalui Kegiatan Tausyiah Ramadhan Pendahuluan Pendidikan Islam di Indonesia dapat diperoleh tidak hanya dalam bentuk pendidikan formal yang memiliki jenjang dan jenis pendidikan , tetapi pendidikan Islam dapat diperoleh me. Civic Education And Social Science Journal, 6(1), 59.

Fikri, M. (2019). Pola Wahyu Memandu Ilmu Dalam Penanaman Akidah Akhlak Generasi Milenial. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 6(1), 78.

Firdaus. (2019). Dasar Integrasi Ilmu dalam Alquran. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 16(1), 29.

Fitria, N. (2019). Instagram : Media Dalam Berprasangka. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 53.

Gabriela, J., & Mau, B. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Perilaku Anak Remaja Masa Kini. Excelsis Deo: Jurnal Teologi, Misiologi Dan Pendidikan, 5(1), 25.

Halimah, A. (2023). Akhlak Kita, Susunan Al-Habib Umar bin Hafidz (Cet 2.). Wafa Production.

Hamzah, amir. (2022). Metode Penelitian Keputakaan Library Research (Cet. 1). PT. Raja Grafindo Persada.

Has, M. H. (2016). Kontribusi Tafsir Nusantara untuk Dunia (Analisis Metodologi Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab). Al-Munzir, 9(72), 69–79.

Hasan, F. (2021). Peta Pemikiran M. Quraish Shihab dalam Wacana Studi Al-Qur’an di Indonesia. Citra Ilmu, XVII(34), 17.

Hidayat, M. A., Kalijogo, T. S., Munawaroh, S., Handayani, S., Saputri, E. I., & Apriliana, N. A. (2023). Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Degradasi Moral. Journal of Multidisciplinary Studies, 7(1), 25.

Islah, G. (2002). Khazanah Tafsir Indonesia. Pustaka Teraju.

Ismeida, N. (2021). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak Dalam Pandangan Muhammad Quraish Shihab Tentang Birrul Walidain ( Studi Analisis Buku Yang Hilang Dari Kita). universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Jannah, N., & Umam, K. (2021). Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12(1), 97.

Kartiyani, T., Kusumawati, Sd. D., & Budiarti, T. (2020). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Dampak Negatif Penggunaan Gadget dan Deteksi dini Gangguan Sensomotorik Serta Perubahan Postural Pada Anak. Jurnal Pengabadian Masyarakat Al-Irsyad, 2(1), 87.

Khafsoh, N. A., Rukmaniyah, R., & Farhani, K. R. S. (2022). Praktik Poligami Di Indonesia Dalam Perspektif M. Quraish Shihab, Hussein Muhammad, Dan Nasaruddin Umar (the Practice of Polygamy in Indonesia Within the Perspectives of M. Quraish Shihab, Hussein Muhammad, and Nasaruddin Umar). Jurnal Sosiologi Reflektif, 16(2), 8.

Khairunnisa, Y. P. (2023). Kebiasaan Gaya Hidup Hedonisme terhadap Perkembangan Kepribadian Anak. JUBIKOPS: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 3(1), 37–38.

Khoiriyah, Ni’mah, M., & Hermawati. (2023). Pendidikan Akhlak yang Terkandung dalam Buku “Yang Hilang dari Kita: Akhlak” Karya Muhammad Quraish Shihab. Asatiza: Jurnal Pendidikan, 4(2), 87–88.

Kholilah, A. I. (2023). Degradasi Moral Remaja yang Mengkhawatirkan di Era Digital. Kompasiana. https://www.kompasiana.com/ananda1307/646cd1434addee6585245542/degradasi-moral-remaja-yang-semakin-mengkhawatirkan-di-era-digital

Khotimah, K. (2014). Paradigma Dan Konsep Ilmu Pengetahuan Dalam Al-Qur`an. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 9(1), 69.

