TUJUAN PENDIDIKAN ISLAM DALAM MEMBANGUN KARATER SISWA DI ERA DIGITAL (Studi Analisis Pemikiran Pendidikan Islam Abuddin Nata)

  • Kambali Kambali Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra
  • Ilma Ayunina Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
  • Akhmad Mujani Fakultas Agama Islam Universitas Wiralodra Indramayu
Keywords: character education, student charachter, digital era

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi tujuan pendidikan islam dalam membangun karakter siswa di era digitan berdasarkan studi pemikiran Prof. Dr. H. Abudinata. Metode penelitian studi pustaka (library research) deskriptif kualitatif. Tujuan pendidikan Islam menurut Prof. Dr. H. Abuddin Nata, M.A., yaitu  dapat dirumuskan untuk membina dan mengarahkan agar msnusia berpotensi untuk berbuat baik, beriman dan tunduk kepada Allah SWT, Maka dari itu tujuan pendidikan Islam diarahkan pada upaya membentuk manusia supaya memiliki akhlak dan karakter yang baik. Akhlak mulia atau karakter yang baik merupakan tujuan pokok dalam pendidikan Islam. Tujuan pendidikan Islam dalam membangun karakter siswa di era digital ini untuk memberikan arahan terhadap peserta didik tentang kemajuan teknologi yang sangat pesat dan agar tidak salah arah dalam menggunakan semua fasilitias yang disediakan pada era digital pendidikan Islam merupakan salah satu materi yang bertujuan meningkatkan akhlak mulia serta nilai-nilai spiritual dalam diri anak.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-09-03
How to Cite
Kambali, Kambali, Ilma Ayunina, and Akhmad Mujani. 2019. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 5 (2, Sept), 1-19. Accessed December 12, 2019. https://doi.org/https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v6i1.106.