Akhlak Peserta Didik Menurut K.H. Hasyim Asy’ari dan Implementasinya di Pondok Pesantren Darussyifa Bogor

Authors

  • Saiful Falah Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Agus Ali Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor
  • Dwi Nur Anggraeni Institut Ummul Quro Al-Islami Bogor

Abstract

Guru menetapkan upaya yang sadar dan dirancang dengan hati-hati untuk mendidik siswa mereka agar dengan tujuan memaksimalkan potensi mereka. Sementara mereka dapat dipisahkan dari yang lain, studi universitas melibatkan komponen sosial atau sosial. Nilai-nilai tersebut, dalam pendapat K.H. Hasyim Asy'ari adalah suatu pengertian yang menggambarkan tindakan-tindakan yang harus dilakukan baik oleh peserta didik maupun pendidik agar dapat memberi dan menerima pendidikan yang bermutu. Teknik penelitian yang digunakan meliputi metodologi studi kasus di lapangan dan penelitian kepustakaan. Para pimpinan Pondok Pesantren Darussyifa diwawancarai untuk penelitian ini, termasuk juga observasi lapangan. Deskriptif kualitatif dengan buku mata pelajaran, selain mata pelajaran terkait dan studi luar ruang. Menggunakan lensa historis, filosofis, dan sosial. Temuan penelitian ini mengarah pada kesimpulan yang sesuai dengan rumusan K.H. Hasyim Asy'ari, peserta didik perlu sadar, berusaha untuk berlatih diimbangi dengan memiliki etika yang tepat. Etika peserta didik mengacu pada kemauan peserta didik untuk mengikuti semua aturan dan pedoman dalam konteks pondok pesantren. Itu bisa berupa perilaku positif atau buruk. Diimbangi dengan peserta didik mampu menerapkannya saat pembelajaran di kelas, seperti memperhatikan penjelasan guru, berbicara dengan hormat kepada guru, mengambil barang yang disediakan guru dengan tangan kanan, meminta izin saat diminta atau hendak mengkomunikasikan sesuatu, mengikuti aturan, dan bersabar ketika guru menasihati.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Az-Zurnuji, Imam. 2015. Ta'limul Muta'allim: Pentingnya Adab Sebelum Ilmu, Solo: Aqwam.

Maslani. (2017). Pemikiran K.H. Hasyim Asy'ari Dalam Karnya Adab Wa Al-Muta'allim. Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga.

Mukani. (2015). Biografi Dan Nasihat Hadratussyaikh Kh. M. Hasyim Asy'ari: Sebagai Salah Satu Ulama Terkemuka Penyebar Ajaran Islam Nusantara. Jombang: Tebuireng Bookstore.

Nahar. Syamsu Dan Suhendri. (2020). Gugusan Ide-Ide Pendidikan Islam K.H. Hasyim Asy'ari. Indramayu; Cv. Adanu Abimata.

Asy'ari, Hadratussyaikh K.H. M. Hasyim. (2017). Pendidikan Akhlak Untuk Pengajar Dan Pelajar: Terjemah Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. Tim Pustaka Tebuireng: Jawa Timur.

Rahmi (2019). Vol. 3 No. 1, , Hubungan Kegiatan Rohis Dengan Akhlak Siswa Di Smp Tridarma Palembang Tahun 2019. Jurnal Andi Djemma, Jurnal Pendidikan, 3 (1): 66.

Hadi, Samsul. (2012). Konsep Etika Peserta Didik Dalam Kitab Adabul ‘Alim Wal Muta’allim. Skripsi. Semarang: Uin Walisongo.

Sahal, M. Ichsan Nawawi. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak Menurut K.H. Hasyim Asy'ari Dalam Kitab Adabul 'Alim Wal Muta’allim. Skripsi. Lampung: Uin Lampung.

Apriani, N., Riva'i, F. A., & Latifah, M. (2023). Implementasi Konsep Pendidikan Kh Imam Zarkasyi Di Pondok Pesantren Darussalam Bogor. Al-Munadzomah, 2(2), 95-103.

Tamami, A., Falah, S., & Rizal, S. (2020). Hubungan Pembelajaran Mata Kuliah Akhlak Islamiyah Dengan Moralitas Mahasiswa. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 3(1), 1-14.

Riva'i, F. A., & Sumartono, R. (2022). Peran Program Life Skill Terhadap Kemandirian Santri Di Pesantren Pemberdayaan Ummat An-Nahl Pamijahan Bogor. Tadbiruna: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(2), 90-98.

Downloads

Published

2024-09-20

How to Cite

Saiful Falah, Agus Ali, and Dwi Nur Anggraeni. 2024. “Akhlak Peserta Didik Menurut K.H. Hasyim Asy’ari Dan Implementasinya Di Pondok Pesantren Darussyifa Bogor”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1099-1106. https://jurnal.faiunwir.ac.id/index.php/Jurnal_Risalah/article/view/956.

Issue

Section

Articles