Laowo, U. G. D., Ita, L. S., Laia, G. P., Sihotang, I. N., & Nainggolan, I. D. (2023). Gambaran Gaya Hidup Hedonisme Dan Perilaku Konsumtif Pada Mahasiswa Prodi Manajemen Informasi Kesehatan Stikes Santa Elisabeth Medan. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(1), 54.

Maidah, N., & Jannah, N. (2024). Persepsi Guru Akidah Akhlak Pada Keterampilan Abad 21 Di Madrasah Aliyah Negeri 3 Jember. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 10(2), 748.

Marpaung, J. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget dalam Kehidupan. Junral Kopasta, 5(2), 60.

Maskhuroh, L. (2019). Pendidikan dan akhlak perspektif m. quraish shihab. Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora, 6(1), 327.

Moleong, L. J. (2016). METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF (Cet. XXXV). PT. Remaja Rosada Karya.

Muhammad, A. Z. (2022). Seputar Ibadah keseharian : Menjawab Beragam Problematika Thaharah dan Shalat (Cet. 2). Albidayah.

Muhammad, R. (2023). Membaca Buku: Melawan Lupa dan memperluas Imajinasi. Kumparan. https://kumparan.com/raihan-muhammad/membaca-buku-melawan-lupa-dan-memperluas-imajinasi-20QTsZrNH7V

Muslim. (1989). Shohih Muslim, Kitab Al-Dzikri Wa al Du’a. Dar al Fikri.

Musrofa, A., & Kurniasari, F. I. (2020). Konsep Akhlak Mahmudah Dan Madzmumah Perspektif Hafidz Hasan Al-Mas’udi Dalam Kitab Taysir Al-Khallaq. Ilmuna, 2(1), 52.

Nilamsari, G. A., Sugara, G. S., & Sulistiana, D. (2020). Analisis Determinasi Diri Remaja. Journal of Innovative Counseling : Theory, Practice & Research, 4(1), 21.

Ninis. (2023). Remaja Kian Sadis, Potret Buram Generasi Sekuler. Sip News.Id. https://www.sipnews.id/remaja-kian-sadis-potret-buram-generasi-sekuler/

Noor, M. (2022). Tabayyun. Kemenag Kalsel. https://kalsel.kemenag.go.id/opini/748/“Tabayyun”

Nur, A. (2012). M. Quraish Shihab dan Rasionalisasi Tafsir. Jurnal Ushuluddin, XVIII(1), 22.

Nurul, H., & Dhita, D. S. A. (2021). Analisis Kesalahan Fonologi Dalam Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Kelas Viii Di Lembaga Bahasa Arab Dan Inggris Pondok Pesantren Mamba’Ul Ma’Arif Denanyar Jombang. MUHIBBUL ARABIYAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 119.

Parhan, M., Jenuri, & Fajar, M. R. (2021). Media Sosial dan Fenomena Hoax : Tinjauan Islam Dalam Etika Berkomunikasi. Jurnal Ilmu Komunikasi, 5(1), 69.

Parhan, M., Pratiwi, C. A., Agustina, R., & Aini, S. N. (2022). Penari Berhijab dalam Perspektif Masyarakat sebagai Ajang Dakwah melalui Kesenian. Abdi Seni, 13(1), 49.

Patimah, L., & Herlambang, Y. T. (2021). Menanggulangi Dekadensi Moral Generasi Z Akibat Media Sosial Melalui Pendekatan Living Values Education (LVE). PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, Dan Pembelajaran, 5(2), 151.

Pratama, Y. I., & Santoso, A. B. (2024). The Impact Of Hedonic Lifestyle, Financial Literacy And Social Environtment On Students’ Consumtive Behaviour. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 5(2), 3190.

Purkon, A. (2023). Batasan Aurat Perempuan Dalam Fikih Klasik dan Kontemporer. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(3), 1047.

Qodriah, G. L. (2023). Kecerdasan Spiritual sebagai Paradigma Baru Penentu Keberhasilan Seseorang. Gunung Djati Conference Series, 24, 635.

