Strategi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Pencegahan Isu Tiga Dosa Besar Pendidikan tentang Kekerasan Seksual Melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di SMK Kabupaten Lampung Tengah
DOI:
https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v11i1.1254Keywords:
Tiga Dosa Besar Pendidikan, Kekerasan Seksual, P5Abstract
Kekerasan seksual terhadap remaja masih merupakan isu yang tersebar di banyak negara, termasuk Indonesia. Data dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Kemen-PPA) menyebutkan bahwa dari Januari hingga 27 September 2023, terdapat 19.593 laporan kekerasan di seluruh Indonesia. Angka tersebut berasal dari Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak atau Simfoni PPA, yang memberikan data real-time pada pukul 14.35 WIB. Dari total kasus kekerasan seksual, 17.347 korbannya adalah perempuan, dan 3.987 di antaranya adalah laki-laki. Rentang usia remaja 13-17 tahun menjadi kelompok korban terbanyak dengan 7.451 kasus. Metode kajian literatur digunakan untuk mendeskripsikan konten pokok seputar isu ini. Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilakukan di SMK Kabupaten Lampung Tengah menjadi inisiatif penting dalam menghadapi kekerasan seksual. Guru Bimbingan dan Konseling dalam jenis proyek ini dapat memberikan pemahaman dan arahan mengenai larangan serta risiko perilaku kekerasan seksual, yang dapat berdampak negatif pada korban dan pelaku. Proyek ini sangat berperan dalam memberikan pengetahuan dan pembelajaran kepada guru Bimbingan dan Konseling serta peserta didik terkait isu kekerasan seksual. Dengan memasukkan dimensi profil pelajar Pancasila, diharapkan peserta didik dapat menghindari perilaku buruk terkait kekerasan seksual.
Downloads
References
Achmad Juntika Nurihsan. (2012). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling (Edisi Revisi). (Bandung: Refika Aditama.
Ardiansyah, F., Muqorona, M. W., Nurahma, F. Y., & Prasityo, M. D. (2023). Strategi Penanganan Pelecehan Seksual di Kalangan Remaja: Tinjauan Literatur. Jurnal Keperawatan Klinis dan Komunitas (Clinical and Community Nursing Journal), 7(2), 81-90.
Ariandini, S., Yusnia, N., Sunarti, S., Parida, E., Ayu, Z., Iklimah, I., ... & Ananda, R. (2024). Determinan Yang Memengaruhi Sikap Mengenai Kekerasan Seksual Pada Remaja Di SMA Kosgoro Kota Bogor Tahun 2023. Detector: Jurnal Inovasi Riset Ilmu Kesehatan, 2(1), 80-92.
Asbar, R. F., & Witarsa, R. (2020). Kajian Literatur Tentang Penerapan Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 225-236.
Evi, T. (2020). Manfaat bimbingan dan konseling bagi siswa SD. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 72-75.
Gustianti, N. A., Anne, R. O. S., & Erari, G. H. (2022). REMOTE SEXUAL ASSAULT DI THAILAND: ANALISIS BERDASARKAN RESPON UNICEF. Review of International Relations (Jurnal Kajian Ilmu Hubungan Internasional), 4(2), 175-187.
Herdiansyah, H. (2014). Metode Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. JTP - Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65–70.
Hidayah, Fariatur dkk. 2022. Implementasi Bimbingan dan Konseling untuk Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
https://itjen.kemdikbud.go.id/web/mencegah-kekerasan-seksual-di-lingkungan-pendidikan/
Kemendikbudristek (2022). Dimensi, Elemen, Dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Peraturan No. 30 Tahun 2021. Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Perguruan Tinggi. Lembaran Republik Indonesia Tahun 2021 Nomor 30. Jakarta.
Mentri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia. Peraturan No. 46 Tahun 2023. Pencegahan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan. Lembaran Republik Indonesia Tahun 2023 Nomor 46. Jakarta.
Moloeng, L.J. 2012. Metodolofi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Mujiburrahman. 2022. Tiga Dosa Besar Pendidikan, Apa dan Bagaimana Solusinya ?. Diakses pada 02 Desember 2023 dari https://www.indonesiana.id/read/159698/tiga-dosa-besar-pendidikan-apa-dan-bagaimana-solusinya
Nurfitriyanie, N., & Salim, R. M. A. (2023). Upaya Pencegahan Kekerasan Seksual pada Anak 7-8 Tahun melalui Program Pelatihan Perlindungan Diri (P3D). Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(3), 2708-2720.
Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Nomor 111 Tentang Bimbingan Dan Konseling pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah
Septiana, A., & Afifah, L. (2022, November). Upaya Sekolah dalam Menanamkan Nilai Karakter Untuk Pencegahan 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan. In Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 7, No. 1, pp. 1312-1322).
Soejono SR, Umairani S, Amanda ND, Kristiningsih T, Nuraviva A, Hazna KA, Fiani AT, Avrilian A, Sofiani NU. UPAYA MENCEGAH 3 DOSA BESAR PENDIDIKAN MELALUI PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER. Pendidikan Karakter Unggul. 2023;1(6).
Solehati, Tetti, Asep Solahudin, Risma Juniarti, Siti Fauziah, Rizki Romadona, Riska Audina, Sely Novianty, Riki Kurniawan, and Cecep Eli Kosasih. 2023. “Intervensi Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Remaja: Literature Review.” Holistik Jurnal Kesehatan 17(6):522–37. doi: 10.33024/hjk. v17i6.12630.
Syarbaini, Syahrial, Dhafa Fadillah, Abdul Rohman, Rezky Adiatmaja, Raisyad Adithya, Muhammad Ghifari, Khairil Alparizy, and Oktafian Poluan. "KETEGASAN DALAM RANGKA MENANGGAPI TIGA DOSA BESAR DALAM DUNIA PENDIDIKAN: Suatu Kajian Terhadap para remaja dari SMA Strada Bhakti Wiyata, Bekasi." Pendidikan Karakter Unggul 1, no. 2 (2023).
Yusra, Z., Zulkarnain, R., & Sofino, S. (2021). Pengelolaan Lkp Pada Masa Pendmik Covid-19. Journal Of Lifelong Learning, 4(1), 15-22.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Wardoyo, Firman, Netrawati, Mohd Nazri Abdul Rahman

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.