Analisis Implementasi Modulasi Learning di Sekolah

Authors

  • Julkipli UIN Mataram
  • Abdul Fattah Universitas Islam Negeri Mataram
  • Adul Quddus Universitas Islam Negeri Mataram

DOI:

https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1119

Keywords:

Implementation, Modulation Learning

Abstract

Modulasi Learning adalah suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan penggunaan teknik Modulasi dalam proses pendidikan. Modulasi Learning bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran dengan memanfaatkan variasi dalam penyampaian informasi. Penelitian ini bertujuan untuk 1) menganalisis metode dan strategi modulasi learning, 2) implementasi modulasi learning di sekolah. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis studi pustaka (library research) dengan mengumpulkan berbagai data dari berbagai sumber yang relevan dengan implementasi modulasi learning di sekolah, lalu menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) penggunaan metode dan strategi yang baik dalam modulasi learning dapat meningkatkan keefektivan pembelajaran karena kecepatan informasi yang didapat oleh peserta didik, dan 2) implementasi modulasi learning dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Kata Kunci: Implementasi, Modulasi Learning

Downloads

Download data is not yet available.

References

Afifah, N. (2017). Problematika pendidikan di Indonesia. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 1(1), 41–47.

Bali, M. M. E. I. (2019). Implementasi media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi dalam distance learning. Jurnal Tarbiyatuna: Kajian Pendidikan Islam, 3(1), 29–40.

Erinton, R., Rohmah, Y. S., & Pambudi, A. D. (2015). Perancangan Simulator Modulasi Dan Demodulasi Fm Menggunakan Labview. eProceedings of Applied Science, 1(2).

Faturrahman, F., Setiawan, F., Astuti, W. D., & Khasanah, K. (2022). Analisis Kebijakan Program Penguatan Pendidikan Karakter. Tsaqofah, 2(4), 466–474.

Fitria, N. A. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Modulasi Sinyal Analog dan Digital Berbasis Multimedia Flash Untuk Menunjang Perkuliahan Dasar Sistem Telekomunikasi Mahasiswa S1 Teknik Elektro UNESA. Skripsi tidak diterbitkan. Surabaya: PPs Universitas Negeri Surabaya.

Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media pembelajaran. Tahta media group.

Imayu, S. (2019). Modul Pembelajaran Modulasi dan Demodulasi Digital. Program Studi Teknik Elektro FTEK-UKSW.

Kandel, E. R., & Schwartz, J. H. (1982). Molecular biology of learning: modulation of transmitter release. Science, 218(4571), 433–443.

Nirwana, H. (2020). DESAIN MODUL PEMBELAJARAN MODULASI DIGITAL. Seminar Nasional Hasil Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat (SNP2M), 5(1), 174–178.

Rahma, F. A., Harjono, H. S., & Sulistyo, U. (2023). Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital. Jurnal Basicedu, 7(1), 603–611.

Samsudin, M., & Januhari, N. N. U. (2019). Pengembangan pembelajaran e-learning dengan moodle (modulator object-oriented dynamic learning environment). Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 1–8.

Sucipto, A. A., & Suprianto, B. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Gui Matlab Pada Pokok Bahasan Modulasi Analog Dan Digital Kelas Xi Tav Smk Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 5(2).

Sugiyono, D. (2010). Memahami penelitian kualitatif. Alfabeta.

Suryani, N. (2016). Pengembangan media pembelajaran berbasis IT. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.

Downloads

Published

2024-09-21

How to Cite

Julkipli, Abdul Fattah, and Adul Quddus. 2024. “Analisis Implementasi Modulasi Learning Di Sekolah”. Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam 10 (3):1179-84. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v10i3.1119.

Issue

Section

Articles