Qothrunnada, K. (2022). Apa Itu Gaya Hidup Hedonisme? Ini Dampak, Contoh dan Cara Mengatasinya. Detikfinance. https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-6108754/apa-itu-gaya-hidup-hedonisme-ini-dampak-contoh-dan-cara-mengatasinya

Quraish Shihab. (2011). Mengurai Perkembangan Iptek dalam Kandungan Al-Qur’an. Majalah Genggong, 64.

Rahman, A. (2022). Ganteng Tidak Harus Mewah: Studi terhadap Gaya Hidup Sederhana pada Tiga Mahasiswa di Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(11), 1.

Rahmawati, N. (2016). KENAKALAN REMAJA DAN KEDISIPLINAN: Perspektif Psikologi dan Islam. Sawwa: Jurnal Studi Gender, 11(2), 269.

Rasyid, B. Al, Syahril, S., & Yanti, D. (2023). Manajemen Pendidikan Islam Dalam Peningkatan Kedisiplinan Santri Di Darul Qur ’ an At -Tibyan Islamic Boarding School. Jurnal Manajemen Dan Pendidikan, 02(04), 1210.

Resita, R., & Syamsuddin. (2022). Perilaku Hedonisme Remaja di Mall Panakukkang Makassar. In Jurnal Berita Sosial: Jurusan Pengembangan Masyarakat Islam (PMI): Vol. VII (Issue 1). Universitas Islam Negri Alauddin Makassar.

Rezqianto, A. (2024). Polisi Sebut Remaja rentan “Dijebak” Narkoba: Dikasih Gratis, lalu Kecanduan. DetikNews. https://news.detik.com/berita/d-7321573/polisi-sebut-remaja-rentan-dijebak-narkoba-dikasih-gratis-lalu-kecanduan

Ritonga, A. A., Purba, A. Z., Hilmi, F., Adriyani, F., & Azhari, Y. (2023). Keterampilan Membaca Pada Pembelajaran Kelas Tinggi Di Tingkat Mi/Sd. Riset Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 102.

Sadiman, A. (2012). Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Raja Grafindo Persada.

Saiddaeni, Saputra, E. B. N., Dardari, M. A., & Zulfandika, A. A. (2023). Studi Literatur: Adab Menuntut Ilmu Dalam Perspektif Kitab KH.Hasyim Asy’ari dan Naquib Al-Attas di Era Digital. An Naba, 6(2), 177.

Setianingsih, E. S. (2019). Wabah Gaya Hidup Hedonisme Mengancam Moral Anak. Malih Peddas (Majalah Ilmiah Pendidikan Dasar), 8(2), 143.

Shihab, M. Q. (1994). Lentera Hati : Kisah dan Hikmah kehidupan. Mizan Media Utama.

Shihab, M. Q. (2007a). Secercah Cahaya Ilahi. PT Mizan Pustaka.

Shihab, M. Q. (2007b). Wawasan Ak-Qur’an : Tafsir Tematik Atas Pelbagai Persoalan Umat (Cet. 1). Mizan Media Utama.

Shihab, M. Q. (2008). Tafsir Misbah , Tema : Pembahasan Surah An-Nisa’ Ayat 58-60. https://www.youtube.com/watch?v=E8VsJUX3AL0&list=PLGwvErsP8n7Dt_o5O-FEXYHKzHG5XC2h2&index=12

Shihab, M. Q. (2011). Membumikan Al-Qur’an Jilid 2. In Memfungsikan Wahyu dalam Kehidupan (Cet. 1). Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2015). Dia Dimana-mana “Tangan” Tuhan Di Balik Setiap Fenomena (Cet. XIV). Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2016a). Tafsir Al-Misbah. Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. PT. Lentera Hati.

