Analisis Pembelajaran Maharah Kalam dengan Pendekatan Kominikatif di MAN IC Lombok Timur

Authors

  • M. Tholibin Azhari UIN MATARAM
  • Satriawan Universitas Islam Negeri Mataram
  • H. Salimul Jihad Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.969

Keywords:

Maharah Kalam, Pendekatan Komunikatif

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan Di Man Ic Lombok Timur, peneliti melihat disana ada Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif.Adapun tujuan dari penerapan metode tahsin ini adalah untuk mengetahui bagaimana Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif dan untuk mengetahui apa saja faktor pendukung dan penghambat Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif Di Man Ic Lombok Timur . Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan Di Man Ic Lombok Timur, peneliti memperoleh hasil penelitian tentang bagaimna Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif disana, diantaranya adalah mengecek kehadiran siswa, memastikan siswa memiliki buku paket masing-masing, mengelompokkan siswa berdasarkan kemampuannya dalam berbicara bahasa Arab, menyimak bacaan peserta didik, menyimpulkan hasil Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif, dan mengakhiri dengan do’a . Berdasarakan hasil Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Komunikatif tersebut peserta didik memiliki keterampilan berbicara bahasa Arab. Dan adapun yang menjadi faktor penghambat penerapan metode tahsin berdasarkan hasil penelitian adalah lingkungan dan bercampurnya bahasa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Asfiati, Asfiati. 2014. “Masuk Dan Berkembangnya Islam Di Indonesia: Analisa Tentang Teori-Teori Yang Ada.” THARIQAH ILMIAH: Jurnal Ilmu-Ilmu Kependidikan Dan Bahasa Arab 1(2): 16–29.

Firdianti, Arinda. 2018. Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Gre Publishing.

Jazeri, Mohamad. 2016. “Model Perangkat Pembelajaran Keterampilan Berbicara Dengan Pendekatan Komunikatif Kontekstual Bagi Mahasiswa Asing.” Litera 15(2): 217–26.

Kendya, Heneda. 2023. “PELAKSANAAN PEMBELAJARAN REMEDIAL DALAM MENCAPAI KETUNTASAN BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MAN 1 TANGGAMUS.”

Kusumawati, Naniek, and Endang Sri Maruti. 2019. Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. Cv. Ae Media Grafika.

Muradi, Ahmad. 2016. Pembelajaran Menulis Bahasa Arab: Dalam Perspektif Komunikatif. Prenada Media.

Nuryati, Sri. 2018. “DESFEMISME DALAM BAHASA HATERS ARTIS AYU TINGTING DI INSTAGRAM (TINJAUAN SOSIOLINGUISTIK).”

Pahleviannur, Muhammad Rizal et al. 2022. Metodologi Penelitian Kualitatif. Pradina Pustaka.

Rafsanjani, Hikami, Muh Haris Zubaidillah, and M Ahim Sulthan Nuruddaroini. 2022. “Problematika Mahasiswa Dalam Manajemen Skill Berbahasa Arab Pada Perguruan Tinggi Di Kalimantan.” Jurnal Basicedu 6(3): 5166–80.

Ramadani, Feti. 2017. “PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN KOMUNIKATIF TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 TELADAN PALEMBANG.”

Rohmani, Siti. 2012. “Analisis Alih Kode Dan Campur Kode Pada Novel Negeri 5 Menara Karya Ahmad Fuadi (Sebuah Kajian Sosiolinguistik).”

Syahputra, Edi et al. 2022. “Penggunaan Bahasa Indonesia Di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).” Jurnal Multidisiplin Dehasen (MUDE) 1(3): 321–26.

Downloads

Published

2024-09-18

How to Cite

M. Tholibin Azhari, Satriawan, and H. Salimul Jihad. 2024. “Analisis Pembelajaran Maharah Kalam Dengan Pendekatan Kominikatif Di MAN IC Lombok Timur”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1039-44. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.969.

Issue

Section

Articles