Shihab, M. Q. (2016b). Tafsir Al-Misbah Spesial Hilbram Dunar - Jusuf Kalla. https://www.youtube.com/watch?v=YWNjSAP9dmQ

Shihab, M. Q. (2016c). Yang Hilang Dari Kita : AKHLAK (Cetakan V). Lentera Hati.

Sohrah. (2016). Etika makan dan minum dalam pandangan syariah. Al-Daulah, 5(1), 22.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Alfabeta.

Surasman, O. (2021). Karakter Negatif Manusia Dalam Al-Quran. Al Burhan: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pengembangan Budaya Al-Qur’an, 21(1), 73.

Syofrianisda, & Suardi, M. (2018). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Perspektif Al-Qur’an (Telaah Surat Luqman Ayat 13-19 dalam Tafsir al-Misbah Karangan M. Quraish Shihab). Jurnal Al-Ta’dib, 11(1), 96.

Tantri, A. A. S. (2016). Hubungan antara Kebiasaan Membaca dan Penguasaan Kosakata dengan Kemampuan Membaca Pemahaman. Acarya Pustaka, 2(1), 4.

Tranggono, Jasmin, K. J., Amali, M. R., Aginza, L. N., Sulaiman, S. Z. R., Ferdhina, F. A., & Effendie, D. A. M. (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi Di Era Globalisasi Dan Peran Pendidikan Terhadap Degradasi Moral Pada Remaja. Bureaucracy Journal : Indonesia Journal of Law and Social-Political Governance, 3(2), 1928.

Ulfairah, N. A. (2021). Hubungan gaya hidup hedonis dengan perilaku konsumtif pada mahasiswa di kecamatan sutera. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(2), 5471. http://jurnal.fisarresearch.or.id/index.php/salman/index

Ulya, R. F. (2020). Asbab an-Nuzul dalam Kitab Tafsir al-Misbah Karya M. Quraish Shihab (Studi Terhadap Surah al-Baqarah). Istinarah: Riset Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 2(2), 6.

Umah, A. (2019). Anak Zaman Now Lebih Pilih Gadget Ketimbang Buku. CNBC Indonesia. https://www.cnbcindonesia.com/lifestyle/20190930153408-33-103193/sri-mulyani-anak-zaman-now-lebih-pilih-gadget-ketimbang-buku

Wahyuti, S., Nasrun, A., & Zannati, S. L. (2023). Edukasi Pentingnya Budaya Menabung Sejak Dini Untuk Bekal Masa Depan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, 1(1), 17.

Wardatusshopa, F., Ummah, I., Karmilah, Sirozudin, Hidayat, W., & Djazimi, M. . (2024). Keutamaan Ilmu dalam Perspektif Hadis. Mimbar Kampus: Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 23(1), 518.

Widayani, S. (2020). Pembentukan Karakter Remaja Melalui Pola Asuh Demokratis Untuk Mencegah Kecanduan Gadget di Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, 279.

Widianto, F. (2018). Menjadi Hebat Zaman Now. CV. Jejak Publisehr.

Wulandari, N. G. S. (2022). Malu Yang Tergadai Di Sosial Media. Direktorat Pembinaan Kemahasiswaan. https://kemahasiswaan.uii.ac.id/malu-yang-tergadai-di-sosial-media/

Wulansari, N. M. D. (2017). Didiklah anak sesuai zamannya (Cet. 1). Visimedia.

Yunizar, F. (2019). Menumbuhkan Rasa Malu (Shame) Dalam Menanggulangi Kenakalan Remaja Di Lembaga Pendidikan. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 4(2), 189.

Zacky, A. (2023). JIKA ADAB HILANG DARI KEHIDUPAN KITA (Cet. II). Syahmalhat Publishing.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Dewi Malikhatuz Zahroh, and Nur Jannah. 2024. “Relevansi Nilai-Nilai Akhlak Generasi Z Dalam Buku Yang Hilang Dari Kita: Akhlak Karya Muhammad Quraish Shihab”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1335-59. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.953.

Issue

Section

Articles